Ini Purging Atau Breakout ?? pertanyaan inilah yang terkadang terlintas di benak kita ketika timbul jerawat atau bruntusan ketika kita mencoba produk skincare terbaru. Kebanyakan dari wanita memang susah membedakan antara Purging dan Breakout karena memang gejala yang timbul hampir sama.


Pengertian Purging

Purging adalah kondisi dimana jerawat atau bruntusan timbul di wajah secara tiba tiba setelah memakai skincare baru akibat adanya regenerasi kulit.

Purging biasanya terjadi pada area wajah yang pernah ditumbuhi jerawat sebelumnya.

Biasanya purging terjadi ketika memakai produk skincare dengan kandungan hydroxy acid seperti salicylic acid, vitamin C, benzoyl peroxide, retinoid. Selain itu purging dapat terjadi jika memakai produk ekfoliasi seperti scrub Dan enzime eksfoliant. 

Purging terjadi selama 21 - 28 Hari Dan setelah purging terjadi kulit akan menjadi lebih sehat. 

Pengertian Breakout

Breakout adalah kondisi dimana ditandai dengan jerawat meradang pada kulit wajah. Jerawat breakout biasanya tumbuh pada bagian wajah yang tidak pernah mengalami masalah, jumlah jerawat yang timbul juga cukup banyak dengan ukuran besar Dan semakin bertambah seeing dengan waktu.

Breakout terjadi akibat ketidak cocokan kandungan ingredients skincare dengan wajah Kita. Ketidakcocokan ingredients pada satu orang dengan orang lain tidak lah Sama, sehingga tidak dapat diprediksi ingredients apa yang dapat menyebabkan breakout pada wajah.

Breakout akan terjadi terus menerus sampai penggunaan skincare dihentikan.




Cara mengatasi purging 

Sebenarnya terjadinya purging tidak perlu membuat Kita khawatir Karena akan membaik dengan sendirinya. 

Namun agar tidak terjadi purging yang terlalu parah Ada baiknya kalian mencoba skincare baru satu persatu, misalkan Hanya menggunakan toner saja sedangkan skincare yg lain masih menggunakan produk lama.

Dengan Cara tersebut maka akan mendeteksi lebih mudah apakah skincare baru tersebut cocok atau tidak Di kulit Kita. 

Cara mengatasi breakout

Ketika breakout terjadi langsung hentikan pemakaian skincare Dan catat ingredients dari produk baru yang kalian coba, sehingga kalian akan Tau kandungan apa yang tidak cocok dengan kulit Kita.

Ketika kalian mengalami breakout sebaiknya hentikan seluruh pemakaian skincare kecuali sabun pembersih Dan sunscreen untuk sementara sampai kondisi wajah membaik. 

Lakukan detoksifikasi kulit dengan memakai masker untuk menenangkan kulit yang breakout. 

Ada baiknya jika kalian ingin mencoba skincare baru bacalah dulu ingredients yang Ada dalam produk Dan sebaiknya belilah dalam ukuran kecil (trial size) agar tidak boros.

Beberapa kandungan Skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan :

- AHA + Vitamin C 
- BHA + Benzoyl peroxide
- Retinol + Salicylic acid
- Retinol + AHA/BHA
- Retinol + Benzoyl peroxide
- Retin A + Scrub Exfoliant
- Vitamin C + Niacinamide
- Retinol + Vitamin C
- Glycolic acid + Salicylic acid
- Oil Based + Water Based
- Niaciamide + AHA 

Kesimpulan Perbedaan Breakout Dan Purging

Purging 
- terjadi pada area yang biasanya di.tumbuhi jerawat
- terjadi akibat kandungan yg meregenerasi kulit seperti vitamin C, benzoyl peroxide, retinoid, atau produk eksfoliasi
- purging terjadi selama 21 - 28 Hari Dan setelah itu kulit akan lebih sehat

Breakout
- terjadi pada area yang tidak pernah ditumbuhi jerawat
- jerawat yang muncul cukup banyak Dan berukuran besar
- terjadi akibat tidak cocok dengan kandungan kosmetik yang dipakai
- tidak akan sembuh kecuali dengan menghentikan pemakaian kosmetik tersebut

Dengan memahami apa itu purging Dan breakout diharapkan para wanita lebih berhati Hari ketika mencoba produk kosmetik baru.

Saat membeli.produk baru perhatiakan ingredients pada produk kosmetik tersebut Dan pastikan produk baru yang akan Kita pakai tidak akan menimbulkan reaksi jika Di gabungkan dengan skincare yang biasanya Kita pakai.

Jangan lupa selalu carat apa yang cocok Di kulit Kita Dan apa yang tidak cocok agar Kita tidaksalah dalam membeli kosmetik. 












16 Comments

  1. Mpo tidak ngerti jerawat mpo itu apa, purging atau breakout karena dari SMP serious aja, di tulang pipi, kecil-kecil jerawat nya

    ReplyDelete
  2. Aku ini lama banget muka nerah2 gatel gegara pakai suncreen pdhal dulu pakai apa saja mukaku aman2 aja, udah kedokter kulit dikasih cream sembuh, tp kambuh lg padahal aku ngga pake sunscreen itu lg

    ReplyDelete
  3. Dulu aku sempet pikir purging dan breakout sama, tp dijelasin Ama salah satu beauty counsellor bahwa itu berbeda.

    Aku rutin pake skincare sejak zaman sekolah. Dulu mama yg mutusin skincare yg aman untuk seusiaku. Dan dia selalu perhatiin ingredients nya. Dari situ aku juga belajar untuk tau mana yg cocok , mana yg ga buat kulitku. Kayak AHA, bha dan hyaluronic acid itu aku ga cocok mba. Pasti dijamin selalu breakout dan itu balik ke normal LG lama banget. Makanya kalo skincare yg ada kandungan itu, aku lgs skip. Padahal di kulit temen yg cocok Ama AHA, hasilnya bisa kinclong ya. :). Sayangnya di aku ga. Ribet memang kalo kulit udh sensi banget . Bahan2 yg bisa bikin fungal acne ketrigger, aku jg lgs breakout.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu istilahnya nih. Makasih infonya. Kalau aku mudah2an gak pernah mengalaminya keduanya. Karena jarang banget gonta ganti skincare.

    ReplyDelete
  5. Wah, ini menarik. Noted deh. Saya biasanya gak begitu perhatian dengan bahan skinscare asal halal aja. Ternyata, kita mesti memperhatikan kandungan skincare agar tidak bikin masalah.

    ReplyDelete
  6. setuju banget, kita pribadi harus selalu tau apa yang cocok dan tidak di wajah kita. supaya tidak salah membeli dan memilih skin care dan make up :)

    ReplyDelete
  7. Memperhatikan kandungan skincare yang kita beli atau pakai memang sangat penting ya. Selain meyakinkan memiliki kandungan halal atau tidak, juga biar kita bisa mencegah purging dan breakout ini ya

    ReplyDelete
  8. Kalau berhenti pakai produk skincare kemudian jerawatan itu termasuk purging ngga sih Mba? Aku malah kalau berhenti pakai timbul jerawat. Sedih deh jadi kayak ketergantungan gitu jadinya

    ReplyDelete
  9. Aih kalau ada breakout ini beneran bikin ngak nyaman ya mba. Dan apalagi kalau muncul jerawat

    ReplyDelete
  10. Kulitku termasuk yang sensitif nih jadi kadang kalau nyobain skincare baru gitu suka rewel dan pernah pemakaian beberapa hari breakout. Ini langsung sedih lihat wajah breakout gitu, akhirnya aku berhentikan pemakaian skincarenya.

    ReplyDelete
  11. Daku sempet itu breakout karena pemakaian skin care mengandung AHA dan Vitamin c digunakan bersamaan. Akhirnya, daku pilih salah satu aja dan alhamdulillah udah membaik

    ReplyDelete
  12. Baru tahu dua istilah ini..
    Infonya sangat menarik dan bermanfaat mbak, terima kasih

    ReplyDelete
  13. Berarti memang harus detail banget ya mba kita memperhatikan ingredient suatu produk skincare. Untuk menghindari breakout ini.. oke well noted mba. Trims sharingnya

    ReplyDelete
  14. Nuhun..
    Pencerahan banget. Karena baru-baru ini muncul jerawat di area bawah bibir. Biasanya aku selalu baik-baik aja meski mau mens.

    Oh iya, break-out ini bisa ditandai dengan kulit terkelupas terus-terusan gitu juga gak?
    **kulit jadi super duper tandus.

    ReplyDelete
  15. Aku sering mendnegar istilah breakout tapi baru kali ini denger istilah purguing hehe bedanya keduanya. Intinya hrus hati hati kalo mau ganti brand skinker

    ReplyDelete
  16. kadang suka bingung ya membedakan purging sama breakout. aku sendiri kayaknya pernah breakout setelah facial di salah satu salon beberapa tahun lalu. makanya sampai sekarang suka parno kalau mau facial di salon

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^