Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Blog

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah hal baru bagi seorang newbie blogger. DA dan PA adalah suatu nilai yang digunakan untuk mengetahui kwalitas blog kita. PA dan DA mulai popular dikalangan blogger sejak google sudah tidak lagi menggunakan Google Page Rank untuk menilai kwalitas suatu blog.


domain autority and page autority
trafficradius.com.au



Pengertian DA dan PA ?


Mungkin bagi newbie blogger mendengar Domain Authority dan Page Authority adalah hal yang asing, apalagi melihat beberapa pencari job blogger membuat suatu syarat untuk mendapatkan job nya dengan menggunakan DA atau PA jumlah tertentu.

Domain Authority (DA) adalah kekuatan suatu domain yang dimiliki oleh suatu blog dimata search engine seperti google, yahoo, bing dll, atau lebih mudahnya DA digunakan untuk mengukur kekuatan domain kita di sebuah search engine.

Page Authority (PA) adalah popularitas halaman tertentu di blog kita dalam search engine.

Berbeda dengan google page rank yang nilainya tidak bisa dilihat sewaktu waktu,  nilai DA PA blog dapat kita lihat sewaktu waktu, berikut beberapa web yang biasanya aku gunakan untuk melihat DA PA


Besaran nilai DA PA biasanya digunakan sebagai pertimbangan oleh pengguna job yang menawarkan sebuah pekerjaan kepada seorang blogger.  Kisaran nilai DA dan PA blog dari 0 – 100, semakin tinggi nilai DA dan PA pada suatu blog maka semakin tinggi pula kemungkinan blognya berada pada posisi 1 search engine.

DA dan PA ini hanyalah indicator dalam SEO bukan penentu mutlak nilai blog, karena DA dan PA ini tidak resmi dikeluarkan oleh google.


Bagaimana Cara Meningkatkan DA dan PA?


meningkatkan DA PA
quora.com

Bagi seorang blogger meningkatkan Domain Authority dan Page Authority merupakan keharusan, apalagi bagi blogger baru dengan DA dan PA kecil. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi DA dan PA suatu blog :

1. Usia Domain

Usia domain merupakan salah satu penentu Domain Authority suatu blog, semakin lama domain yang kalian punya aktif dan bertahan pada search engine maka semakin tinggi juga Domain Authority kalian.

Jika kalian menggunakan Domain Gratis seperti blogspot atau wordpress maka nilai DA kalian akan stagnan dan tidak akan pernah naik Jika kalian baru saja menggunakan TLD domain, maka kalian harus bersabar dan tetap konsisten agar nilai DA kalian naik.

2. Popularitas Domain


backlink

Pepularitas domain merupakan salah satu pendongkrak naiknya nilai Domain Authority dan Page Authority sebuah blog. popularitas domain dapat didapat dengan inbound link melalui blogwalking, maka dari itu sebaiknya jika kalian melakukan bogwalking pakailah url sebagai penanda komentar tersebut.

Jika kalian menggunakan url untuk berkomentar maka url blog kalian akan tersemat dalam blog yang kalian kunjungi. Selain dengan inbound link popularitas domain juga didapatkan melalui backlink dari situs yang berkualitas.

3. Ukuran Domain

Ukuran domain di ketahui dari banyaknya konten dalam blog kalian. Ukuran yang dimaksud bukanlah value, tapi seberapa manfaatkah konten blog kalian bagi para pembaca. Jadi kalian perlu membuat artikel yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca sehingga blog kalian dapat dilirik oleh search engine.

4. Buat konten berkualitas


konten blog
melttwater.com

Konten merupakan hal yang paling penting dalam sebuah blog. buatlah artikel yang panjang, lengkap namun tidak berputar putar. Agar artikel kalian terlihat bagus tambahkan dengan gambar, video, ataupun tabel yang merhubungan dengan yang kalian tulis.

Artikel yang baik biasanya memiliki 500-800 kata, namun ingat juga bahwa artikel yang kalian tulis haruslah mempunyai manfaat bagi pembaca. Karena dengan memberikan benefit yang lebih banyak maka nilai bounce rate blog kalian akan menurun dan akan membuat page rank blog kalian naik.

5. Terapkan Strategi Sosmed


sosial media share
stock.adobe.com


Siapa sih sekarang yang tidak punya sosmed ? pasti hampir semua dari kalian mempunyainya. Untuk kalian yang hobi posting di sosmed, tidak ada salahnya jika kalian juga mempromosikan blog kalian didalam sosmed tersebut.

Blog kalian akan semakin dikenal jika sering kalian promosikan di sosmed. Selain itu kalian juga dapat menambah relasi dan branding blog kalian melalui media sosial tersebut.

6. Kelola Internal Link dan Buang Toxic Link

Internal link adalah link yang mnghubungkan konten konten dalam blog kalian, biasanya internal link di tulis menggunakan anchor text. Internal link menunjukan hubungan antara satu konten dengan konten yang lain. Dalam satu artikel biasanya terdapat 2-3 internal link.

Toxic link adalah link yang akan membuat ranking blog kalian turun. Toxic link biasanya didapat karena blog kalian mendapatkan lebih banyak backlink dari situs yang tidak berkualitas daripada situs yang berkualitas. Karena itu menghapus toxic link sangat penting bagi blog kalian.

5. Menerapkan SEO On Page


seo solution

Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan SEO dalam blog, berikut beberapa cara yang biasanya aku lakukan

  • Buat URL Singkat

Url biasanya mengacu pada judul yang kalian buat, sebaiknya perpendek url yang kalian punya dengan mengambil inti dari judul tulisan kalian
  • Kaitkan Keyword Dalam URL

Misalkan judul arikel kalian “travelling keluarga ke pantai pandawa bali”. Ambil keyword yang kalian gunakan dalam artikel tersebut yang merupakan inti dari artikel kalian yaitu “travelling” dan “pantai pandawa bali”.

  • Gunakan Keyword pada 100 kata pertama artikel

100 kata pertama artikel biasaya paling awal dibaca oleh pembaca, jadi jika kalian harus menempatkan keyword kalian pada 100 kata pertama tersebut agar pembaca kalian mau meneruskan membaca artikel kalian.

  • Buatlah Konten Yang Panjang

Google sangat menyukai konten yang panjang, panjang artikel yang di sukai oleh SEO google adalah lebih dari 1000 kata.

  • Gunakan External link

External yang dimaksud adalah tautan yang menuju website lain selain halaman di website anda. Saran dariku buatlah external link yang mengarah pada website dengan domain authority yang bagus atau website yang berkualitas sehingga dapat menunjang DA kalian.

  • Memaksimalkan Kecepatan Blog

Untuk mengetahui kecepatan blog kalian, kalian dapat menggunakan google pagespeed insight atau GT Matrix. Jika kecepatan blog kalian rendah kalian perlu menerapkan beberapa cara seperti tidak memasukan gambar yang beresolusi tinggi pada artikel blog. selain itu kecepatan blog dapat dimaksimalkan dengan menggunakan template blog yang SEO friendly atau tidak menggunakan widget secara berlebihan pada blog.

  • Gunakan Konten Multimedia Yang Beragam

Konten multimedia di sini bisa berupa gambar, video, tabel, grafik maupun animasi yang dapat menunjang suatu blog. menggunakan konten multimedia yang beragam juga dapat mengidentifikasikan bahwa konten yang kalian buat berkualitas.

Keberhasilan dalam menerapkan beberapa cara menaikan Domain Authority dan Page Authority diatas sebenarnya sangat bergantung pada konsistensi dan kesabaran kalian dalam mengeola situs, karena memang tidak ad acara yang dapat membuat DA dan PA kalian dapat meningkat dengan cepat, semuanya membutuhkan proses.

Selamat berusaha dan tetap semangat J !!

72 comments :

  1. Nyimak mba... Biar nambah wawasan buat blog aku yg cupu ini...mudah2 an bs lbh baik

    ReplyDelete
  2. Hai Mbak, paparannya sangat bermanfaat bagi saya yang lagi lesu di sore berhujan sambil menyesap kopi Good Day. Blog saya usianya masih seumur jagung dan ilmu SEO saya harus sering ditingkatkan. Baca artikel gini sarat manfaatnya. Berkat kopi dan artikel di atas saya jadi cenghar alias fresh lagi, he he.
    Soal toxic link itu mohon dibikin penjelasan lebih panjang dalam artikel terpisah, ya. Nuhun.
    Oh ya, apa ada cara untuk memperpendek URL? Saya sudah coba tautan URL khusus dalam link di dasbor sebelum tayangkan artikel, namun kerap terganggu sinyal jadi gagal dan terpaksa beralih lagi ke otomatis untuk judul URL-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mba hehehehe nanti akan saya jabarkan draft dulu ya mba hehehehehe ... bisa mba dibawah yang otomatis itu biasanya bisa ketik sendiri, selain itu saya gak tau sih hehehe .
      kalo gak coba pake judul dengan keywordnya di depan soalnya kalo pake otomatis kan dia ambil dari judul kalo judul kepanjangan biasanya kepotong, kalo keywordnya didepan kan gak bakal kepotong itu

      Delete
  3. Wah, penting juga DA PA ini. Berdasarkan pengalaman, semakin rajin mengisi blog, ratingnya juga meningkat dengan baik. Tapi untuk rajin menulis itu, kadang memang PR banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun gitu mba hahahaha ... coba targetin aja mba biar ada semangat terus tulis list tema buat ngeblog jadi bisa dijakikan patokan

