Aturan Baru Yang Akan Mempengarui Engagement Rate Instagrammu


aplikasi medsos instagram

Media sosial bukan lagi hal baru pada kehidupan kita. Dari data penduduk Indonesia pada Januari tahun 2019 sebanyak 256 milyar, 132,7 milyar merupakan pengguna internet, 130 milyar merupakan pengguna media sosial aktif, dan 120 milyar yang aktif menggunakan media sosial melalu handphone. Data diatas dapat dimaklumi karena memang kehidupan kita sekarang tidak terlepas dari penggunaan internet dan media sosial setiap harinya.

pengguna medsos di indonesia


Setiap media sosial yang di punyai oleh seseorang tentunya tidak lepas dari aturan yang mengatur media sosial tersebut. Media sosial tersebut pastinya mempunyai batasan tentang bagaimana media sosial itu dapat dipergunakan. Instagram yang merupakan media sosial popular setelah facebook dan youtube juga memiliki beberapa aturan terkait dengan penggunaannya.

Dari tahun 2018 kemarin ada beberapa aturan Instagram yang diubah, hal ini berkaitan dengan shadow banning. Shadow banning adalah pemberian sanksi pada akun bot, pembeli followers, sering menggunakan hastag berulang dan dan memakai hastag yang dilarang oleh Instagram. Tentunya hal ini berpengaruh pada engagement rate kita yang akan stagnan atau bahkan menurun.

Berikut beberapa aturan Instagram terbaru yang wajib kamu tahu

Hanya 10% Followers kita yang akan melihat New Post kita

followers instagram


Akhir- akhir ini jarang melihat posting dari beberapa fowollers yang kita ikuti ? atau jumlah like postingan kamu menurun ? Jangan kaget hal hal tersebut terjadi karena Instagram mengubah alogaritmanya.

Hanya 10% dari followers kita yang akan melihat post terbaru kita dan mungkin 90% lainnya tidak akan melihat. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana seluruh followers dapat melihat new post kita, pembatasan penayangan ini bertujuan untuk mengurangi gambar yang inrelevant atau yang tidak disukai oleh followers.

Karena hal inilah terkadang post yang kita lihat di akun Instagram hanya dari akun yang itu itu saja , karena memang untuk post yang tidak kita like atau tidak komentari new postnya tidak akan muncul di timeline kita.

Sebab itu 1 jam setelah new post kalian di posting adalah waktu krusial bagi konten kalian, jika pada rentang waktu 1 jam tersebut terdapat interaksi yang baik terhadap konten kalian seperti, like, share, komen maka Instagram akan menyebarkan new post tersebut ke 90%  sisa followers kalian.

Ribet ? Jelas.. karena memang tujuan Instagram memakai alogaritma ini agar kalian beli ads nya.

Tips dari aku  : postinglah di “best time” dimana banyak dari followers kamu yang online. Bagaimana cara mengetahuninya ? pakai aja Minter. Minter ini semacam google analitic untuk Instagram. Selain itu pakailah caption yang “mengundang" inteaksi dengan followers kalian, seperti adanya pertanyaan, membuat kuis atau giveaway.

Timeline Tidak Lagi Berdasarkan Waktu Post

Sering liat posting followers kalian di Instagram ternyata postingan kemarin ? atau postingan beberapa jam yang lalu ? Jangan kaget,karena memang Instagram menampilkan post pada timeline bukan berdasarkan waktu post tapi berdasarkan “kedekatan” kalian dengan akun tersebut.

Kedekatan disini maksudnya adalah interaksi antara kita dengan akun tersebut, misalnya dengan like, coment, share, DM, membuka profil akun, sampe berapa waktu yang kita habiskan untuk mantengin akun tersebut, yang akan mempengaruhi kedekatan kita. Jadi intinya Instagram tidak akan menampilkan post yang biasanya kalian abaikan.

Tips dari aku : Bikin konten yang bagus dan jangan asal, agar followers kalian tertarik dengan yang kalian post. Agar lebih tertata kalian bisa menggunakan aplikasi Later. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk menjadwalkan posting kalian, sehingga kalian dapat mendesain dulu apa yang akan kalian post dan waktu terbaik untuk mempostingnya.

