Beauty

Beauty

Lifestyle

Lifestyle

Other

Other

Resep Nastar Original Dan Cara Membuatnya

by - June 16, 2019

Nastar merupakan salah satu jenis kue kering yang bahan dasarnya terdiri dari tepung terigu, margarine, telur, dan selai buah nanas. Istilah kue nastar itu sendiri berasal dari bahasa Belanda, yakni Ananas dan Taart. Pada umumnya, kue nastar ini memiliki bentuk bulat dengan diameter sekitar 2 cm.

Selain itu, bagian atasnya juga akan diberi toping yang berupa potongan kismis, cengkeh, atau parutan keju cheedar. Seiring dengan berjalannya waktu, kini kue nastar tidak hanya berisikan selai nanas saja.
Ya, kue nastar modern diisi dengen berbagai jenis selai buah lainnya seperti strowberi, blueberi, dan lain sebagainya.
Seperti yang sudah kita ketahui, kue nastar ini kerap dihidangkan saat ada hari-hari besar seperti Idul Fitri (lebaran), natal, tahun baru, dan lain sebagainya.
Kue nastar ini kerap kita jumpai di toko-toko kue, yang dikemas kedalam toples plastic berbentuk bulat dengan berbagai varian rasa dan topping. Mengingat rasanya yang manis serta teksturnya yang renyah berpadu lembut, maka tak heran juga jika kue yang satu ini sangat digemari oleh semua kalangan.
Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya megenai resep kue nastar original beserta cara membuatnya. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Resep Nastar Original 

Bahan-bahan Utama :
  • 150 g margarine (merk apa saja)
  • 100 g butter
  • 450 gram (disarankan menggunakan segitiga biru)
  • 50 g susu bubuk
  •  1 sdt garam
  •  100 g gula pasir halus
  •  2 butir telur (putih telurnya saja)
  •  1 sdm tepung maizena

Bahan-bahan Selai :
  •  2 buah nanas
  • 150 g gula pasir
  •  3 butir cengkeh
  •  2 potong kayu manis
  •  ½ sdt garam

Bahan Olesan :
  • Kuning telur
  •  1 sdm susu kental manis putih

Cara Membuat :
* Siapkan wadah lalu masukkan margarine, butter, dan gula halus, lalu aduk dengan menggunakan wiskh hingga warnanya menjadi putih. Selanjutnya masukkan telur, aduk kembali hingga rata, kemudian masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan maizena dan susu, sambil diayak dan diaduk-aduk lagi.
* Untuk membuat selai nanasnya, kupas buah nanas dan bersihkan, kemudian parut sampai lembut. Jika sudah diparut, masukkan nanas tersebut kedalam wajan, masak sampai kadar airnya menyusut, kemudian masukan kayu manis dan cengkeh kedalamnya.
* Jika sudah agak menyusut, silahkan masukkan gula pasir sambil di aduk-aduk terus, kemudian beri sedikit garam dan tunggu hingga kering. Dalam hal ini, anda harus terus mengaduk-aduk adonan selai nanasnya agar tidak gosong!
* Jika selai nanasnya sudah matang, matikan api kompornya dan tunggu hingga dingin.
* Ambil sedikit adonan, taruh pada telapak tangan, gepengkan, isi dengan selai nanas di bagian tengahnya, lalu bulatkan. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga adonannya habis.
* Panaskan oven , olesi loyangnya dengan menggunakan margarine, kemudian masukkan adonan selama 15 menit. Keluarkan adonan sebentar sambil diolesi dengan campuran kuning telur dengan susu,  lalu panggang lagi kedalam oven sampai matang. Setelah matang, olesi bagian atasnya dengan coklat leleh, dan tunggu beberapa saat hingga coklatnya mengeras.
Itulah resep nastar original beserta cara membuatnya, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mencobanya di rumah!


You May Also Like

17 Comments

  1. Paling favorit deh lebaran kue nastar begini apalagi toping keju...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, dapat resep nastar. Kalau saya, paling suka nastar yang dikasi cengkeh di atasnya. Rasa nastar jadi wangi cengkeh.

    ReplyDelete
  3. mbak, ini kue kering favoritku..satu toples bisa habis sendirian ((kemaruk)) hehehe...kombinasi manis dan kecut nanas tuh enak banget

    ReplyDelete
  4. Waah, baru tahu kalau atasnya dioles coklat leleh, selama ini tahunya dioles kuning telur aja terus dikasih cengkeh atau keju parut :)
    Tapi koq di bahannya gak ada dituliskan coklat leleh ya? Adanya SKM :)

    ReplyDelete
  5. penampakan nastarny bikin menelan ludah mb xD. terlihat cantikk dan enak bgt. susu bubukny tdk bs dignti susu cair kah mb? kbtulan sulit sekali menemukan susu bubuk di tmpat sy T_T terima kasih mb ^^

    ReplyDelete
  6. Di keluargaku, kue ini wajib ada pas lebaran. Dan bapak biasanya pengen yang homemade, alias bikinan sendiri. Jadinya tiap tahun bikin sendiri deh...

    ReplyDelete
  7. Ahhh jadi kangen kampung halaman lagi, kangen nastarnya ibu yg adanya cuma pas lebaran doang, adudu

    ReplyDelete
  8. Yummy, favorit saya setelah kue kastangel. Hehe 😄

    ReplyDelete
  9. Aku kemarin pas bikin nastar nanas, selai nanasnya kelupaan pakai cengkeh euy. Huhuhu, kurang mantep jadinya.

    ReplyDelete
  10. Nastar dan kastangel tu dua kue kering favorit saya. Kadang suguhan ini yang menghabiskan bukan tamu tetapi keluarga.. Hihi... Untuk membuatnya sendiri sebenarnya pengen, tapi kok kurang telaten... Hihi.

    ReplyDelete
  11. paling susah dari bikin nastar adalah bikin selai nanasnya. masyaa Allah, harus diaduk beeerkali-kali biar nggak gosong, terus lama biar kering sempurna, kalau nggak gitu cepet basi.

    dan biasanya sih nyerah duluan sebelum mulai bikin. wkwkwk... pilih kue lain aja deh, nastar maunya yang tinggal hap aja. wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Foto nastarnya glowing banget ngalah-ngalahin wajah saya, Mbak..bikin ngiler. Dulu, waktu kecil, ibu selalu bikin nastar sendiri. Sekarang, ketika semua anaknya pindah dan berumah tangga, lebih simpel beli jadi gitu...jadi kangen zaman dulu..Terima kasih resepnya, Mbak..semoga bisa bikin buat anak-anak kalau udah longgar..

    ReplyDelete
  13. Butter saya biasa pake wijsman. Wangii..
    Tahun ini saya gak buat nastar. Hanya buat semprit dan oatmeal choco, karena itu yang banyak dipesan. Makasiy mba

    ReplyDelete
  14. Kue Nastar identik dengan kue lebaran. Aq suka tuh, wahhh ada resepnya juga. Mksh ya mb...cb resep dari mba ahh...

    ReplyDelete
  15. Syuka banget tapi nggak telaten mbuletinnya duh ijin simpen ya

    ReplyDelete
  16. Aku ora mbok turahi pas muleh Boyolali ndek wingi. Sesuk yen muleh BOYOLALI aku kudu mbok masakke cemilan lho haha

    ReplyDelete
  17. wah terimakasih resepnya mak :D

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^