Beauty

Beauty

Lifestyle

Lifestyle

Other

Other

Resep Soto Ayam Ala Cuapmakmak

by - May 09, 2019

Memasuki hari keempat puasa terkadang kita bingung untuk menentukan mau masak apa. Karena memang kalo bulan puasa masaknya agak beda. Kenapa harus beda ? karena setelah seharian kita menahan lapar dan haus tentunya tubuh kita akan lelah dan membuat makanan yang kaya akan gizi akan menjadi penawarnya.

Aku berasal dari boyolali yang terkenal salah satu makananya yaitu “Soto Sapi”. Salah satu warung soto yang sangat terkenal di Boyolali adalah soto mbok giyem yang sekarang berubah menjadi Soto Hj. Fatimah.

karena teringat hal itulah aku kepikiran untuk membuat soto Ayam untuk buka puasa, pada puasa hari keempat.

soto ayam


Berikut adalah Resep Soto Ayam Ala Cuapmakmak

Bahan Yang Harus Disiapkan :

  • Ayam ½ kg
  • Kol (bisa di skip bila ada yang tidak suka)
  • Tauge secukupnya, bersihkan dan rebus hingga matang
  • Tomat 2 Buah
  • Soun secukupnya
  • Telur Ayam, rebus hingga matang
  • Air 2 L
  • Bawang Goreng
  • Daun Jeruk 2 lembar
  • Serai 1 batang, geprek
  • Daun Salam 2 lembar
  • Daun Bawang 1 batang, iris
  • Lengkuas 1 ruas
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kemiri 3 buah
  • Bawang merah 3 buah
  • Bawang Putih 2 siung
  • Bawang putih 1 siung, iris tipis
  • Merica
  • Garam
  • Jeruk nipis 1 buah, bagi menjadi 8 bagian

Cara Membuat :

1. Haluskan kemiri, bawang merah dan bawang putih. Lalu tambahkan merica dan garam.

2. Siapkan penggorengan, masukan minyak dan tunggu sampai panas. Masukan bumbu yang sudah di haluskan + bawang putih yang diiris. Tumis hingga harum.

3. Kemudian panaskan air. Rebus hingga mendidih setelah itu masukkan ayam dan rebus sampai ayam sampai setengah matang.

4. Masukan bumbu yang sudah di tumis ke dalam air yang berisi ayam. Rebus hingga mendidih dan ayamnya matang.

5. Masukkan garam dan merica sesuai dengan selera anda dan cicipi kuahnya

6. Keluarkan ayam dari kuahnya, pisahkan daging dengan tulangnya, dan masukan kemabali tulang ayam ke dalam kuah.

7. Masukkan daun bawang yang sudah diiris ke dalam kuah

8. Kemudian rebus sebentar dan sisihkan

9. Ayam yang sudah dipisahkan dengan tulang kemudian disuir, setelah itu goreng ayam

10. Siapkan mangkuk dan kemudian sajikan soto ayam bersama bihun, kol dan tauge.


Cukup mudah bukan membuatnya, tidak memerlukan waktu lama dan sangat bergizi untuk menjadi makanan berbuka keluarga.


You May Also Like

8 Comments

  1. Wah aku mau coba praktekin weekend ini, enak sekali ini pasti rasanyw

    ReplyDelete
  2. Sef, soto mbok giyem sama haji Fatimah itu beda setahu aku. Mereka keduanya masih sama-sama eksis. Rasanya sama enaknya sih semua 😘

    ReplyDelete
  3. Wahhh informatif bgt artikelnya kak, auto bikin nih bsk kayaknya gak susah bikinnya nih heheh

    ReplyDelete
  4. Aseeekk aku catat ya mbak seft resepnya, semoga aku bisa bikinnya hehehehe

    ReplyDelete
  5. Seger banget nih menunya, pengen buat juga jadinya, cocok untuk lauk makan saat buka puasa nanti.

    ReplyDelete
  6. Wah aku ngiler banget nih mak! Buat buka puasa paling enak yg segar2 seperti soto ya.. Jadi mau makan soto ayam

    ReplyDelete
  7. dari kemarin pengen soto, plis masakin aku dong mba hihi

    ReplyDelete
  8. Boleh dicoba untuk buka puasa besok

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^