Aktif dengan Followers dan Jangan Ganti Caption Sebelum 24 jam

like instagram

Menurut alogaritma Instagram terbaru komentar pada akun Instagram sekarang ada aturannya. Hindari komentar dengan 1 kata seperti good, nice dll, minimal komentar adalah 4-5 kata agar tidak dianggap spam oleh Instagram. Selain itu jika ada komentar baru di akun instagrammu langsunglah balas kurang dari 1 jam, atau komentar itu tidak akan masuk dalam engagemen rate Instagram kamu.

Bagi yang sering gonta ganti caption pada instagramnya, mulai sekarang jangan pernah lakukan hal ini sebelum 24 jam, Kenapa ? karena dengan mengganti caption akan mengurangi peluang new post kamu untuk dilihat oleh followers kamu. Jadi sebelum klik share pada tombol Instagram, sebaiknya liat dulu caption nya, tinjau ulang kalau udah yakin baru post.

Tips dari aku : ikutlah POD intagram. Pod Instagram adalah sebuah grub yang memang dibuat untuk saling support di Instagram masing-masing. Jika ingin detailnya silahkan Private chat aku aja ya.

Aktiflah di Instagram Story

instagram story

Semakin sering kamu berinteraksi dengan melakukan polling, kirim DM, swipe up atau reply story maka kesempatan Instagram feed kamu muncul di halaman mereka juga besar. Selain itu dengan aktif membuat story Instagram maka engagement rate kamu juga akan mudah naik dan tentunya akun kamu akan aman dari shadowban karena sering aktif

selain aktif di instastory penggunaan fitur fitur pada Instagram juga sangat penting untuk akun kamu. Instagram akan memberikan reward khusus bagi kalian yang rajin update fitur baru.

Gunakan Hastag dengan Benar

hastag


Dengan menggunakan hastag yang tepat maka akun kamu akan mudah dicari dan di follow oleh orang lain. Penggunaan hastag jangan terlalu panjang dan terlalu banyak, walaupun kalian bisa menggunakan maksimal 30 hastag pada caption. Karena pemakaian hastag yang banyak dan berulang akan membuat akun kalian di shadoband oleh Instagram.

Selain penggunaan hastag pada komentar yang sudah tidak lagi dihitung oleh Instagram, sekarang juga sudah ada following hastag. Jadi jika kalian ingin mengikuti suatu tema kalian tinggal mencari hastagnya dan memfollownya, maka otomatis jika ada yang menggunakan hastag tersebut, akun tersebut akan muncul pada timeline kalian.

Tips dari aku : Gunakan hastag pada akun bio kalian agar mudah dicari oleh followers baru. Karena biasanya jika kita mencari suatu akun di Instagram search kita akan diarakan pada akun akun yang memuat kata kunci yang kita buat pada kolom search

Selain beberapa aturan diatas ada aturan yang mungkin sudah akrab dengan kalian misalnya


  • Panjang maksimal video pada Instagram adalah 60 detik, dan paling sedikit adalah 5 detik. Jadi bagi kalian yang sering menawarkan sesuatu di Instagram harap pahami batas waktu ini.
  • Kalian dapat mengupload foto sebanyak-banyaknya di Instagram, namun kalian hanya maksimal bisa melakukan 350 like dalam satu jam
  • Panjang maksimal caption di Instagram adalah 2200 karakter
  • Jumlah following maksimal yang bisa anda ikuti adalah 7500, sedangkan untuk jumlah followers tidak ada batasannya

Jadi Gimana semakin kesini semakin banyak aturan yang diterapkan oleh media sosial ya ??

Sehingga kalian gak bisa main main da asal jika ingin mendapat keuntungan dari penggunaan media sosial, karena tanpa perencanaan dan pengetahuan yang cukup tentang sosial media yang kalian pakai maka kalian tidak akan dapat menggunakannya secara maksimal.



73 comments :

  1. ngeri gitu mak. padahal aku jarang banget aktif di story apalagi feednya...thanks buat sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya mba ghina repot sekarang ... tapi gimana emang ini salah satu cara biar ads instagram ada yang make

      Delete
  2. Wah, terima kasih infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Iya mba, berasa banget setahun terakhir likes dan engagment turun. Tapi sekalinya bagus bakal banyak terus likesnya. Yang sepi makin sepi. Haha. Emang harus kreatif bikin konten yang bagus sih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba inka instagram baru bersih bersih ini, konten yang gak menarik ya gak bakal dilirik sama instagram

      Delete
  4. Wah makasih Mba.. ilmunya banyak jadi paham saya πŸ˜ŠπŸ˜‰

    ReplyDelete
  5. Terima kasih ilmunya mbaak. Sejujurnya saya juga kurang begitu paham soal Algoritma. Tapi tips ini sangat membantu orang awam seperti saya ❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  6. Wah instagram ada juga situs riset statistiknya, saya baru tau nih , secara selama ini saya posting aja tanpa tau harus liat kapan jam ramenya, bagus juga sih biar instagram kita semakin bagus jauh dr followers gak jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba hehehehe memang semakin berkembang sekarang mba

      Delete
  7. wah informatif sekali mba, pantesan yha.. hehe.
    btw tuk gabung grup pm kmn ni mba

    ReplyDelete
  8. Bagus juga tipsnya mas.. Cocok untuk yang ingin memulai usaha di bidang online seperti saya..

    ReplyDelete
  9. Waah keren banget mba post nya. Saya belajar banyak. Karena kebetulan saya ngadmin banyak akun instagram. Sekarang saya paham kenapa akun2 lain hashtagnya diselang seling. Terima kasih mba ilmunya 😊

    ReplyDelete
  10. Waaaaa keren Mba ilmunya... 😍😍😍

    ReplyDelete
  11. Kayak blogger yaa .. ada google analytic juga untuk Instagram.. boleh kapan2 dicoba.

    Aku kalo post di IG, asal post aja. Gak pernah kepikiran kpn wkt terbaik itu ngepost.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba saya juga baru tau setelah liat2 para influencer yang lain

      Delete
  12. Wow keren informasinya. Iya nih ig saya masih kurang kece. Boleh dicoba sepertinya. Terima kasih ya mba

    ReplyDelete
  13. Waahh aku baru tau kalo Instagram sekarang ga semua org bisa liat postingan yg kita upload, makasih juga nih aku jadi tau bisa liat follower yg lagi aktif lewat minter

    ReplyDelete
  14. Pusing juga ya mbak mikirin ginian... Tapi memang harus belajar..

    ReplyDelete
  15. Jadi sedikit mengerti tentang aturan baru di Instagram..

    ReplyDelete
  16. aku masih katrok gunain ig. dapat info gini brasa bgt kudetnya. makaaih infonya mbak

    ReplyDelete
  17. Kudu makin banyak followers biar makin banyak yg liat post kita. Sedih sih like cuma dikit. Tapi tak apalah...daripada tidak ada sama sekali. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan banyak followers sih mba tapi banyakin interaksi biasanya semakin sering interaksi like juga banyak

      Delete
  18. Wah...baru tahu ilmu tentang instagram ini Mbak. Harus belajar nih.

    ReplyDelete
  19. duh aku lagi males update di IG baca ini jadi ngeri juga hahahaha kudu bangkit lagi nih rajin nyampah di IG wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Setuju mbak. Emang jadi menurun nih likesnya karena memang belum tentu yg kita post langsung dilihat karna algoritma instagram udah ga kaya dulu. Makanya ak jd jarang nambah feed mending instor aja sekarang mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba aku yang gak pernah instastory sekarang tiap hari pasang hahahahahha

      Delete
  21. Terimakasih mak, saya baru tahu mengenai ER ini,. padahal saya punya 3 akun IG dan masih setor foto-foto aja ..hehe

    ReplyDelete
  22. Terimakasih mak, saya jadi tau mengenai ER ini. padahal saya udah punya 3 akun IG, isinya masih setor-setor foto doang sih..hehe

    ReplyDelete
  23. Keren banget nih, infonya. Ternyata, kalau diseriusi bisa menghasilkan, ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pokonya serius aja lakuinnya entah itu main blog atau instagram nanti rezeki akan mengikuti

      Delete
  24. Banyak banget ilmunya yang belum diamalin. Makasi ya mba..coba belajar lagi πŸ€—

    ReplyDelete
  25. Banyak banget ilmunya yang belum diaplikasikan.,. Makasi ya mba sharingnya jadi belajar lagi nih

    ReplyDelete
  26. asyik mbak, aku dapat ilmu baru dari mbak. secara selama ini ke instagram hanya upload foto doang..eh..ternyata bisa mendatangkan uang juga ya, duh kemana aja siy eike ini hehehe

    ReplyDelete
  27. Info yang sangat bermanfaat. Thanks for sharing😊

    ReplyDelete
  28. makasih infonya mbak, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  29. Wah...info yang sangat bermanfaat...pantesan, sekarang dapat like di ig tu ga segampang dulu...tfs mb...

    ReplyDelete
  30. Berfaedah banget mbaaa ilmunyaa, bener2 pengetahuan baru buat aku pribadi yg awam banget seputar algoritma medsos kayak gini. Dan, ini highlight banget buat aku biar sekalian belajar hihii. Terima kasih banget ya mbaa

    ReplyDelete
  31. gak di instagram, gak di youtube, berbenah diri semua, terutama untuk ngatasin aneka spam dan bot yang banyak muncul. kmaren beberapa teman di IG juga meributkan kehilangan puluhan hingga ratusan followers, kebetulan IG saya anteng, gak ilang dan belum nambah secara signifikan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ini semua bebenah biar gak gampang dicurangi

      Delete
  32. Nice info nih, Mbak.
    Saya mulai rajin isi feed IG plus instastory juga. Tapi jawab komen IG nya nih yg kadang kelamaan. Ternyata ngaruh ke engagement rate, ya. Oke deh nanti cuzz jawab kalau ada komen yg masuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba hehehe emang salah satu strategi instagram sih biar sering2 di buka aplikasinya hahahaha

      Delete
  33. Lagi musim pembenahan ya mb instagram. Mksh atas masukn dan info serta sharingnya. Sungguh bermnfaat bnget mb...

    ReplyDelete
  34. Thanks sharingnya mbak. Saya baru tahu nih aturan2 seperti itu. Kayaknya makin ke sini media sosial makin banyak aturannya deh hehe. Btw sebelumnya saya suka banget gonta-ganti caption sesaat setelah post ternyata itu ada efeknya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga sering Gonta ganti caption mba lama lama Uda enggak sekarang takut nanti nggak kesebar postingannya hehehehe

      Delete
  35. Ya ampun kak, aku sering gonta ganti caption. Soalnya kadang udah ngepost captionku jadinya berantakan. Makanya akhirnya aku ganti deh captionnya. Haha. Untung banget nemu artikel ini jadi aku udah tau regulasi di Instagram sekarang kayak gimana. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba, aku pun sekarang kalo nulis caption hati hati banget

      Delete
  36. Dapat ilmu ttg IG lagi..secara saya punya IG hanya untuk upload foto..jarang juga makainya seh..
    Makasih ya mb

    ReplyDelete
  37. Yaampun mak makasih banget yah infonya! Waktu Instagram mengganti algoritmanya mereka tuh agak kzl sih, apa kabar user rakyat jelata seperti aku gini yang berusaha untuk menaikkan performa feed? Hahaha

    Pernah deh ada satu masa postinganku sepi likes, aneh aja ke mana orang-orang yang follow IG aku. Ternyata memang post-nya nggak di best time dan kontennya kurang berkualitas. Akhirnya aku suka delete postingan tersebut, kemudian posting ulang di best time yang tepat. Tapi setauku trik kayak gini juga kurang oke ya?

    ReplyDelete
  38. Owh, jadi seperti itu ya, Mak. Baru tahu juga dan memang merasakan juga sih perubahan itu. Jadi ada insight baru, nih. Baiklah, mari mulai kita perhatikan apa kata Makmak satu ini, ya. Tengkyuuu ...

    ReplyDelete
  39. Kalau targetnya untuk di-liked dan komen teman2 followers, ya mesti rajin2 juga silaturahminya. Kecuali artis ya yang postingannya dicari fansnya, haha... Untuk target umum, plus peluang nambah teman2 followers, iya mainkan hestek yang relevan.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^

Member Of

kumpulan emak blogger Blogger Perempuan Mom Blogger Community indonesian female blogger indonesian hijab blogger blogger Muslimah bali beauty blogger
1 minggu 1 cerita
Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates