Cara Mencapai Kesejahteraan Keuangan Ala Generasi Milenial Bersama Bank Sampoerna

 Kesejahteraaan keuangan menjadi salah satu hal yang paling diimpikan dalam kehidupan. Dengan memiliki kesejahteraan keuangan kita tidak perlu risau lagi tentang bagaimana keuangan kita kedepannya, karena kita sudah memiliki saving dan juga perencanaan untuk menghadapi masalah masalah keuangan yang mungkin akan terjadi kedepannya. 


Sayangnya generasi milenial sekarang kurang begitu peduli tentang kesejahteraan keuangan mereka. Hal ini dilihat dari banyaknya generasi milenial yang kesusahan dalam menabung, bahkan ada yang terjerat hutang karena memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. 


Karena melihat hal di atas Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) melalui Sampoerna Mobile Banking, mengajak milenial dan Gen Z untuk memiliki gaya hidup yang bersumber pada pengelolaan keuangan yang matang dan sejahtera (Financial well-being).


Financial well-being ini dapat dilakukan jika milenial dan Gen Z menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, termasuk mengenal sumber - sumber keuangan yang bijak.


Dalam memberi informasi tentang pentingnya Financial well-being ini Bank Sampoerna mengadakan acara Talk Show yang berjudul “Talk Show Sultan Dadakan Bali”.



Talk Show Sultan Dadakan Bali ini diadakan pada tanggal 28 Oktober 2023 di Stage Amphitheater, Living World Bali. Talk Show tersebut mengundang beberapa Pembicara yang ahli pada bidangnya, diantaranya 

  1. Bapak Ringo Nugraha Winata - Funding Business Division Head Bank Sahabat Sampoerna

  2. Bapak Hengky Saputra - Finance & Business Planning Director of PT. Bank Sahabat Sampoerna 

  3. Ibu Oktavia Laksmi Wardani - Lending & Fintech Product and Partnership Division Head of PT. Bank Sahabat Sampoerna

  4. Ealsya S Prosa - Lifestyle Content Creator


Dalam Talk Show Sultan Dadakan Bali tersebut dibahas gaya hidup milenial dan Gen Z yang sangat jauh lebih boros dibandingkan generasi pendahulunya, karena banyaknya generasi sekarang yang lebih mementingkan untuk nongkrong dan minum kopi dibandingkan untuk saving keuangan. 


Selain kebiasaan menghabiskan uang dengan nongkrong, berdasarkan survei dari Go Banking Rates Milenial dan Gen Z sekarang cenderung lebih konsumtif. Menurut Ealsya S Prosa kebiasaan konsumtif ini tidak lepas dari perkembangan media sosial yang cukup pesat.


Dengan perkembangan media sosial yang super cepat ini banyak dari para Milenial dan Gen Z yang selalu ingin merasa “serba paling”. Paling eksis, paling update, paling gaul, sehingga mengakibatkan mereka lebih boros dengan memenuhi kebutuhan konsumtifnya dan tidak mementingan saving dan perencanaan keuangan. Sehingga banyak generasi Milenial dan Gen Z yang kesusahan menabung apalagi melakukan investasi. 


Selain karena perkembangan sosial media yang menyebabkan banyak generasi muda yang terpengaruh FOMO (fear of missing out) dan YOLO (you only live once) adanya Latte Factor juga memberikan pengaruh yang cukup besar. 


Latte Factor adalah istilah untuk mendefinisikan hal hal kecil yang rutin dibelanjakan, yang sebenarnya tidak terlalu penting. Bahkan terkadang pengeluaran untuk Latte Factor lebih besar daripada pengeluaran rutin bulanan.


Bank Sampoerna sebagai Bank Swasta besar di Indonesia, ingin membantu milenial dan Gen Z untuk mencapai kedewasaan dalam mengelola keuangan dengan beberapa fitur yang dikhususkan untuk mereka para Milenial. Salah satu fitur yang dikhususkan untuk para milenial dan Gen Z adalah tabungan Sampoerna Mobile Saving.



Menurut Bapak Hengky Suryaputra, layanan perbankan SMB merupakan solusi bagi nasabah yang bergaya hidup dinamis dan beradaptasi dengan perubahan digital. Sampoerna Mobile Banking hadir untuk memfasilitasi para Milenial dan Gen Z yang sangat terbiasa dengan teknologi digital untuk transaksi sehari hari.


Kemudahan SMB ini dapat dilihat dari fitur fitur yang ditawarkan, diantaranya 

  • Pembukaan rekening cukup dengan smartphone

  • Bebas biaya admin bulanan 

  • Transaksi belanja menggunakan QRIS

  • Kemudahan dalam top up e wallet

  • Penarikan tunai gratis di ATM manapun sejumlah 30x perbulan



Sampoerna Mobile Banking juga menghadirkan produk tabungan baru yang berbasis sepenuhnya online yaitu, Sampoerna Mobile Saving (SMS).  SMS ini menawarkan pembukaan tabungan untuk nasabah tanpa setoran awal, tidak ada admin bulanan dan juga terdapat program undian berhadiah setiap bulan sepanjang tahun dengan total hadiah 3 Miliar Rupiah.



Sultan Dadakan merupakan wujud komitmen Bank Sampoerna dalam memberikan apresiasi pada nasabah dalam bentuk Undian Grand Prize Sampoerna Mobile Saving setiap tiga bulan sekali. Acara Sultan Dadakan ini juga sudah digelar di kota kota lain selain Bali diantaranya, Jakarta, Makasar, Medan, Pekanbaru, Bandung dan Tangerang.



Selain Talk Show tentang keuangan yang sudah disampaikan sebelumnya, Event Sultan Dadakan Bali ini juga terdapat beberapa booth seru seperti SMB Activation Booth, F&B tenants, 360 Photo Booth, penampilan guest star Not So Koplo dan Fourtwnty, serta pembagian total 136 hadiah undian senilai 300 juta dan doorprize khusus warga Denpasar dan Bali dengan hadiah utama 10 Juta Rupiah. 



Bapak I Gede Wisuda Putra selaku Branch Manager Bank Sahabat Sampoerna Denpasar berharap dengan adanya gelaran Sultan Dadakan Bali Sampoerna Mobile Saving ini dapat meningkatkan eksistensi dari Bank Sahabat Sampoerna cabang Denpasar, juga brand awareness terhadap produk produk bank Sampoerna. 


 












 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url