Pentingnya Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Konten [Tampil]
Pentingnya Menjaga Kebersihan saat Menstruasi - Kebersihan Organ Kewanitaan terkadang bukan menjadi konsen utama para wanita, karena organ kewanitaan tidak terlihat. Apalagi ketika menstruasi kebersihan organ intim wanita menjadi perhatian lebih, saat jumlah bakteri yang ada pada darah menstruasi sangat banyak dan tidak baik untuk organ kewanitaan kita.



Kenapa Perlu Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi ??


Saat menstruasi terjadi organ kewanitaan wanita akan mengeluarkan darah yang berasal dari luruhnya dinding rahim, menstruasi normalnya terjadi sebulan sekali pada wanita. Darah yang keluar dari organ intim wanita merupakan tempat bakteri berkembang. Sehingga kebersihan organ kewanitaan ketika menstruasi sangatlah penting bagi wanita agar terhindar dari penyakit yang nantinya bisa timbul pada organ kewanitaan wanita.

Berdasarkan data yang di paparkan oleh dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid pada Webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei kemarin, hanya 5 dari 10 anak perempuan tahu tentang apa yang harus dilakukan ketika mestruasi pertama terjadi. Dalam data itu pula, hanya 6 dari 10 anak yang bertanya kepada ibunya tentang apa itu menstruasi dan bagaimana cara merawat organ kewanitaan ketika menstruasi.

Sayangnya dari data yang didapatkan oleh dr. Dwi, Ibu sebagai orang yang paling dekat dengan anak apalagi anak perempuan terkadang malah tidak memberikan pengetahuan yang benar akan bagaimana menjaga kesehatan selama menstruasi.

Karena data diatas Perkumpulan Obsterti dan Ginekologi Indonesia, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia dan Mudipharma mengajak perempuan indonesia untuk mempraktikkan Manajemen Kebersihan Menstruasi.

Apa itu Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)


MKM merupakan suatu cara tentang bagaimana merawat organ kewanitaan ketika menstruasi dengan baik dan benar sehingga wanita terhindar dari resiko inveksi yang terjadi saat menstruasi. MKM ini seharusnya sudah diajarkan kepada anak perempuan sejak sebelum masuk masa menstruasi sehingga anak perempuan akan lebih siap ketika menstruasi ini datang.

Saat menstruasi jumlah bakteri buruk Pada organ kewanitaan akan meningakat dengan menerapkan MKM dengan baik maka organ kewanitaan akan selalu sehat dan terhindar dari inveksi maupun bakteri yang akan menimbulkan penyakit.

Bagaimana Manajemen Kebersihan Menstruasi Dilakukan 


Manajeman Kebersihan Menstruasi dapat dilakukan dengan melakukan langkah langkah berikut ini :

  • Membersihkan prgan kewanitaan dengan aor bersih mengalir serta dengan menggunakan cairan antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH 
  • menggunakan pembalut yang bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  • mengganti pembalut secara teratur setiap 4 jam sekali
sebenarnya kebersihan organ intim bukan hanya dilakukan ketika menstruasi saja namun harus setiap hari. Menurut Prof. Diana selaku Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obsterti dan Ginekologi Indonesia (POGI) menjaga organ kewanitaan setiap hari akan membuat organ kewanitaan kita jauh dari masalah kesehatan seperti, keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan hingga mencegah kangker serviks. 

Merawat organ kewanitaan ketika tidak menstruasi cukup mudah yaitu dengan membasuh organ kewanitaan dengan air mengalir setelah buang air besar maupun buang air kecil, Jangan pernah membersihkan organ kewanitaan dengan sabun karena akan merusak pH yang ada dalam organ kewanitaan tersebut.

Perilaku cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan organ kewanitaan juga menjadi salah satu kunci organ kewanitaan yang bersih dan sehat. 


Peran Ibu Dalam Menstruasi


Sepertihalnya data yang sudah dipaparkan diatas bahwa sedikit sekalia anak perempuan yang bertanya atau bahkan membicarakan soal menstruasi pertamanya dengan Ibunya sendiri. Anak perempuan cenderung takut, malu dan bingung jika ingin membicarakan soal menstruasi pertama dengan Ibunya. Bahkan banyak anak perempuan yang akhirnya mencari sendiri jawaban di internet maupun bertanya orang lain. 

Banyak Ibu yang menganggap bahwa membicarakan soal organ kewanitaan dan menstruasi adalah hal yang tabu sehingga enggan untuk membicarakan, padahal jika seorang Ibu mau meluangkan sedikit waktunya untuk membahas hal ini dengan putrinyamanfaat yang akan didapat sangatlah banyak, salah satunya tentunya kesehatan reproduksi dan kedekatan antara ibu dan putrinya akan semakin baik.

Beberapa Tips Yang Bisa para ibu terapkan jika ingin membicarakan masalah mesntruasi dengan anak : 

1. Ingat bahwa Ibu adalah sosok terdekat bagi putrinya untuk membahas tentang menstruasi
2. Bekali Ibu dengan ilmu tentang menstruasi sehingga diskusi dengan anak soal menstruasi akan berjalan baik
3. Lakukan pembicaraan menstruasi secara bertahap
4. lebih banyak bertanya dan mendengar, bukan menceramahi
5. Jelaskan secara kongkrit, dapat pula dilengkapi dengan gambar 

Melihat pentingnya edukasi tentang kebersihan organ kewanitaan ketika menstruasi, Mundipharma Indonesia berkomitmen untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat indonesia. Edukasi yang dilakukan Mudipharma ini bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan dan POGI.

Dalam kerjasamanya Mundipharma, Kementrian kesehatan dan POGI menyelengarakan program edukasi tentang kebersihan menstruasi serta membagikan buku saku "Sehat dan Bersih saat Menstruasi kepada lebih dar 1000000 wanita indonesia.

Selain itu Mundipharma juga bekerjasama dengan BETADINE Feminime Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak wanita indonesia mengetahui dan mengerti cara merawat dan membersihkan organ kewanitaan dengan baik. 

BETADINE Feminime Care sendiri memiliki rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas. Beberapa prosuk BETADINE Feminime Careantara lain, pembersih organ kewanitaan, pembersih antiseptik untuk organ kewanitaan, antiseptik kewanitaan hingga tissue basah. 




Post a Comment

0 Comments