Pentingnya Servis Rutin Agar Performa Motor Tetap Prima

 Seperti halnya kulit, motor juga perlu dimaintenance secara rutin. Maintenance akan membuat mesin motor tidak mudah rusak dan akan bertahan lama. 

Servis motor bukan hanya wajib dilakuka oleh pemilik motor baru, namun pemilik motor lama juga wajib melakukannya agar mesin motor tetap dalam keadaan prima. 

Berikut tanda tanda motor sudah harus di servis :

  • kilometer motor sudah melewati batas servis
  • motor bersuara berisik
  • motor tidak dapat dinyalakan di pagi hari saat akan dipanasi
  • tarian motor terasa berat dan perpindahan gigi tidak lancar
apabila kalian mendapati satu atau lebih gejala diatas, sebaiknya segera melakukan servis motor. 

Nah, bagi yang tidak familier dengan servis motor harus banget nih mengetahui bagian bagian mana yang wajib untuk di servis.




Berikut 8 Bagian Yang Wajib di Check Saat Melakukan Servis Motor


1. Oli Mesin


Minyak pelumas mesin atau yang sering disebut oli Mesin merupakan zat yang berfungsi untuk melumasi mesin. Fungsi dari Oli Mesin ini adalah sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus tanpa gangguan.

Pemeriksaan Oli Mesin dapat dilakukan seminggu sekali dengan mengecek batang besi pada oli mesin. Jika oli Mesin sudah berwarna hitam atau volumenya berkurang itu artinya sudah waktunya untuk mengganti oli mesin. 

Selain dengan melihat visual, oli Mesin juga wajib diganti jika sudah melewati jarak tempuh tertentu. Biasanya jika sudah menempuh hidup baru 2500km kalian perlu mengganti oli mesin. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang memberikan rekomendasi penggantian oli mesin sampai 5000 km atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Hal ini dikarenakan oli yang dipasarkan tersebut sudah mengandung teknologi ester. Teknologi ester ini merupakan base oli tertinggi di kelas oli. 

2. Oli Gardan


Oli Gardan ini berbeda dengan oli mesin dan bahkan banyak yang jarang menggantinya. Fungsi oli Gardan ini adalah untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika oli Gardan ini tidak sering diganti maka akan merusak komponen dari gear. 

Penggantian Oli Gardan ini menggunakan rumus 2x penggantian oli mesin = 1x penggantian oli gardan. 


3. Busi 


Busi adalah suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran. Fungsi dari Busi ini adalah untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Penggantian besi juga merupakan hal yang wajib, api Busi yang sudah lemah akan membuat proses pembakaran mesin jadi tidak maksimal. Busi harus diganti pada saat kendaraan mencapai jarak tempuh 6000 km. 

Untuk lebih mudahnya bisa menggunakan rumus 2x ganti oli = 1x ganti busi.


4. Kampas Rem 


Kampas rem merupakan salah satu komponen pada rem cakram yang berfungsi untuk melakukan penekanan pada piring cakram sehingga mampu memberikan daya gesek untuk menghentikan putaran cakram. 

Kampas rem harus sering sering di Check karena merupakan item penting untuk mendukung pengereman motor. Kampas rem idealnya diganti saat kendaraan menempuh jarak 32000 km, namun tidak menuntut kemungkinan sebelum jarak tsb kampas rem harus sudah diganti. 

5. Filter Udara


Filter udara merupakan salah satu komponen motor yang berfungsi untuk menyaring udara dari partikel asing, debu dan kotoran. Filter Udara yang kotor akan menyebabkan aliran udara yang masuk ke mesin menjadi terbatas sehingga pembakaran menjadi tidak efisien. 

Selain itu filter udara yang kotor akan mengakibatkan performa motor menjadi berkurang dan tarian motor menjadi berat. 

6. Aki atau Accu 


Accu merupakan komponen untuk menyediakan daya listrik yang akan digunakan untuk menghidupkan motor. Aki juga merupakan sumber dari kelistrikan motor. 

Berbeda dengan komponen lain yang menggunakan patokan kilometer untuk menggantinya, aki motor biasanya memiliki tanda tanda tertentu sebelum diharuskan diganti. Beberapa tanda aki motor harus diganti :
  • Mesin sulit dihidupkan
  • Starter tidak menyala
  • Cahaya lampu meredup
  • Suara klakson mengecil
  • Tarikan motor menjadi lemah
Karena merupakan sumber kelistrikan pada motor mengganti aki motor harus dilakukan secara rutin. Aki motor biasanya akan diganti saat mencapai usia 2 tahun.

7. Pemeriksaan Ban


Pemeriksaan Ban juga merupakan hal yang penting untuk menunjang performa motor. pemeriksaan ban diperlukan untuk mengetahui ada atau tidaknya kondisi abnormal seperti retakan dan robekan. 

Adanya retakan dan robekan tentunya akan memperbesar kemungkinan pecah ban dikemudian hari


8. Tune UP Motor


TUNE UP motor merupakan rangkaian servis motor yang berfungsi untuk membuat performa mesin menjadi sedia kala. Tune UP merupakan proses keseluruhan mengecek performa motor.

TUNE UP biasanya fokus pada pemeriksaan tekanan ban, kondisi lampu, memeriksa karburator, memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson.

Tak jarang tune UP juga disertai dengan penggantian oli mesin, oli Gardan dan sparepart lain yang dibutuhkan untuk mengembalikan performa mesin menjadi sediakala. 

Bengkel Servis Motor Terbaik


Setelah mengetahui pentingnya Servis motor untuk performa motor yang maksimal mencari bengkel servis motor terbaik merupakan salah satu tahap berikutnya sebelum melakukan servis. 



Salah satu bengkel servis motor yang terbaik adalah Planet Ban. KENAPA ?? sesuai dengan moto nya yaitu Servis Motor Rasa Mesin Baru. 

Servis motor rasa mesin baru disebut juga dengan servis motor terpadu. Tujuan dari servis ini adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara cepat dan biaya lebih hemat. 

Fokus dari Servis motor terpadu ini ada pada bagian vital motor yang biasanya tidak tersentuh saat servis motor biasa. 

Kenapa sih harus servis motor di Planet Ban ??


  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga bisa meningkatkan performa motor dengan baik dan juga memproteksi mesin sehingga mesin menjadi lebih awet
  • Ganti oli cukup saat mencapai 5000 km saja (sekitar 4-6 bulan) sehingga lebih menghemat biaya
  • Jika dipadukan dengan sparepart asli maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama,mesin dingin dan Tarikan enteng.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dan Tempat Lain


Saat servis di tempat lain biasanya masih ada kotoran, debu dan sisa pembakaran di tempat tertentu di mesin. Bahkan tak jarang ditemukan kotoran dan debu DI CVT yang mengakibatkan Tarikan mesin menjadi berat. 




Jika melakukan servis di Planet Ban, seluruh bagian Part mesin akan dibersihkan seperti halnya motor baru. Karena itu Tarikan akan lebih enteng, emisi BBM turun 70% dan mesin menjadi bersih total.

Menutnnya emisi ini karena menggunakan oli matic yang bagus dan juga servis yang sempurna dari planet ban. 

Harga servis yang ditawarkan oleh planet ban juga sangat terjangkau. Untuk servis motor Injeksi hanya mengeluarkan dana 20rb, Servis CVT beserta rantai hanya 19rb, bahkan servis truthle body hanya 20rb.

Dengan harga yang murah dan pelayanan yang prima kamu wajib banget nih untuk servis motor di Planet Ban. 




Next Post Previous Post
5 Comments
  • Hanila PendarBintang
    Hanila PendarBintang September 29, 2023

    Semua kendaraan bermotor butuh service rutin ya.. Dan penting memilih partner service yang memberikan harga bersaing kualitas service ga kaleng kaleng

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh September 29, 2023

    Recommended ya bengkel Planet Ban.
    Ngomongin soal servis motor, aku punya pengalaman buruk dulu. Pertama kali punya motor, beli second. Buat latihan, bolak-balik jatuh dan motor rusak.Karena nggak punya bajet buat servis, didiemin aja tuh motor sampe bbrp bulan. Pas nyervis jadi makin bengkak ke mana-mana, banyak yg awalnya nggak rusak jadi rusak

  • Sera Wicaksono
    Sera Wicaksono September 29, 2023

    Bener banget, terutama ganti oli harus banget diperhatikan. Btw, urusan ban aku juga selalu di planet ban sih. Servisnya ok, free pompa kalo ban e kempes. Kebetulan kemarin juga sekalian ganti oli.

  • Yuni Handono
    Yuni Handono September 30, 2023

    Motor itu ibarat tubuh manusia ya yang butuh perhatian khusus, caranya dengan rutin servis supaya nyaman dikendarai....karena terlambat servis biayanya makin mahal.

  • Lambang
    Lambang October 14, 2023

    Motor itu memang harus rutin di servis, apalagi kalo servisnya di planet ban Uda pasti oke banget pelayanannya

Add Comment
comment url