      Delete
  4. Kak serius kalau domain kita masi ada blogspot atau worpress nya DA PA nya bakal stagnan? Soalnya ada fashion blogger yg masih .blogspot , tapu DA PA nya 55. Seberapa pengaruh sebenrnya sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku sih kalo domainnya gak TDL itu DA PA ngikutin dari pembawa blognya misal .blogspot atau .wordpreess jadi gak mesti sih, dan ngitungnya gimana juga gak jelas menurutku. kalau uda pake TDL itu sudah pasti misal DA 20 itu emang dilihat bener2 dari kwalitas dan interaksi website kamu sendiri. sebaiknya kalau memang mau serius ngeblog apalagi mau ngasilin duit lewat blog mending pake TDL,

      Delete
  5. Bagus banget artikelnya. Iya nih aku males banget buang toxic link

    ReplyDelete
    Replies
    1. punyaku pun belum aku sortir mba hahaha malas sekali

      Delete
  6. makasih ya kk tipsnya.DA aku msh rendah niii..hehehe..tapi emang msh baru si.smg ntar meningkat.tengkyu saran2nya yaaa..semoga aku bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba hehehe ... kalau diseriusin insyaallah DA nya akan bagus

      Delete
  7. Makasih artikelnya mbakk.. Detail dna mencerahkan... Bookmark untuk diterapkannn

    ReplyDelete
  8. DA /PA yang bakal merosot jauh ini yang bikin saya maju mundur mau ganti domain

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba ganti TDL murah kok sebenernya dan gak ribet

      Delete
  9. DA dan PA merupakan salah satu indikator buat perangkingan di mesin pencari meski itu bukan indikator resmi dari google, namun layak untuk dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyup bener banget mas DA PA cuma ngebantu SEO aja

      Delete
  10. Ba, sy langsung coba link yg diberikan untuk cek DA dan PA hasilnya sy kecil bgt b,. .mgkn krn msh be juga kali y blog sya. Thanks ba, sangat bermanfaat buat sy newbie. Sy ijin share y ba, untuk paksu saya yg jga sama2 newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba silahkan share semoga bermanfaat

      Delete
  11. Wah noted banget nih. Bisa buat review saya juga yang masih newbie. Terima kasih ya mba

    ReplyDelete
  12. Urusan membuang toxic link itu yang menyebalkan karena harus dilakukan satu persatu. Btw, udah lama nih gak periksa blog-ku apakah ada toxic link atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba harus ati2 lagi jangan sampe salah takutnya yang kebuang malah link yang bagus heheheh

      Delete
  13. "Toxic link adalah link yang akan membuat ranking blog kalian turun. Toxic link biasanya didapat karena blog kalian mendapatkan lebih banyak backlink dari situs yang tidak berkualitas daripada situs yang berkualitas. Karena itu menghapus toxic link sangat penting bagi blog kalian."

    Jadi toxic link ini ada di situs orang atau situs kita sendiri mbak? Terus gimana cara menghapus toxic link kalau yang bikin itu orang lain (yang memberi link ke situs kita)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dari situs orang lain mba yang ngebacklinj kita, bisa dilihat kok situsnya apa saja di google search console, nanti hapus ya lewat google disavow link, agak ribet sih soalnya harus hati hati biar gak salah. Jadi gampangannya sih kayak ngubah do follow link jadi no follow link mba

      Delete
    2. Google disavow hmmm. Oke mbak ^^

      Delete
  14. Kecepatan blog nih yang belum maksimal. Masih lola. Semenjak rajin post sama BW emang langsung ada peningkatan loh mba sama DA padahal TLD baru 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba 2 hal itu juga yang bikin DA PA ku naiknya cepet, btw aku juga baru 2 bulan pake TDL mba Ayuk mba semangat naikin DA PA

      Delete
  15. aku nggak ngerti caranya buang toxic link mbaaak.. itu apa juga nggak ngerti akutuh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toxic link itu kayak backlink spam mba, bukanya bikin webnya bagus tapi malah bikin jelek. Cara buangnya pake google disavow link mba, nanti saya bikinin artikelnya hehehehe

      Delete
  16. Alhamdulillah Da 30 pa 34, saya bersyukur bisa sampai diangka ini saat usia domain baru lewat 1 tahun. Saya senantiasa update konten sebaik mungkin dan bangun kualitas link yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren aku belum nyampe segitu.. tetep semangat menulis

      Delete
  17. cara kita tahu bahwa blog kita mendapatkan toxic link gimana mbak caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diliat di google web master tools nya mba backlink apa aja yang kita dapat, biasnya yang ada keterangan n/f itu adalah backlink yang gak bagus, tinggal dihapus ada nanti pake google disavow link

