Doa Dan Harapan

Akhirnya kita tiba pada penghujung Ramadhan 2019 ini, dan tak terasa juga akhirnya ke 30 tulisan di blog ini untuk #30HariKebaikanBPN juga telah selesai.

Doa dan Harapan menjelang Idul Fitri merupakan hal yang akan sering kita dengar, namun terkadang banyak yang masih salah dalam menuliskan atau melafalkannya.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang tepat, lengkap dengan arti dan jawabannya, bukan Minal Aidin Wal Faidzin, Taqabbalallahu minna wa minkum merupakan doa ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang benar.




Minal Aidin Wal Faidzin seringkali diberikan sebagai doa ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, padahal ucapan tersebut kurang tepat.

Salah satu doa yang biasa diucapkan saat kita mengucapkan selamat idul fitri kepada orang lain adalah Taqabbalallahu minna wa minkum dan ada yang menjawabnya dengan minna waminkum taqabbal ya kariim.

Doa ini memiliki arti dan harapan agar amal ibadah kita bisa diterima oleh Allah SWT.

• Bukan Minal Aidin Wal Faidzin, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ucapan Hari Raya Idul Fitri yang Benar

Mengucapkan selamat idul fitri dan kemudian membaca doa di atas merupakan tradisi yang dicontohkan oleh sahabat Nabi.

Seperti yang tertuang di dalam kita Fathul Bari Juz II Halaman 446 sebagai berikut:
فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك
Ibnu Hajar Al Asqalani (pengarang kitab Fathul Bari) berkata, “Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: “Taqabbalallahu minnaa wa minka".

Jadi, hal tersebut merupakan kebiasaan baik, mendoakan sesama muslim. Doa sendiri adalah ibadah dan hal yang disukai oleh Allah.

• Keutamaan Takbir di Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Ini Waktu yang Tepat untuk Bertakbir

Adapun jika ingin mengucapkan selamat idul fitri menggunakan doa dalam bahasa Arab, berikut ini beberapa teks lafadznya, dikutip TribunStyle.com dari jumanto.com, Selasa (4/6/2019).

1. Taqabbalallahu minna wa minkum arab pendek

Versi yang pertama adalah yang paling mudah untuk diucapkan karena pendek dan sudah familiar kita dengar saat lebaran atau saat ada orang membaca doa tahlilan.

Berikut ini tulisan taqabbalallahu minna waminkum dalam bahasa arab:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

Arti dari taqabbalallahu minna waminkum: "mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian".

Karena diucapkan selepas Ramadhan, tentu saja maksudnya berharap agar amal ibadah kita dan orang yang kita ajak bicara selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah.

2. Versi doa selamat idul fitri yang agak panjang

Untuk versi yang agak panjang, ada juga yang menambahkan dengan mengucapkan doa lengkap berikut: taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.

artinya kurang lebih: "mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia".

3. Versi ucapan selamat idul fitri yang panjang

Ada juga yang menggunakan lafadz doa lebih panjang lagi yaitu:
taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

Atau versi yang paling panjang sebagai berikut:

Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Artinya kurang lebih “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Diatas nerupakan ucapan Idul Fitri yang ditepat untuk di ucapkan,

Untuk Semua Pembaca Setia Blogku Saya Sebagai Author Blog Mengucapkan

taqabbalallahu minna waminkum


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url