Manfaat Asuransi Kecelakaan yang Perlu Kamu Tahu

Konten [Tampil]

 

Tentunya tidak ada satu pun orang di dunia ini yang menginginkan terjadinya peristiwa kecelakaan. Namun, mengetahui risiko yang mungkin dihadapi oleh diri merupakan hukum yang wajib. Dengan itu, kamu jadi bisa melakukan hal-hal antisipatif untuk melindungi dirimu dari risiko yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Sebenarnya apa sih manfaat asuransi kecelakaan? Apakah kamu membutuhkannya? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

asuransi kecelakaan


Perbedaan Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Lainnya

Untuk memproteksi diri dan keluarga, kamu akan membutuhkan asuransi kesehatan dan jiwa, khususnya jika kamu adalah sosok yang menopang nafkah keluarga. Namun, selain itu kamu mungkin belum sadar kalau perlindungan secara spesifik juga dibutuhkan, seperti asuransi kecelakaan. Mengapa?

Pertama-tama kamu perlu mengidentifikasi risiko yang ada pada profesi yang kamu jalankan. Jika kamu memiliki kerawanan terhadap risiko kecelakaan yang disebabkan oleh mobilitas tinggi, pekerjaan lapangan, atau terlibat dalam industri manufaktur, kamu akan sangat membutuhkan asuransi kecelakaan diri. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat menjalankan aktivitas dengan leluasa dan mengurangi kekhawatiran atas risiko yang kemungkinan terjadi.

Asuransi jiwa dimaksudkan sebagai proteksi dari risiko kematian, sedang BPJS Kesehatan memiliki fokus perlindungan untuk risiko sakit yang bukan karena kecelakaan. Maka dari itu, sudah sewajarnya kamu memiliki perlindungan asuransi kecelakaan diri yang mumpuni, karena seringnya BPJS Ketenagakerjaan pun tidak mencukupi biaya risiko kecelakaan walau di dalamnya mencakup manfaat kecelakaan kerja.

Berbeda dengan tipe asuransi lainnya, asuransi kecelakaan ini memang didesain khusus untuk melindungi pemilik polis dari risiko kecelakaan yang terkait dengan pekerjaan. Dari yang mengakibatkan kematian atau kebutuhan rawat saja. Sebagai contoh, asuransi kecelakaan dapat menanggung risiko yang kiranya kamu alami jika kamu mengalami kecelakaan saat sedang dinas atau di perjalanan menuju kantor. Pertanggungan ini dapat menekan biaya finansial yang harus ditanggung semisal peristiwa terjadi.

Di dalam undang-undang negara, memang sudah disebutkan kalau keselamatan pekerja merupakan kewajiban pembuka lapangan pekerjaan juga pemerintah, namun bertindak mandiri dengan menyiapkan perlindungan secara mandiri pun tak ada salahnya. Sebab, pada kenyataannya jika terlalu mengandalkan tempat kerja dan pemerintah, bisa jadi manfaat yang kita benar-benar butuh tidak ter-cover secara utuh. Demi memahami pentingnya asuransi kecelakaan lebih menyeluruh, simak juga keuntungan dari kepemilikan asuransi jenis ini dalam penjelasan berikut.

Keuntungan dan Manfaat Asuransi Kecelakaan 

manfaat asuransi kecelakaan


Karena produk asuransi ini spesifik ditujukan untuk para pekerja, maka terdapat banyak keuntungan dan manfaat spesifik yang mungkin saja tidak kamu dapatkan dari produk asuransi selain ini. Mungkin sempat terlintas bahwa asuransi jenis ini tidak terlalu dibutuhkan jika sudah memiliki asuransi dari kantor atau BPJS, tapi ada baiknya kamu pikirkan kembali dulu. Berikut adalah ragam manfaatnya.

  1. Meringankan biaya saat memerlukan pengobatan
  2. Jaminan rasa aman bagi keluarga
  3. Dapat dijadikan jaminan hari tua
  4. Menyokong produktivitas dengan berkurangnya kekhawatiran

Selain keempat manfaat di atas, pemberian santunan pada peserta asuransi kecelakaan juga memiliki persentase-persentase yang lebih detail untuk setiap kerusakan yang kiranya bisa dialami. Mulai dari kerusakan pada jari, lengan, dan organ lainnya, manfaat dan tanggungan memiliki perhitungannya masing-masing dalam pemberian pertanggungan.


Lebih dari itu, kita perlu menyadari seberapa riskannya diri kita dihadapkan dengan kemungkinan dalam menjalankan profesi. Kadang hal-hal seperti ini memang sering luput, namun ternyata sangat krusial. Sebagai bagian dari manfaatnya, asuransi kecelakaan bahkan dapat memberikan pertanggungan berikut, yaitu:

  1. Penjaminan risiko kematian atau cacat tetap yang disebabkan oleh kecelakaan
  2. Penjaminan risiko terhadap keracunan karena menghirup gas atau uap beracun, terkena virus atau kuman penyakit, dan mati lemas atau tenggelam saat bekerja
  3. Penjaminan risiko komplikasi juga pertambahan penyakit akibat kecelakaan kerja

 

Itu dia ragam keuntungan dan manfaat asuransi kecelakaan. Peristiwa seperti ini adalah hal yang lumrah terjadi dan tidak mungkin bisa kita prediksi. Karena kemungkinan terjadinya risiko akan selalu ada, maka kamu memang perlu memiliki asuransi jenis ini. Khususnya jika mobilitasmu tinggi dan kamu adalah orang yang menopang biaya kehidupan diri dan anggota keluarga.


Post a Comment

0 Comments