      Delete
  18. Artikelnya bermanfaat banget. DA/PA blog saya baru 13/17 udah mau setahun umurnya.
    Btw tips untuk no 3 dan 4 masih agak susah buat saya, kadang bingung dan malah bikin blockwriter. no 6, siap akan dilaksanakan. no 7 (ditulis no 5 tho mbak, habis 6 ya 7...hehehehe) udah di bikin pakai plugin di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba teliti banget terimakasih hahahaha ternyata salah nulis nomor, mari kita sama sama belajar mba :)

      Delete
  19. wah, saya masih pakai blog gratisan nih mbak, tak apalah, saya latihan menulis saja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga gitu mba awal ngeblog takutnya Uda bayar akunya Ndak serius nulisnya

      Delete
  20. Huhuhu.... saya gak tahu apa apa soal ini. Maklum baru saya di dunia blogging. Baca artikel ini jadi baru ngerti aku. Tapi gimana cara tahu DA PA kita. Ajarin dong. Hehe....

    ReplyDelete
  21. Wah mantap mbak.. aku suka nih artikel yg bisa nambah pengetahuan seputar blogging.. sering2 aja ya mbak hhe.. duh saya masih suka males BW, nulis artikel pun seminggu paling byk 2x.. mudah2an kdepannya bisa lebih produktif lagi

    ReplyDelete
  22. Manteb artikel nya mbaa..
    ku lagi belajar seo, tapi kok syusah yaaa.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba memang seo itu susah susah gampang hehehehe

      Delete
  23. ini DAku 25 menuju 30, dan keknya lebih lamaaaaa yaa mau naiknya, butuh perjuangan lebihhhh, xxixiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semangat aku juga baru naikin DA lagi setelah kemarin turun drastis

      Delete
  24. Artikel bagus banget utk saya yg gaptek heuuu....
    Ternyata klo ganti TLD memang DA/PA dari 0 lagi ya *nangiss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semangat terus pokoknya DAku juga turun drastis ini

      Delete
  25. Info yang sangat bermanfaat mbak. Saya masih pemula, banyak yang belum diketahui. Trims ya mbak. Salam sukses

    ReplyDelete
  26. "Artikel yang baik biasanya memiliki 500-800 karakter"

    Apa yg dimaksud 500-800 kata?
    CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mas, makasih koreksinya sudah saya edit hehehehehe

      Delete
  27. NOTED mbak, beberapa udah saya aplikasikan dan tinggallengkapi langkah yang belum aja. Doakan semoga DA dan PA aku bisa 30 ya tahun inii...masih jauh soalnya.Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga masih jauh sekali mba hahahahaha ini aja turun

      Delete
  28. Bermanfaat banget ini, Mbak. Hampir semua berusaha saya laksanakan. Walaupun bertahap juga, sih.
    Toxic link ini sama dengan broken link gak ya? PR saya tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sama kok .. memang harus sring hapus hapus itu hehehehe

      Delete
  29. Mantep mbak. Artikelnya bermanfaat banget.
    Save dulu biar jadi rujukan kalau mau naikin DA/PA

    ReplyDelete
  30. Makasih bnyk mb ulasannya gamblang dan berdaging. Saya newbie jdi tahu bgmn meningkatkn DA PA. Keren mb...

    ReplyDelete
  31. Saya belum beli domain. Rencana kalau usia blog saya udah 6 bulan baru saya beli. Dan udah dapet referensi dari mbaknya ... Makasiih yo mbak infonya ...

    ReplyDelete
  32. Agak sulitnya juga ni naikkan DA blog, soalnya blog saya masih subdomain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kalau memang masih sub domain agak susah hehehehe

      Delete
  33. Yang nomer 6 tuh masih PR banget di saya mba.
    Beneran deh banyak banget toxic link di blog, tapi gak sempat mulu buangnya.
    Kadang juga pas ngecek eh ada blog orang yang lagi down, jadinya muncul eror banyak, bikin bingung ngapusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayapun gitu mba, saking banyaknya bikin males hehehehehe

      Delete
  34. Wah lengkap bener penjelasannya 😊 memang harus bagus tulisan kita dan akurat ya jadi pembaca juga senang berkunjung ke blog kita.

    ReplyDelete
  35. Wah tugas naikin DA/PA saya ternyata masih banyak, SEO onpage masih amburadul, toxic link pun masih ada, tfs ya mba :)

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^

Member Of

kumpulan emak blogger Blogger Perempuan Mom Blogger Community indonesian female blogger indonesian hijab blogger blogger Muslimah bali beauty blogger
1 minggu 1 cerita
Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates