Beauty

Beauty

Lifestyle

Lifestyle

Other

Other

Pentingnya Engagement Rate Bagi Yang Ingin Mencari Uang Lewat Instagram

by - February 17, 2019


Berkembangnya dunia teknologi para era globalisasi seperti pada saat ini berimbas pada banyak hal. Salah satunya adalah pada penggunaan handphone, atau yang sekarang kita sebut smartphone. Saat ini pertukaran informasi dari satu orang ke orang lain dapat dilakukan dengan sangat cepat melalui jejaring sosial, salah satunya adalah Instagram.


insragram


Kalian semua pasti sudah terbiasa dengan adanya media sosial instgram. Media sosial yang langsung buming ketika diluncurkan pada tahun 2010 ini langsung menandingin aplikasi sosial media pendahulunya seperti, facebook, twitter, bbm dll.

Setiap pemilik Instagram dapat menggungah momen yang menurutnya menarik kemudian dibagikan kepada semua followers yang kemudian akan muncul pada timeline.

Dengan adanya fitur untuk like dan komentar pada foto dan video yang diunggah, seseorang dapat mem-follow orang dengan unggahan yang menurutnya menarik. Hal ini menciptakan public figure dalam dunia Instagram.

Bahkan pada januari 2018 ini pengguna Instagram mencapai 38% di seluruh Indonesia, dibawah pengguna youtube dan facebook. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia ini banyak juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran dan bisnis online.


tabel media sosial di indonesia

Salah satu cara untuk mempromosikan produk adalah dengan celebrity endorse Instagram atau yang sering dikenal dengan celebgram.

Bahkan tak jarang selebgram di Indonesia dibayar dengan cukup besar dengan hanya mengupload foto barang ke dalam instagramnya. Karena hal tersebut banyak dari pengguna Instagram berlomba-lomba menjadi celebgram.

Menjadi seorang selebgram dulunya hanya mengandalkan jumlah followers saja, karena semakin jumlah followers akan semakin banyak maka jumlah penonton iklan atau yang kita sebut endors, tersebut semakin banyak. Namun sekarang untuk menjadi orang yang menerima produk endors yang dilihat bukan hanya banyaknya followers, namun juga engagement rate.


Apa itu Engagement Rate ?


Engagement rate adalah sebuah indicator interaksi antara sebuah akun sosial media dengan penggemarnya dimana formulanya melibatkan jumlah coment, like dan followers.

Berikut tabel engagement rate berdasarkan jumlah followers yang dia punya

Tabel engagement rate


Jika ternyata engagement rate kalian dibawah rata-rata rate diatas berarti interaksi kalian dengan followers kalian kurang.


Bagaimana Cara Menghitungnya ?


Sebenarnya sudah banyak aplikasi penghitung engagement Instagram secara online, seperti pada web berikut ini


Ketiga situs diatas akan menghitung jumlah engagement rate kalian berdasarkan dengan jumlah like dan komen hanya dengan memasukan Instagram id kalian.


Jadi kalau kalian ingin jadi influenser di instagram atau yang sering kita sebut dapet endors'an jangan hanya followers saja yang kalian perhatikan, tapi juga engagement rate kalian. karena di zaman sekarang mencari followers banyak itu gampang kita tinggal beli saja kita sudah dapat banyak followers, namun engagement rate didapat dengan menjalin hubungan dengan followers kalian di instagram.

Jangan Cuma memperhatikan kwantitas tapi juga kualitas. Jadi sudah menghitung engagement rate instagram kalian hari ini ? sudah menyapa dan menjalin hubungan dengan followers kalian hari ini ?




You May Also Like

56 Comments

  1. Wah berguna banged neh Mba. Makasih loh tulisannya.

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah dapat Job via Instagram, maklum ngak punya instagram,hehhehe.....
    Ulasannya menambah informasi buat saya Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin kang sapa tau nanti dapet endors hehehehe

      Delete
  3. Nah iya nih, sekarang lbh penting engagement rate daripada view dll di social media. Aku suka bingung gimana ngitungnya. Thanks infonya yaaa :)

    ReplyDelete
  4. Trims infonya, ya, mba.. Aku barusan cek.. Untuk yang situs pertama sama kedua hasilnya sama.. Situs ketiga yang beda 1 angka.. Iya ya sekarang keliatannya klien, agency bukan hanya cari follower banyak tapi juga yang engagement-nya besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba apalagi dengan peraturan instagram yang baru sekarang engagement rate sangat penting

      Delete
  5. follower beli udah gitu akun bodong..,kadang saya lihat dibeberapa akun selebgram atau artis, followers jutaan tapi yang like hanya diangka ribuan, liat akun dr aktor korea misalnya follower dibawah artis indonesia, hanya jutaan, yang like pun sebanding, tapi bagus juga ya kalo pake sistem engagement gini, jadi pihak pemberi endorsan jg diuntungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget karena ada yang jual beli followers ini makanya pengiklan pada nyari yang engagment rate nya tinggi

      Delete
  6. Ini nih yang masih jadi PR saya sampai sekarang. Meluangkan waktu buat engagement ini.

    Terima kasih buat pengetahuan dan informasinya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak memang butuh waktu online terus kalo pengen engagementnya tinggi

      Delete
  7. Keren artikel nya, aku jadi tau tentang engagement ini. Thanks infonya mbak dan salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. Hihi, sy g bgtu aktif di Ig, padhl sering upload dagangan. Hrusnya tahu tth ini y.. Mksh ba infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harus lebih aktif mba hehehehe ,, sama sama mba :)

      Delete
  9. Beberapa hari yang lalu saya dan teman2 baru aja ngomong soal ER ini, masih pengetahuan dasarnya sih.
    Makasih mba sharingnya, aku jadi lebih paham sekarang. Aku mau coba cek ER ku ah.

    ReplyDelete
  10. Ah aku tuh pengen juga ikutan hitung engagement rate, tapi follower ig nya pun masih hitungan jari... Hehehe...
    Nice info mba. 👍

    ReplyDelete
  11. Zaman sekarang persaingan influencer emang marak ya, sampai banyak yang beli follower.
    Padahal ya ER juga penting banget.

    Namun satu hal yang selalu bikin saya heran, mengapa ya justru beberapa akun IG yang empunya ga bermaksud memonetized akunnya, follower dikit, tapi like komennya banyak banget huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti emang hubungannya sama followers baik banget mbak atau kontennya sangat digemari dan berkualitas makanya banyak yang komen, misalkan instagram yang berisi inspirasi desain rumah biasanya yang empunya biasa aja tapi yang komen banyak banget

      Delete
  12. Followers IG-ku alhamdulillaah naik sedikit demi sedikit dengan cara asli alias ga beli bodong. Kan bisa dicek juga ;) Engagement rate itu penting ya jd ga cuma ngandelin followers aja. Kudu menarik foto dan captionnya jadi bagus deh. Tq infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mba nurul kalo emang fokus ke instagram kontennya juga mesti bagus

      Delete
  13. Aku cek engagement rate aku 5.75% mbak. Itu kira2 bagus ga yah? Mudah2an aja dapet endorse yah wkwkw padahal followers masih dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo followers antara 1k-5k itu uda bagus mba, coba ikut aja web web yang memperkerjakan influencer biasanya banyak tawaran job disana

      Delete
  14. wah, IG bisa juga mendatangkan income ya mbak, baru tahu loh aku..kirain hanya posting foto aja..lagian mo endorse apa ya aku ini? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisanya job influencer instagram itu kayak blog mbak, apalagi sekarang kalo ada job blog ada minimal followers instagram atau twitternya

      Delete
  15. Ilmu baru, nih. Saya baru tahu kalau ada aplikasi yang bisa menghitung seperti ini. Selama ini, saya pakai instagram sekadar buat senang-senang aja. Berbagi foto dan cerita dengan teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hehehe semoga bisa menambah wawasan ya

      Delete
  16. Wah baru tau nih aku soal engagement rate mba, pernah denger tapi ga ngeh maksudnya apa 😂 makasih banyak infonya yaa mba, membantu sekali 😊🙏

    ReplyDelete
  17. Baru tau tentang ER. efek jarang main instagram. Pantesan ada akun yg likenya dikiiit banget pdahal followernya banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba saya juga baru baru aja ini tau biasanya main main aja

      Delete
  18. Info baru buat saya nih. Pdhl udah punya 3 akun IG tp blm tau mengenai ER. Mksh ya mba. Jd nambah ilmu.

    ReplyDelete
  19. Engagement yang bagus berapa persen ya mbak? Biasanya yang diminati user angka berapa mbak?
    Nice info Mbak Seftina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diatas ada tabelnya mbak, biasanya diatas 5 uda lumayan, soalnya tiap naik followers ER otomatis akan menurun jadi gak bisa disamain 5% untuk yang followersnya 1k sama ER 5% untuk followers 10k ... biasanya sih kalo owner mintanya min followers sekarang kalo job blog 1000 kalo ig infuencer mintanya 10k followers mba hehehehe

      Delete
  20. Baru tahu engagement rate , tahunya kalau di IG hanya followers aja..Coba cek ER ah. Makasih infonya mb

    ReplyDelete
  21. jujur sih belum perhatikan engagement rate ini, secara jarang banget ngepost di IG, lebih suka jadi penikmat aja sih, hehheheh.
    tadi cek nilainya 3, sekian persen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya awal cek malah cuma 1.9 % mba hahahaha sekarang si uda naik 3.9%

      Delete
  22. Makasih bgt infonya...sangat beranfaat.

    ReplyDelete
  23. Waduh saya baru tahu tentang engangement rate ini. Jarang eksis juga di IG😅 nggak kepikiran juga buat jadi selegram tapi tertarik pengen kepo ER saya. Ternyata setelah saya cek, seperti yang saya duga ER akun IG saya rendah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gitu mba malah dibawah 2 wkwkwkwk, tapi karena sekarang job blogger juga mentingin followers sekarang aku uda mulai rajin mba hehehehehe

      Delete
  24. Saya gak begitu paham, selama ini gak perhatian sama engagement rate 😃. Harus lebih banyak belajar lagi nih. Makasih informasinya mbak 😚

    ReplyDelete
  25. Saya masih belum mencobanya karena masih menggunakan instagram sebagai tempat jejaring sosila.. Tapi kalau sudah fokusnya mencari uang, bisa juga dicoba engagement rate..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hehehe kalau emang uda fokus cari uang baru deh ER ini penting banget

      Delete
  26. Makasih Mbak ilmunya, baru tahu ada aplikasi-aplikasi tersebut, mau coba ah, pingin lihat hasilnya...he

    ReplyDelete
  27. baru ngecek, ER ku 7,02% masuk endorse gak kwkwk followersku cuma 596 itu pun separuhnya akun online shop kwkwk mbak, nggak mau bikin topik blog tentang minta follow back kah mbak? Boleh nggak sih kita sesama blogger gitu, minta follow back hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. next post ya mba aku bikinin artikelnya deh :D .. boleh kok mba tinggal follow aja nanti biasanya jika di profilnya ada keterangan blogger akan di followback dengan sendirinya

      Delete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^