Alasan Menulis Blog versi cuapmakmak.com

Apa alasanmu menulis blog ?? Pertanyaan it yang sering ditanyakan orang orang ketika aku beritahu aku seorang blogger. 

Atau 

"Apa kesibukanmu sekarang ?

"Aku sekarang seorang Blogger jadi ya kegiatanku menulis, coba saja buka cuapmakmak.com itu blog aku kok". Begitu jawabanku terhadap pertanyaan beberapa orang yang menanyakan apa kegiatanku sekarang.

Alasan Menulis blog


Mungkin bagi komunitas menulis atau komunitas blog seorang Blogger bukan hal yang baru namun bagi keluargaku yang notabene "pekerja" menjadi Blogger adalah suatu pekerjaan asing bagi mereka.

Mengapa Saya Menulis ?? 

Menulis tentunya bukan hal yang baru untuk kita, karena dari umur 6 tahun (kelas 1 SD) kita harus belajar membaca dan menulis. 



Kegemaranku menulis dimulai dari aku Sekolah Dasar tepatnya saat tahun 2001. Dulu dimasa itu Menulis "Buku Diary" menjadi salah satu yang hits dan aku adalah salah satu orang yang ikut ngehits pada era itu.

Aku bukanlah orang yang suka "curhat" dengan orang lain dengan mudah dan ketika aku sedang sedih ataupun sedang marah atau merasakan sesuatu aku akan menuliskannya di buku diaryku. Dengan menulis di buku diary akan ada perasaan lega walaupun hal tersebut hanya berbentuk tulisan yang tidak bisa dibaca orang lain.

Menulis di diary seperti pelampiasan emosiku yang tidak bisa kukeluarkan ke orang lain dan salah satu sumber kebahagiaanku, walaupun menulis tidak menyelesaikan masalah namun tetap saja rasa senang itu tetap ada. 

Pada masa itu juga aku menjadi salah satu pelopor adanya "mading sekolah" di sekolahku. Ya.. karena hobi menulis  aku dan salah satu temanku di Sekolah Dasar nekat membuat mading sekolah tanpa persetujuan dari guru-guru.

Jadi saat itu kami datang pagi pagi kesekolah kemudian menempelkan cerpen, puisi, berita, gambar di kotak mading sekolah yang tidak terpakai.

Saat zaman komputer pentium aku mulai memiliki angan-angan untuk menulis sebuah novel, hal ini karena terinspirasi pada penulis Mira W, penulis novel pada zamannya yang telah menuliskan banyak sekali novel. Namun sayangnya tulisanku pada komputer butut di rumahku masih sebatas draft dan belum terselesaikan sampai saat ini.

Saat masuk kuliahlah aku mulai mengenal Blog. Perkenalanku dengan Blog diawali dengan teman jurusan sastra yang memiliki tugas untuk mengisi Blog. 

Blog awalku aku beri nama "ulatbulu", cukup aneh bukan. Nama tersebut terinspirasi dari ulat bulu yang nantinya akan bermetamorfosis dan menjadi kupu-kupu yang cantik dan membawa banyak manfaat bagi orang lain. 



Dengan memberikan nama "Ulatbulu" aku menginginkan Blogku ini nantinya juga akan memberikan manfaat untuk orang lain walaupun hanya lewat tulisan. Namun sayangnya pada zaman itu aku belum serius dalam menulis sehingga si "UlatBulu" tidak pernah berkembang menjadi kupu-kupu.

Tahun 2018 adalah tahun kebangkitan semangatku dalam menulis Blog. Semangat untuk menginspirasi orang lain tetap berkobar dan muncul semangat baru yaitu semangat untuk mencari uang lewat Blog.

Awal perkenalan dengan Mom Blogger Bali merupakan awal aku tahu bahwa ngeblog bisa menghasilkan. Mulai tahun 2018 itu pula aku mulai mengisi blogku dengan postingan - postingan yang mungkin akan menarik pembaca.

Pada awal tahun 2019 domain TLD aku sematkan ke blogku dan lahirlah cuapmakmak.com dan mulai dari sanalah petualangan petualangan menulis aku dapatkan, dari sukanya, dukanya, serunya bahkan stresnya. 

Manfaat Menulis Bagi Saya 

Seperti yang aku paparkan di paragraf awal tentang alasanku menulis, manfaat menulis bagiku cukup banyak :

  • Menghilangkan Stress


Stress adalah hal yang lumrah didapatkan oleh semua orang termasuk saya, seorang IRT tanpa ART dengan 2 orang Balita, Menulis menjadi salah satu cara saya menghilangkan stress. 

Jika ada sesuatu yang mengganjal dihati tentang suami, aku akan menulis. Jika bertemu keluarga besar yang nyinyir karena aku menurut mereka aku tidak bekerja aku akan menulis. 

Dengan menulis, hati yang awalnya terasa sesak akan merasa lega dan merasa bahagia 
  • Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain
Dalam sebuah hadist pernah dikatakan "Sebaik-baiknya Manusia adalah Manusia Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain"

Dengan menulis kita memberikan pengalaman ataupun pandangan kita terhadap sesuatu hal, entah itu suatu permasalahan ataupun suatu kejadian sehari-hari yang mungkin akan bermanfaat bagi orang yang membacanya

Apalagi d izaman serba digital seperti sekarang ini, tiap orang akan mencari sesuatu atau bertanya kepada "google" menulis menjadi salah satu ladang pahala yang tak terlihat untuk kita
  • Menghasilkan Uang


Mungkin sudah banyak yang tau kalau dengan menulis kita dapat menghasilkan uang. Dengan menulis buku yang diterbitkan oleh penerbit, Menulis cerpen yang dimuat di media masa maupun media digital ataupun menulis blog dengan melakukan review atau content placement.

Bagi seorang IRT yang berkegiatan dirumah menulis adalah salah satu penghasil pundi pundi rupiah. Kegiatan dirumah dapat terselesaikan, anak tetap bisa dipantau dan tentunya uang dalam rekening bertambah. 

Namun semakin hari persaingan dalam dunia menulis tidaklah mudah, apalagi di masa pandemi ini, dimana setiap orang dibatasi pergerakannya diluar dan banyak berkegiatan di dunia online.

Menulis Blog sekarang ini banyak digemari dan menjadi "lebih" dari Blogger yang lain adalah hal yang diperlukan.

Mengapa Menulis Perlu Dipelajari ??

Tidak sedikit yang mengira bahwa menulis adalah hal yang mudah karena hanya cukup memencet keybord laptop maka tulisan akan tersaji. Namun tidak semudah itu adakalanya menulis adalah hal yang cukup menyulitkan, karena itulah Menulis itu Perlu Dipelajari.



Untuk menjadi Blogger yang bisa naik kelas aku mengikuti salah satu kelas online yaitu kelas "GROWTH". Dalam kelas online ini ada beberapa materi yang disampaikan dengan waktu satu bulan penuh, dan materi pertama kelas GROWTH dimulai kemarin 1 September 2020 dengan coach mba Monica Anggen.

Mba Monica Anggen adalah seorang penulis novel dan juga Blogger yang cukup mumpuni di dunia menulis. Dalam perjalanannya Mba Mon menulis beberapa buku Best Seller salah duanya adalah yang berjudul "Bersamamu" 2017 dan "Mencintaimu" 2020 terbitan Gramedia.



Selain menulis novel Mba Monica juga aktif dalam dunia blogger dengan menulis di Blognya.

Kelas online GROWTH bersama mba Monica kemarin memaparkan materi "Mahir Menulis dan Editing Blogpost", berikut rangkuman dari materi mba monica kemarin :

  • Motivasi Menulis 
Menurut mba Monica motivasi menulis adalah hal awal dan yang utama sebelum kita memulai untuk menjadi penulis, karena dengan motivasi yang kuat maka kita tidak akan mudah berhenti menulis jika ada sesuatu hal yang tidak sesuai harapan. 

motivasi menulis ini menurutku seperti halnya kita memilih pasangan hidup, kita harus memiliki alasan kuat kenapa memilihnya sehingga dalam perjalanan pernikahan nanti kita tidak akan berhenti karena suatu hal yang tidak sesuai ekspektasi kita.
  • Menulis Blog
Konsep dasar menulis sebenarnya sudah kita pelajari di bangku sekolah yaitu dengan penerapan 5W+1H, EYD, serta kesinambungan antara paragraf satu dengan paragraf yang lain.

Yang paling penting dalam menulis blog adalah menulislah dengan hati, jangan pernah menulis asal - asalan atau bahkan copy paste tulisan orang lain.
  • Ilmu Re-writing 
Re-writing atau menulis kembali adalah salah satu hal yang penting bagi seorang Blogger karena sering kali Blogger diminta untuk menulis kembali Press Rillis dari suatu kegiatan.

Kuncinya jika ingin melakukan re-writing terhadap press rilis yang kita dapat adalah dengan menambahkan pendapat pribadi dari kita dan menggunakan press rilis sebagai acuan.

Dengan menambahkan pendapat pribadi kita maka tulisan yang kita tulis akan semakin berbobot dan tidak terkesan copy paste.
  • Trik Menulis Tema Sama 
Banyak dari para Blogger menuliskan sesuatu dengan tema yang sama dan sering kali satu dan tulisan lain ada yang sama. Menurut mba Monica kita harus menuliskan sesuatu yang unik agar berbeda dengan yang lain.

Bagaimana menjadi unik ?? yaitu dengan banyak membaca referensi. Jangan hanya membaca dari satu dua blog saja namun baca dari banyak blog sehingga kita akan tau kebenaran dari tema yang akan kita tulis tersebut.
  • Dari Blog Jadi Buku
Awalnya menulis di Blog dan kemudian menulis buku dari apa yang diposting di Blog, menurut mba Monica hal tersebut mungkin adanya. Bagaimana caranya ??

Buatlah blog dengan satu tema besar dan buat outline dengan menghubungkan satu postingan dengan postingan lain. Dengan keterkaitan antara satu postingan dengan postingan lain dengan satu tema tidak menutup kemungkinan blog tersebut akan dilirik oleh penerbit dan dijadikan sebuah buku.
  • Tulisanmu Adalah Dirimu 
Dengan membaca tulisan seseorang kita akan tahu bagaimana kepribadian orang tersebut apakah ceria, suka humor, pemarah, ambisius dll. Sehingga jika kalian menjadi penulis maka tulislah sesuai dengan apa yang kalian rasakan, tulislah sesuai dengan apa adanya kalian.

Dan yang terakhir dari mba Monica Teruslah belajar, kerjakan sesuatu dengan sebaik mungkin dan serahkan hasilnya Kepada Tuhan. Biarkan Tuhan bekerja dengan tangannya dan kita akan melihat kejutan dari Tuhan Untuk Kita.








Post a Comment

31 Comments

  1. Alasan "Menghilangkan stress" itu bener banget mbak. Beban jadi terasa lebih enteng setelah menulis.

    ReplyDelete
  2. Nah itu lho mba, pada sebagian orang pekerjaan blogger masih kadang dipandang sebelah mata karena bukan pekerjaan kantoran. Padahal justru aku sedang ingin banget lepas dari yg namanya kerja kantoran dimana aku harus terikat waktu

    ReplyDelete
  3. Materi dari mbak Monica memang nampol banget ya. Kemarin aku bikin resume materinya sampai bisa jadi satu buku sendiri deh kayanya. Dagiing semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahkan bukan jadi 1 blog ya mba Marita, jadi 1 buku. Luar biasahh :)

      Delete
  4. Dulu juga saya kira menulis blog itu mudah, tp setelah dapet materi dari mbak Monica Anggen, ternyata menulis blog juga banyak poin-poin yang harus di perhatikan.

    Ngga bisa sembarang nulis gitu aja.

    ReplyDelete
  5. Semangat terus mba, semoga tetap berkarya😊

    ReplyDelete
  6. Setuju banget nih untuk menciptakan wujud yg agak beda atau mungkin unik ya, kalo nulis tema yg sama kudu banyakin amunisi dengan banyak membaca aneka literatur or nonton film misalnya

    ReplyDelete
  7. Nama ulatbulu unik juga kak, imut2 gitu haha. Masih ada kah blog ulatbulunya?

    Dulu salah satu cita2ku juga nulis buku yg dari blog, kaya semacam punya Gitasav kalau sekarang. Namun lagi2 isinya harus menarik dan bertujuan sih hehe.

    Menulis memang menyenangkan ya, bs melepas stres sekaligus berbagi jg. Semangat trs ya kak :D

    ReplyDelete
  8. menulis itu merupakan aktualisasi diri sih buatku sejak dulu masih ala-ala lah ngeblognya, dan gak nyangka ternyata ngeblog itu banyak peluang yang bisa didapat yaa

    ReplyDelete
  9. Banyak alasan menulis ya, sebagaimana banyaknya manfaat yang bisa diperoleh. Belajar dari Mbak Monic bisa membuka banyak wawasan.

    ReplyDelete
  10. Jadi tahu ternyata peserta kelasnya Mba Monic dkk ya. Semoga berhasil jadi blogger profesional....
    Saya ikut menyerap ilmunya nih

    ReplyDelete
  11. kalo aku emang suka nulis sih, lumayan lah buat nuangin isi kepala dan hati yang kadang crowded banget

    ReplyDelete
  12. Tulisan memang bisa menjadi cerminan diri kita. Oleh sebab itu, kita tak bisa serampangan kala menulisnya.

    ReplyDelete
  13. Siap naik kelas juga Mbak bareng KGB. Semoga semua bertahan sampai akhir ya.

    ReplyDelete
  14. Terkejut saya, nama blog ulatbulu. Eh tapi bener sih kata mbak, ulatbulu rupanya aja yang sedikit menggelikan setelah itu ia akan berubah menjadi kupu-kupu yang cantik :D

    Tetap menulis, dan jadilah dirimu sendiri. Sebab tulisan kita merepresentasikan diri kita~~

    ReplyDelete
  15. Saya masih belum ngeh pas pembahasan dari blog jadi buku. Hmmm... pengin tahu langkah-langkahnya dan prosedurnya di penerbit pas dapet naskah yang mulanya dari blog. Sharingnya Mbak Monic kurang lama yaa wkwkkwkw *kenalemparsendal

    ReplyDelete
  16. Wah, menulis bisa melegakan hati ya mbak, tapi kayaknya kalau tentang suami, hihihi gak perlu ditulis ya, cukup di hati. Kata orang bisa membunuh karakter kita gitu, bener atau gak belum tau sih.

    ReplyDelete
  17. Saya juga lebih suka menuliskan masalah yang saya alami dibanding curhat ke orang lain. Curhat ke orang kadang malah bikin masalah tambah runyam sih kalau menurut saya..dan itu juga menjadi salah satu alasan saya suka ngeblog. Btw nama blognya yang dulu lucu , kok bisa kepikiran ulat bulu...hihi...

    ReplyDelete
  18. Aku suka penasaran deh dengan materi 'Dari Blog Jadi Buku'. Ini cara mudah menulis buku sebenarnya, ya. Kita cicil dalam bentuk blogpost, tanpa terasa, eh tahu-tahu sudah dapat halaman minimal untuk dijadikan buku.

    Tapi suka kepikiran sih, kalau semuanya sudah dituangkan dalam blogpost, nanti nggak ada kejutan lagi dong di dalam tulisan versi bukunya. Eh, apa tetap bisa ya selama bagian kejutan ini jangan dipublish dulu. Duh, masih harus banyak cari ilmu dan informasi dulu, nih.

    ReplyDelete
  19. Dengan menulis bisa melepaskan rasa stress bener juga sih, karena daku pernah sebel sama seseorang, jadilah dia kujadikan tokoh fiksi yang tidak baik, haddeeh hehe

    ReplyDelete
  20. Aku paling ga suka banget curhat di media bukan menyelesaikan masalah tapi malah memperluas deh..hehe..

    ReplyDelete
  21. Wow! Tertarik banget sama Kelas online GROWTH bersama mba Monica, semoga aku juga bisa ikut nanti. Amin

    ReplyDelete
  22. Saya menulis karena itu yang bisa saya lakukan, Mbak.
    Bisa sharing sebagai bagian dari sedekah ilmu juga.
    Dan dapat penghasilan juga.
    I feel you. Alasan menulis kita nyaris sama.

    ReplyDelete
  23. Menulis memang bisa menghilangkan stress. Kalau kita menulis di blog selain bisa menghilangkan stress, bisa menyebarkan kebaikan dan menghasilkan uang juga.

    ReplyDelete
  24. aku udh mulai melepaskan satu2 kerjaan kantoran ku mba. wuah emng paling pas jadi blogger klo emak emak ini mba.

    ReplyDelete
  25. Bagi keluarga atau orang yang ngak tau, pas diberitahukan kesibukan sebagai blogger ekspresi mereka bikin usap dada.

    Kemudian dijelaskan lebih detail masih aja skeptis bisa menghasilkan.

    ReplyDelete
  26. Baca kalimat dari blog jadi buku jadi mupeng mba suer, semoga aku juga bisa cetak buku nantinya, aamiin

    ReplyDelete
  27. lagi lagi aku menemukan manfaat blog sebagai self healing khususnya menghilangkan stress

    ReplyDelete
  28. Dulu buku diary abis ditulis buru2 di gembok, takut ketahuan. Sekarang bisa di publish dan bermanfaat untuk orang lain :)

    ReplyDelete
  29. Halo ulat bulu, ehh. Hehe. Menulis memang tak semudah memencet keyboard marimar!

    Btw thanks sharing ilmu dari mba monica nya ya. Semangat mba.

    ReplyDelete
  30. Saya pun sama kalau ditanya orang misalnya, kerjaanmu apa? Penulis. Itu pada enggak paham wkwkwkwk..... Ya, udah deh pasrah. Btw materinya mbak Monic padat dan daging yaa. Mau nambah tapi waktunya keburu abis hehe

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^