Belajar SEO Gratis Bersama SEO Moms Community

Belajar SEO Gratis Bersama SEO Moms Community - Belajar SEO bagi  blogger merupakan hal yang wajib,dengan belajar SEO kemungkinan tulisan berada di page 1 google sangat tinggi. SEO Moms Community merupakan salah satu komunitas belajar SEO gratis yang dapat kalian ikuti jika ingin belajar seo pemula. 


Tentang Seo Moms Community

Seo Moms merupakan komunitas belajar seo online gratis yang dibentuk oleh "bang qbenk" seorang blogger asal kubu raya Kalimantan Barat. Seo Moms Community ini merupakan komunitas yang khusus untuk para ibu-ibu makanya bernama "Seo Moms".

Berdiri tanggal 25 Januari 2020, seo moms sudah lebih dari 1 tahun memberikan ilmunya kepada para moms blogger di seluruh Indonesia. 

Kenapa Hanya Untuk Moms ??

Seo Moms ni merupakan Komunitas yang dibentuk Bang  Q benk sebagai dedikasinya atas wafatnya ibunda tercinta yang wafat pada tahun 2019 lalu. Karena didedikasikan untuk ibunya bang qbenk mengkhususkan komunitas ini untuk para ibu yang tetap aktif dan ingin belajar walaupun itu hanya dari rumah.

Dalam perjalanannya Seo Moms yang awalnya hanya berfokus pada 1 grub sekarang dibagi berdasarkan wilayah para moms, hal ini dikarenakan antusiasme para moms yang begitu tinggi sehingga pembagian wilayah diharapkan akan memudahkan para moms untuk belajar.

Seo Moms Community dibagi menjadi 6 wilayah :

1. Seo Moms Yogyakarta, yang dikoordinatori oleh mba Wiwin Pratiwanggi

2. Seo Moms Jawa Timur, yang dikoordinatori oleh mba Rahma Chemist dan mba Dewi Adikara

3. Seo Moms Sumatra, yang dikoordinatori oleh mba Arda Sitepu

4. Seo Moms Sulawesi, yang dikoordinatori oleh mba Mugniar

5. Seo Moms Bali, yang dikoordinatori oleh mba Rizky Ananda

Apa Saja Yang Dipelajari Di Seo Moms Community


Ketika berdiri Seo Moms Comunity ini memang menarik bagi para moms blogger, selain karena belajar seo gratis materi yang disampaikan juga cukup ringan namun berbobot. Selain pada materi fleksibilitas waktu yang diberikan untuk belajar juga cukup nyaman, karena kita tahu sebagai seorang moms pekerjaan rumah pastilah menumpuk.

Berikut Beberapa Materi Yang Didapat di Seo Moms Community

  • On- Page Seo
On Page Seo adalah teknik pengoptimalan konten pada halaman blog yang bertujuan agar tulisan masuk halaman awal pada pencarian google. Pengoptimalan Seo on page merupakan hal yang perlu dilakukan oleh blogger karena jika tulisan dapat masuk halaman awal google maka otomatis page view (pengunjung) pada blog akan meningkat dan dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi Blogger tersebut.

Berikut Beberapa cara untuk mengoptimalkan seo on page yang diajarkan dalam kelas Seo Moms Community

1. Title Blog

Title Blog merupakan judul dari sebuah blog, untuk judul tentunya bebas sesuai dengan keinginan dari pemilik blog itu sendiri, namun untuk memudahkan dalam Seo Judul blog minimal memiliki 60 karakter (termasuk spasi) dan terdiri dari 2-3 kata.

2. Diskripsi Utama Blog

Diskripsi berisikan ulasan singkat tentang apa yang akan kita tulis dalam blog tersebut, ulasan tersebut maksimal 160 karakter, namun untuk pengguna blogspot ulasan yang dituliskan bisa lebih banyak yaitu 500 karakter. 

Yang paling penting dalam menuliskan deskripsi utama pada blog adalah menyisipkan keyword yang akan kita bidik dalam penulisan blog.

3. Deskripsi Penulusuran

Deskripsi penelusuran biasanya di isi berdasarkan keyword apa yang ingin di bidik dalam sebuah artikel. Berdasarkan Seo Deskrpsi penelusuran biasanya berisi keyword yang menjabarkan inti dari tulisan dalam konten tersebut. Selain itu deskripsi penelusuran biasanya berisi kalimat awal pada paragraf pertama dalam sebuah konten.

4. Desain dan Tata Letak Blog

Selain ini dari sebuah blog, tata letak dari blog itu sendiri merupakan sesuatu yang harus kita perhatikan. Yang perlu digaris bawahi ketika belajar di seo moms community, Blog harus ringan. Beberapa hal yang harus dihindari dalam tampilan sebuah blog diantaranya :

- Tidak ada Banner floating saat dibuka
- Tidak ada iklan diatas header '
- Jangan menempatkan banyak iklan di halaman home 
- Jangan ada video dalam side bar

menurut bang qbenk dalam materinya di Seo Moms Community, semua tema sebenarnya sama saja seo atau tidakya sebuah tema bergantung pada optimasi yang kita lakukan. Namun idealnya tema sebuah blog terdiri dari 2 kolom, kolom artikel di sebelah kiri dan kolom side bar di sebelah kanan.

5. Struktur Blog

Struktur blog merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena sejatinya google hanya membaca kode sehingga penempatan struktur blog yg baik akan berdampak pada tulisan.

Penempatan H1 H2 H3 haruslah benar sehingga apa yang ingin disampaikan pada tulisan akan tersampaikan dengan baik.

6. Penulisan Standar Seo

Tulisan standar SEO tidak boleh mengabaikan Kw, apa itu kw ?? 

Kw adalah kata kunci yang kita bidik dalam sebuah tulisan. Setelah kita menentukan kw yg ingin kita bidik kita juga harus menentukan kw turunan atau kata kunci turunan.

Cara mencari kata kunci turunan cukup mudah dengan menuliskannya di google dan kata yang related muncul merupakan kw turunan dari kata kunci kita. Kw turunan tersebut harus di sebar di artikel sehingga dapat membuat artikel lebih baik.

7. Related Link Konten

Link internal merupakan hal yang menguatkan sebuah blog. Karena dengan related link kita akan membuat pembaca lebih lama berada dalam blog kita dan itu berpengaruh baik untuk seo. 

  • Off Page Seo
Off page seo merupakan pengoptimalan halaman website melalui luar konten. Jika seo on page merupakan pengotimalan dengan memberikan perhatian langsung pada pada halaman yang kita tulis, seo off page merupakan pengotimalan diluar itu yaitu dengan link building, inbound link, backlink maupun share ke sosial media.

Menurut bang qbenk link building merupakan salah satu hal yang penting untuk sebuah blog ''Konten is King, namun Link Building is Queen" sehingga kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi satu dan lainnya.

  • Practice

Hal ketiga yang dipelajari jika bergabung ke Seo Moms Community adalah Praktek penerapan Seo. Belajar tanpa praktek tentunya tidak akan beguna karena kemungkinan materi yang kita serap akan menguap.

Berbeda dengan komunitas lain, Praktek penerapan seo dari Seo Moms Community langsung kepada penerapan dalam lomba. Sehingga kita dapat langsung melihat apakah penerapan yang kita lakukan itu baik atau tidak dengan bonus akan menang lomba jika melakukan penerapan seo on page dan off page dengan baik.


Seo Moms merupakan komunitas belajar seo online yang sejauh ini paling mengerti para moms. Dari segi penyampaian materi, sesi tanya jawab serta tugas yang diberikan sangat fleksibel dengan para moms yang sebagian waktunya dihabiskan untuk pekerjaan rumah. 

Walapun sangat fleksibel Seo Moms Community menawarkan materi yang cukup keren, membuka wawasan bahwa blog bukan hanya tentang DA/PA namun juga harus dapat masuk ke page one google agar blog kita lebih banyak pengunjung. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url