Mau ke Bali ? Naik Bus Aja, Ini Rekomendasinya

Hallo semuanya harusnya postingan ini adalah #KamisLifestyle, tapi karena kebiasaan burukku (re:malas) akhirnya hari ini baru terbit heheheh.

Adakah dari kalian semua pembaca rutin blog Cuapmakmak ini yang merupaka Bis Mania ?

naik bus ke bali
 Jika ada tentunya kalian akan senang membaca postingan ini, karena aku akan membahas tentang bus.

Transportasi bus memang masih marak digunakan disamping beberapa transportasi darat lain seperti halnya penggunaan kereta api ataupun mobil pribadi. Banyaknya rute yang ditawarkan serta semakin lengkapnya fasilitas dalam bus menjadi salah satu penilaian kenapa armada bus antar kota - antar provinsi masih bertahan sampai sekarang.

Pengenalan awalku dengan armada Bus adalah saat melakukan perjalanan ke Jakarta. Dulunya sebelum aku menetap di Bali, aku pernah kerja di Jakarta selama kurang lebih 2 tahun. Awalnya armada angkutan umum via darat yang aku percayai hanyalah kereta.

Kenapa ? karena aku merasa kalau keretalah yang armada yang paling aman, tidak perlu takut kecopetan atau takut adanya calo. Namun suatu hari karena aku kehabisan tiket kereta, aku membeli tiket bus yang kebetulan terminal Pasar Minggu dekat dengan Kantorku.

Dan ternyata ekspektasiku tentang bus berubah total, dari yang awalnya mikir "ah, naik bus pasti gak enak, pasti gerah dll", berubah total naik bus malam ternyata sangat nyaman.

Kebiasaan naik bus ini juga terbawa saat aku dan suami pindah ke Bali, karena kami ingin irit merasakan kenyamanan bila naik bus padahal perjalanan yang kami tempuh tidaklah sebentar, sekitar 18 jam di bus. 

Mungkin banyak dari kalian akan berfikir "emang gak bosen naik bus dari Bali ke Boyolali ?". Jawabannya adalah NO NO NO, Sama sekali tidak malah enak diperjalanan bisa tidur hehehehe. 

untuk kalian yang masih asing tentang Per-Bus-an Berikut Pengalaman Naik Busku baik ketemu dengan bus yang enak dan bus yang tidak enak.

1. Safari Dharma Raya (OBL)


safari dharma raya obl
sumber: redbus.id


Armada Safari ini untuk tujuan Semarang - Denpasar tergolong armada dengan jarak kursi yang paling luas. 1 bus Safari ini hanya berisi sekitar 28 kursi dengan 2-2 seat. Bus antar kota lain yang 2-2 seat biasanya berisi sekitar 32-34 kursi, jadi bisa dipastikan bukan gimana longgarnya bus yang satu ini.

Harga tiket bus Semarang - Denpasar untuk Bus ini juga lumayan murah yaitu 280rb untuk sekali jalan.

Dengan harga 280rb, kalian akan mendapatkan servis 2x snack dan 1x servis makan. Untuk snack biasanya diberikan pada saat kalian awal naik bus dan saat keesokan harinya. Snack yang diberikan berisi air mineral dan roti.

interior safari dharma raya obl


Sedangkan untuk servis makan biasanya kalian akan di turunkan di sebuah rumah makan langganan bus Safari OBL dan menukarkan tiket makan disana. Untuk menu makan berfariatif tergantung menu yang disediakan rumah makan, terkadang ayam, terkadang telur, bahkan pernah disediakan "nuget-nugetan" (semacam nuget dengan komposisi daging sedikit dan tepung yang banyak).

Kelebian dari Safari Dharma Raya ini adalah pada jarak antar kursi yang lumayan lebar, selain itu saat berenti untuk servis makan waktu yang diberikan oleh armada bus lumayan longgar. Sehingga selain untuk makan kalian bisa sekalian beristirhat maupun sholat.

Kekurangan bus ini adalah sangat lelet sehingga waktu tempuh sangat lama, biasanya aku berangkat dari boyolali jam 3 sore dan sampe di Tabanan bisa jam 10/12. Keleletan bus ini dikarenakan supir bus yang sangat santai dalam mengendarai bus, sebenernya ini bagus sih agar penumpang nyaman dan selamat tapi kalau disaat sepi kecepatan bus tidak ditambah menurutku ini adalah kekurangan dari bus ini.

2. Pahala Kencana



bus pahala kencana putih
sumber: pantauharga.com


Bus Pahala Kencana adalah bus favorit aku ketika melakukan perjalanan di jalur Pantura. Selain Pelayanan yang memuaskan, busnya juga cepat sampai rumah bukan "alon alon waton kelakon" lagi tapi sudah mempunyai moto "cepet slamet".

Sayangnya pelayanan yang paripurna bus Pahala Kencana jalur pantura tidak sama dengan Bus Pahala Kencana rute Jogja- Denpasar atau Semarang -Denpasar. Kalau menurutku pelayanannya dari tahun ke tahun turun drastis.

Awal aku ke Bali pada tahun 2015 lalu pelayanan busnya sangat baik, AC nya dingin dan servis makannya enak, selain itu busnya kenceng jadi tidak menghabiskan waktu di jalan.

namun terakhir kami naik pada saat liburan natal dan tahun baru pada tahun 2018 silam, bus yang kami naiki AC nya mati sehingga di bus sangat sangat panas. selain AC bus yang mati bus sering berhenti karena ada beberapa part dalam bus yang rusak.

interior pahala kencana
sumber: qwe2.info


Sebelum Liburan natal tahun 2018 itu sebenarnya aku dan suami juga pernah sekali naik Pahala dan macet di Jalan, saat itu sekitar tahun 2016. Awalnya bus melaju dengan baik dan cepat, karena memang saat itu kami masuk tol sehingga waktu tempuh dapat diperpendek, namun tiba tiba bus macet dan berhenti di tengah jalan. Dan nasib aku dan suami terlunta-lundta di dalam bus sambil menunggu bus pahala lain yang lewat di jalur tersebut jurusan Bandung - Denpasar. 

Harga tiket Pahala Kencana hampir sama dengan Safari OBL yaitu 275rb, dengan 2x snack dan 1x servis makan.

3.Gunung Harta


Gunung Harta Semarang - Denpasar
sumber: gunungharta.com


Ini adalah armada favoritku jika ke Bali, dengan harga 270rb sudah mendapatkan fasilitas yang mewah dan servis makan yang enak, bahkan jika kalian membeli lewat traveloka terkadang kalian akan mendapatkan harga 240rb/ sekali jalan.

Untuk fasilitas makan Bus Gunung Harta sama dengan yang lain yaitu 2x Snack dan 1x servis makan. Tapi jangan salah servis makan bus ini selalu ada menu ayam didalamnya, entah itu ayam goreng, ayam pop maupun rica ayam. Dari ketiga bus yang aku sebutkan diatas, Gunung Harta lah yang memiliki servis makan paling enak.

Untuk tempat duduk Gunung harta sama dengan Pahala yaitu 32 seat, bahkan kemarin saat liburan Nyepi dan Pulang ke Boyolali kami mendapatkan bus dengan 34 seat sehingga jarak kursi lumayan sempit.

interior gunung harta
sumber: qwe2.info


Untuk fasilitas selain Makan dan Snack, bus pahala ini terdapat wifi, dan full musik, kalian bisa merequest musik yang kalian inginkan, namun dengan catatan jika armada bus punya lagunya hehehe. Jika kalian beruntung kalian akan di setelkan film baik indonesia maupun film luar, pernah suatu perjalanan kami nonton film IP MAN di atas bus.

Kelebihan lainnya dari bus ini adalah busnya kenceng dan cepat sampai tapi tidak ugal ugalan. Jika berangkat dari Terminal  Tabanan jam 2an kami sampai di Boyolali sekitar jam 5 subuh, cukup cepat bukan.

hal ini karena bus tidak "pelit" untuk masuk tol, jika tidak ada penumpang yang turun dalam suatu rute padahal ada tol disana maka bus ini lebih suka untuk masuk tol. Walaupun terkesan boros tapi menurutku ini nilai lebi untuk bus ini.

Selama 4 tahun ini aku baru naik 3 bus itu, walaupun ada banyak bus yang dinaiki seperti Wisata Komodo ataupun Restu Mulya, tapi karena bus itu tidak lewat Boyolali aku jadi jarang naik. Selain itu kedua bus itu mematok tarif lumayan tinggi yaitu 320rb, walaupun memang fasilitasnya lebih lagi, seperti ada colokan di setiap seatnya.

Jadi Gimana ?? Gak Pengen Ke Bali ? Murah loh !! Bisa jadi Bus Mania lagi :D :D 


16/3


seftinaqurnia

12 comments :

  1. Rekomendasinya pingin cepat-cepat ke bali, semoga saja saya bisa kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas :D semoga disegerakan ya mas

      Delete
  2. Saya sebenernya suka naik bus. Namun jika untuk perjalanan jauh apa tidak terlalu makan waktu yg lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama sih sebenarnya, tapi karena berangkatnya sore jadi gak kerasa lama, soalnya seperti pindah tidur aja hehehehe

      Delete
  3. Saya termasuk jarang naik bus, nih. Paling dulu pas ke Solo Naik Rosalia Indah. Pun ke Bali tertunda melulu :)
    Jadi info ini bermanfaat sekali. Bisa dipertimbangkan jika suatu saat ke Bali via bus. Sip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cukup menyenangkan sih bagiku, cuman untuk yang tidak terbiasa tidur diatas kendaraan mungkin gak nyaman

      Delete
  4. Nah ini rekomendasi banget waktu harga tiket pesawat mahalnya nggak kira kira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, aku juga kadang kadang naik pesawat bali - solo cuman karena naik drastis sekarang naik bus aja lah hahahahha

      Delete
  5. Iya Kak, bus jaman sekarang nyaman banget. Tapi lama banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba untuk yang tidak begitu suka tidur dalam kendaraan pasti gak nyaman

      Delete
  6. Aku pernah ke Bali naik bis tapi waktu itu tour bareng temen-temen satu angkatan. Aku kira dapat makan karena ya eamang kebetulan itu tour. Tapi, ternyata naik bis ke sana memang dapat makan ya Kak.

    Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  7. sayangnya saya tinggal di medan mbak, ga mungkin juga menemukan bus ini, tapi reviewnya bermanfaat untuk mereka yg tinggal di daerah jawa sana

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^

Member Of

kumpulan emak blogger Blogger Perempuan Mom Blogger Community indonesian female blogger indonesian hijab blogger blogger Muslimah bali beauty blogger
1 minggu 1 cerita
Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates