3 Tips Aman Menggunakan Pewarna Makanan untuk Kue

3 Tips Aman Menggunakan Pewarna Makanan untuk Kue - Agar tampilan kue atau jajanan menjadi semakin menarik memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada bahan tambahan yang dipakai dalam pembuatannya, yaitu bahan pewarna.

Pewarna Makanan Expired Boleh Digunakan ?


Makanan yang hadir dalam warna-warni menarik tentunya akan terlihat lebih lezat jika dibandingkan dengan yang tidak bukan.

pewarna makanan alami
sumber:pixabay.com


Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika tidak semua pewarna boleh digunakan oleh makanan, apalagi sampai masuk kedalam tubuh tersebut, karena bisa berbahaya bagi tubuh. Untuk itu pastikan hanya menggunakan pewarna makanan.

Dari mana mendapatkan produk tersebut? 

Jangan khawatir karena nyatanya bahan pewarna yang aman ini bisa dijumpai dengan mudah di pasaran. Dalam berbagai pilihan warna menarik dan juga untuk harganya sendiri bervariatif.

pewarna makanan koepoe koepoe
sumber : tokowahab.com


Beberapa diantaranya bahkan memiliki aroma yang khas sehingga menambah cita rasa tersendiri pada produk makanan tersebut. Selain aroma yang khas kalau dilihat dari warnanya jajanan yang menggunakan bahan pewarna makanan akan terlihat jelas, seperti terlihat lebih cantik daripada yang tidak menggunakan pewarna makanan. 

Dalam pemakaian pewarna makanan ini sendiri juga tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, 

berikut ini beberapa tipsnya, agar lebih aman, yaitu:


1.     Takaran harus pas 

    dari segi takaran tidak boleh sembarangan, karena beberapa diantara pewarna semacam ini akan merusak cita rasa dari makanan atau adonan yang dibuat tersebut, bukannya menjadi enak, justru rasanya akan berubah menjadi pahit. Sehingga harus benar-benar memperhatikan takaran, biasanya hanya dengan beberapa tetes saja sudah membuat warnanya keluar.

2. Pastikan hanya menggunakan bahan pewarna yang aman, 

    seperti diantaranya disebutkan bahwa pewarna tersebut dibuat dari bahan-bahan yang alami, bisa dilihat juga dari komposisi bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Pastikan hanya memilih yang sudah mendapatkan label keamanan dari BPOM dan MUI.

3. Lihat masa kadaluarsanya

     jangan salah karena produk pewarna untuk makanan sekalipun juga memiliki batas layak pakai, sehingga dalam membeli cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa. Jangan membeli produk yang sudah mendekati masa kadaluarsa karena pewarna makanan kadaluarsa akan menimbulkan penyakit bagi tubuh. 

Efek pewarna makanan kadaluarsa biasanya akan langsung terlihat dengan adanya efek sakit perut. Namun adapula yang tidak terlihat dan hanya menumpuk pada tubuh dan nantinya akan menjadi penyakit. 

pilah-pilih produk pewarna makanan dan produk lainnya yang aman seperti kacang almond segar, selai lezat, dan lainnya. Meskipun tampilan makanan akan semakin menarik dengan bahan ini, namun minimalisir pemakaiannya, sehingga lebih aman untuk kesehatan.
Next Post Previous Post
14 Comments
  • Henny F Lestari
    Henny F Lestari March 26, 2019

    Aku sering banget beli pewarna makanan merk kupu-kupu, belom sempet buat bikin kue, udah habis duluan buat mainan tepung sama anak lanangku.. Nah kalo buat mainan kayak gini aman gak Mbak? Soalnya kena kulit anak, kadang sampe susah juga bersihinnya.. *emaknya kurang tuntas bermain masa kecilnya :D

  • Mis Juli
    Mis Juli March 28, 2019

    Bener juga ya, apalagi ini sudah mulai musim lebaran harus terus disosialisasikan tentang pewarna makanan

  • keposeru
    keposeru March 28, 2019

    bener. Pewarna makanan yg abal-abal bisa ganggu kesehatan. Aku sendiri termasuk yg selektif soal bahan tambahan utk makanan. Ngeri dampak jangka panjangnya

  • lithaetr
    lithaetr March 29, 2019

    Mba, mbok aku bagian icip-icip aja. Aku kalau buat gini-gini mesti ora dadi je.

    Jadi yo meng tuku 😔

  • Susana Devi Anggasari
    Susana Devi Anggasari March 29, 2019

    Bener banget, Mbak. Harus pas. Kalau menurutku penggunaan warna yang berlebihan selain merusak rasa juga warnanya jadi enggak cantik.

  • Meykke Santoso
    Meykke Santoso March 30, 2019

    Setuju mbak semuanya harus pas yaaa... Kapan kapan Juga harus bikin kue yaaa hehe belum pernah soalnya

  • Ida Nurfitriana Minsanis
    Ida Nurfitriana Minsanis March 31, 2019

    Soal pewarna ini sepertinya sepele...namun penting banget. Salah2 dampaknya bisa berabe banget. Saya paling anti dengan makanan yang berwarna mencolok Mbak... Khawatir dampak ke depan buat kesehatan tubuh. Sepakat dgn tulisan ini. Penggunaan pewarna harus memenuhi 3 hal di atas.

  • Diah
    Diah March 31, 2019

    Bener banget tuh Mbak, klo pakai pewarna makanan emang harus perhatikan takarannya. Klo berlebih bisa merusak rasa, jadi pahit gitu. Warna juga jadi tua gitu klo berlebihan. :)

  • Muyassaroh
    Muyassaroh March 31, 2019

    Kadang suka lupa cek tanggal kadaluarsa mengingat pewarna awet banget ya, Mbak. Harus rajin cek nih karena saya suka bikin kue...

  • Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah March 31, 2019

    Bener banget mba, meski aku orangnya jarang bikin yg beginian alias serba instan, tapi kalau urusan Takara kudu pas mba. Soalnya kalau enggak pas, bisa merusak cita rasa dan ciri khas dari olahan tsb. Setujuuu

  • Erny
    Erny April 01, 2019

    Wah info nya bermanfaat nih, secara gak tahu tentang tips memilih pewarna untuk makanan. Thx ya mb sharingnya...

  • Yuni Siti Nuraeni
    Yuni Siti Nuraeni April 01, 2019

    Jrng bikin kueh yang pake prwarna, bikin jojongkong (bubur sumsum ijo) pakenya daun suji. Dulu pernah beli pewarna mknnn merk kupu2. Tapi buat bikin playdough aja.hihi

  • Artha Amalia
    Artha Amalia April 03, 2019

    Nah poin 1 ajah saya suka kebablasan. Kan cuma 1 - 2 tetes udah cukup. Tapi karena warna di adonan kurang, biasanya saya banyaakin. Eh pas matang, hasilnya over banget. Ternyata warnanya menguat saat dikukus atau dipanggang

  • Ani
    Ani September 18, 2021

    Mau tanya klo pewarna sdh expired apa masih bs digunakan ya?

Add Comment
comment url