Apa Itu Lifestyle dan Macam Lifestyle

Konten [Tampil]
 Apa Itu Lifestyle dan Macam Lifestyle - banyak yang menggunakan kata "Lifestyle" padahal tidak tau apa pengertian dari Lifestyle itu sendiri. Seperti halnya "Yang Saya Lakukan adalah Lifestyle" padahal tidak mengetahui dengan pasti apa yang dikatakan.

Apa itu lifestyle
Sumber freepix.com


Apa itu Lifestyle dan Macam Lifestyle

Pengertian Lifestyle

Menurut Psikolog Austria, Alfred Adler dan Ferdinand the Bull, Gaya hidup yang dalam bahasa inggris berarti lifestyle adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya.

Gaya hidup disini dapat dilihat dari cara berpakaian, kebiasaan dll. Gaya hidup juga bisa bernilai relatif tergantung penilaian orang lain. 

Menurut Kotler, 2002 Gaya Hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas minat dan opininya. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya

Menurut Asael, 1984, Gaya hidup secara umum diartikan sebagai kegiatan yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), minat dan opini. 

Sedangkan menurut KBBI 2008, Gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari hari segolongan manusia dalam masyarakat. Dari sisi ekonomi, gaya hidup adalah bagaimana orang menghabiskan uangnya dan mengalokasikan waktunya. 

Gaya hidup biasanya diukur pula dengan beberapa indikator diantaranya :

  • Kegiatan 
Yaitu apa yang dikerjakan, dibeli, dipakai dan dikerjakan. 
  • Minat 
Minat ini bisa berupa kesukaan, kegemaran dan prioritas hidup. Minat merupakan sesuatu yang dianggap menarik untuk meluangkan waktu dan mengeluarkan uang.
  • Opini 
Opini ini adalah pandangan dan pandangan dalam menanggapi isu isu lokal dan global. Opini ini menunjukan pendeskripsian terhadap sesuatu yang ia hadapi.

Macam Lifestyle

1. Functionalist

Merupakan jenis gaya hidup yang menghabiskan uang dengan hal hal yang Penting. Biasanya memiliki pendidikan rata rata dan pendapatan rata rata. Berusia kurang dari 55 tahun dan sudah memiliki anak

2. Nurtuers


Muda dan Berpendapatan rendah. Mereka berfokus pada membesarkan anak atau baru membangun keluarga. Pendidikan diatas rata rata. 

3. Aspirers 

Berfokus pada menikmati gaya hidup dengan membelanjakan uang diatas rata rata. Pendidikan tinggi, pekerja kantoran, menikah tanpa anak.

4. Experientials

Membelanjakan dengan jumlah yang tinggi untuk barang - barang untuk kesenangan. Pendidikan rata rata tapi pendapatan diatas rata rata.

5. Succesders

Rumah tangga yang mapan. Berusia setengah baya dan berpendidikan tinggi. Pendapatan tertinggi dari kelompok yang lain. Menghabiskan waktu pada pendidikan dan kemajuan diri.

6. Moral Majority

Pengeluaran yang besar untuk organisasi pendidikan, maupun masalah politik. Berada pada tahap empety ness.

7. The Golden Years 

Kebanyakan merupakan pensiunan tetapi memiliki oendapatan yang tinggi. Melakukan pengeluaran besar pada produk padat moral dan hiburan.

8. Sustainers

Kelompok orang dewasa dan tertua. Sudah pensiun dan tingkat pendapatan tinggi.

Sumber : 
Wikipedia.com
Sarjanaekonomi.com
Xerma.blogspot.com

Post a Comment

0 Comments