Ruang Belajar, Solusi Belajar Anak di Masa Pandemi

Konten [Tampil]

Ruang Belajar, Solusi Belajar Anak di Masa Pandemi - Selama Pandemi pendidikan kepada anak menjadi salah satu sorotan, salah satunya dengan Penerapan PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh) yang diharapkan menjadi  solusi ketika pandemi belum berakhir. 


Penerapan PJJ sendiri terkadang memiliki permasalahan sendiri, baik antara guru dan murid, maupun antara murid dan orang tua. Permasalahan antara guru dan murid biasanya timbul karena  guru yang tidak begitu kreatif dalam memberikan materi pembelajaran sehingga anak menjadi cepat bosan, apalagi dengan pembelajaran tanpa tatap muka sehingga tidak ada interaksi antara guru dan murid. 

Sedangkan orang tua terkadang tidak mengerti apa yang diajarkan dalam kurikulum sekolah sehingga tidak bisa mengajarkan kepada anaknya. Permasalahan yang timbul tersebut terkadang menjadi dilema sendiri untuk anak. Anak ingin belajar namun tidak ada fasilitas yang mumpuni yang dapat menampung aspirasi anak.

Awalnya Pendidikan Indonesia hanya mengenal pembelajaran satu arah, guru menerangkan anak mendengarkan. Bahkan banyak yang melakukan pembelajaran dengan monoton misal hanya dengan meminta membaca buku atau mengerjakan latihan yang ada di buku. Teknik pembelajaran seperti ini terkadang membuat anak cepat bosan bahkan tidak sedikit anak yang tidak mengerti dengan apa yang didiajarkan oleh gurunya. 

Namun sekarang orang tua murid bisa menarik nafas lega karena Ruang Guru memiliki inovasi terbaru untuk membantu pembelajaran anak ketika pandemi yang dinamakan "Ruang Belajar". Ruang Belajar merupakan salah satu trobosan di dunia pendidikan di Indonesia yang diharapkan akan mencetak generasi bangsa yang pandai. 

Fitur Yang Ada Dalam Ruang Belajar :

  • Ruang Guru PET Mision

Fitur PET Mision ini diciptakan oleh Ruang Guru bagi anak yang suka bermain game online. Anak yang suka bermain game online biasanya akan tertarik dengan tantangan dalam menyelesaikan gamenya. Karena itu PET Mision Didesain hampir sama dengan menyelesaikan misi.

Jadi setiap harinya anak akan diberikan misi misi harian di halaman evolusi peliharaan. Jika anak bisa menyelesaikan 4 misi dalam seminggu maka anak akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Cukup menarik dan menantang bukan.

Dengan PET mision anak tidak hanya akan bermain, namun juga akan belajar melalui misi misi yang ada dalam fitur ini.

  • Fitur Pencarian

Mencari materi belajar dari aplikasi yang memiliki cukup banyak materi terkadang akan memberikan masalah sendiri bagi anak, karena sebelum belajar anak harus meluangkan waktu lebih untuk mencari materi apa yang akan dipelajari.

Nah, menanggapi permasalahan tersebut Ruang Belajar meluncurkan Fitur Pencarian yang berfungsi menemukan materi belajar dengan cepat, sehingga akan mempermudah anak yang melakukan pencarian pada aplikasi Ruang Belajar ini.

  • Adapto

Di sekolah anak biasanya akan belajar dengan lebih dari 10 orang anak, dan tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan menangkap pembelajaran tiap anak berbeda beda. Jika disekolah biasanya anak yang lambat menerima pembelajaran akan ditinggal dan diharapkan akan mempeajarinya sendiri ketika dirumah.

Fitur Adapto ini berbanding terbalik dengan pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Fitur Adapto ini memberikan nilai dari kuis yang anak lakukan melalui video pembelajaran. Nilai dari kuis tersebut menjadi acuan untuk anak memilih materi sesuai dengan kemampuannya.

Dengan Adapto anak akan belajar sesuai dengan kecepatannya sehingga anak tidak akan merasa ditinggal atau merasa menunggu, karena materi yang diajarkan sudah sesuai dengan kemampuan siswa.

  • Subtitle Video

Fitur Subtitle Video ini akan memudahkan bagi anak yang melakukan pembelajaran lewat video. Dengan adanya subtitle pada video maka miss informasi antara yang didengar anak dan disampaikan dalam video bisa tidak ada. 

Selain itu dengan adanya Subtitle video akan mempermudah anak untuk belajar dan memahami pembelajaran yang sedang diajarkan dengan lebih baik.

  • Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur Rencana Belajar ini ada karena seringnya anak berhenti belajar di tengah materi dan akan kesulitan jika akan melanjutkan materi tersebut. Untuk mensiasati hal tersebut diperlukan fitur Rencana belajar. Fitur ini akan mempermudah anak menentukan sampai mana dia akan belajar sehingga mempermudah jika akan melanjutkan pembelajaran.

Selain itu adanya Rencana Belajar juga akan membuat anak lebih disiplin untuk mencapai target pembelajaran yang disusun. 

  • Tes Minat Bakat

Fitur terakhir yang jarang ada pada aplikasi belajar online lainnya adalah adanya Tes Minat Bakat untuk anak. Tes minat bakat pada aplikasi ini merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tes Minat Bakat ini bertujuan untuk memperkirakan karir sesuai dengan kemampuan anak.

Selain itu tes minat bakat ini juga sangat berguna untuk anak yang akan masuk ke perguruan tinggi. Dengan melakukan tes minat bakat pada aplikasi ini anak akan terbantu untuk memilih jurusan apa yang sekiranya cocok dengan anak.

Ruang Belajar dari Ruang Guru merupakan layanan belajar online terbaik di Indonesia. Ruang belajar ini merupakan jawaban untuk orang tua yang merasa bingung dengan pendidikan anak apalagi dimasa pandemi dimana anak tidak berinteraksi langsung dengan guru di sekolah.

Bagi orang tua yang tertarik dengan aplikasi ruang guru, para orang tua bisa berlangganan aplikasinya. Nah, jika berlangganan sekarang masih ada diskon sebesar 60% yang akan meringankan pembayaran para orang tua semua.

diskon ruang belajar ruang guru


Dengan berlangganan maka kalian akan mendapatkan beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk belajar anak, seperti puluhan ribu video animasi pembelajaran, Latihan soal, rangkuman materi yang berupan infografis, materi yang bisa di download serta vitur premium lainnya. 

Yuk coba Ruang Belajar dari Ruang Guru Sekarang !!!

  

Post a Comment

1 Comments

  1. belajar jadi lebih menyenangkan bersama ruangbelajar dari ruangguru, ya mbak.
    orang tua juga jadi nggak pusing ngajarin anak, hihi..

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^