Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram Secara Cepat


engagement rate instagram adalah

Cara Menaikan Engagement Rate Instagram - Media sosial bukan lagi hal baru pada kehidupan kita. Dari data penduduk Indonesia pada Januari tahun 2019 sebanyak 256 milyar, 132,7 milyar merupakan pengguna internet, 130 milyar merupakan pengguna media sosial aktif, dan 120 milyar yang aktif menggunakan media sosial melalu handphone. Data diatas dapat dimaklumi karena memang kehidupan kita sekarang tidak terlepas dari penggunaan internet dan media sosial setiap harinya.

engagement rate instagram formula

Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram


Setiap media sosial yang di punyai oleh seseorang tentunya tidak lepas dari aturan yang mengatur media sosial tersebut. Media sosial tersebut pastinya mempunyai batasan tentang bagaimana media sosial itu dapat dipergunakan. Instagram yang merupakan media sosial popular setelah facebook dan youtube juga memiliki beberapa aturan terkait dengan penggunaannya.

Kenapa Engagement Instagram Menurun ?


Dari tahun 2018 kemarin ada beberapa aturan Instagram yang diubah, hal ini berkaitan dengan shadow banning. Shadow banning adalah pemberian sanksi pada akun bot, pembeli followers, sering menggunakan hastag berulang dan dan memakai hastag yang dilarang oleh Instagram. Tentunya hal ini berpengaruh pada engagement rate kita yang akan stagnan atau bahkan menurun.

ER IG yang bagus menjadi peer bagi mereka yang menggunakan IG sebagai ladang untuk mencari uang. Engagement Rate yang bagus sering kali menjadi patokan diterima tidaknya kita dalam suatu campaign. 

Tips Engagement Instagram Turun Naik kembali

Hanya 10% Followers kita yang akan melihat New Post kita


engagement rate instagram average


Akhir- akhir ini jarang melihat posting dari beberapa fowollers yang kita ikuti ? atau jumlah like postingan kamu menurun ? Jangan kaget hal hal tersebut terjadi karena Instagram mengubah alogaritmanya.

Hanya 10% dari followers kita yang akan melihat post terbaru kita dan mungkin 90% lainnya tidak akan melihat. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana seluruh followers dapat melihat new post kita, pembatasan penayangan ini bertujuan untuk mengurangi gambar yang inrelevant atau yang tidak disukai oleh followers.

Karena hal inilah terkadang post yang kita lihat di akun Instagram hanya dari akun yang itu itu saja , karena memang untuk post yang tidak kita like atau tidak komentari new postnya tidak akan muncul di timeline kita.

Sebab itu 1 jam setelah new post kalian di posting adalah waktu krusial bagi konten kalian, jika pada rentang waktu 1 jam tersebut terdapat interaksi yang baik terhadap konten kalian seperti, like, share, komen maka Instagram akan menyebarkan new post tersebut ke 90%  sisa followers kalian.

Ribet ? Jelas.. karena memang tujuan Instagram memakai alogaritma ini agar kalian beli ads nya.

Tips dari aku  : postinglah di “best time” dimana banyak dari followers kamu yang online sehingga engagement rate instagram yang bagus akan kalian dapat.  Bagaimana cara mengetahuninya ? pakai aja Minter. Minter ini semacam google analitic untuk Instagram. Selain itu pakailah caption yang “mengundang" inteaksi dengan followers kalian, seperti adanya pertanyaan, membuat kuis atau giveaway.

Timeline Tidak Lagi Berdasarkan Waktu Post


Sering liat posting followers kalian di Instagram ternyata postingan kemarin ? atau postingan beberapa jam yang lalu ? Jangan kaget,karena memang Instagram menampilkan post pada timeline bukan berdasarkan waktu post tapi berdasarkan “kedekatan” kalian dengan akun tersebut.

Kedekatan disini maksudnya adalah interaksi antara kita dengan akun tersebut, misalnya dengan like, coment, share, DM, membuka profil akun, sampe berapa waktu yang kita habiskan untuk mantengin akun tersebut, yang akan mempengaruhi kedekatan kita. Jadi intinya Instagram tidak akan menampilkan post yang biasanya kalian abaikan.

Tips dari aku : Bikin konten yang bagus dan jangan asal, agar followers kalian tertarik dengan yang kalian post. Agar lebih tertata kalian bisa menggunakan aplikasi Later. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk menjadwalkan posting kalian, sehingga kalian dapat mendesain dulu apa yang akan kalian post dan waktu terbaik untuk mempostingnya.

Aktif dengan Followers dan Jangan Ganti Caption Sebelum 24 jam


engagement rate instagram story

Menurut alogaritma Instagram terbaru komentar pada akun Instagram sekarang ada aturannya. Hindari komentar dengan 1 kata seperti good, nice dll, minimal komentar adalah 4-5 kata agar tidak dianggap spam oleh Instagram. Selain itu jika ada komentar baru di akun instagrammu langsunglah balas kurang dari 1 jam, atau komentar itu tidak akan masuk dalam engagemen rate Instagram kamu.

Bagi yang sering gonta ganti caption pada instagramnya, mulai sekarang jangan pernah lakukan hal ini sebelum 24 jam, Kenapa ? karena dengan mengganti caption akan mengurangi peluang new post kamu untuk dilihat oleh followers kamu. Jadi sebelum klik share pada tombol Instagram, sebaiknya liat dulu caption nya, tinjau ulang kalau udah yakin baru post.

Tips dari aku : ikutlah POD intagram. Pod Instagram adalah sebuah grub yang memang dibuat untuk saling support di Instagram masing-masing. Jika ingin detailnya silahkan Private chat aku aja ya.

Aktiflah di Instagram Story


engagement rate instagram indonesia

Semakin sering kamu berinteraksi dengan melakukan polling, kirim DM, swipe up atau reply story maka kesempatan Instagram feed kamu muncul di halaman mereka juga besar. Selain itu dengan aktif membuat story Instagram maka engagement rate kamu juga akan mudah naik dan tentunya akun kamu akan aman dari shadowban karena sering aktif

selain aktif di instastory penggunaan fitur fitur pada Instagram juga sangat penting untuk akun kamu. Instagram akan memberikan reward khusus bagi kalian yang rajin update fitur baru.

Gunakan Hastag dengan Benar


engagement rate instagram meaning


Dengan menggunakan hastag yang tepat maka akun kamu akan mudah dicari dan di follow oleh orang lain. Penggunaan hastag jangan terlalu panjang dan terlalu banyak, walaupun kalian bisa menggunakan maksimal 30 hastag pada caption. Karena pemakaian hastag yang banyak dan berulang akan membuat akun kalian di shadoband oleh Instagram.

Selain penggunaan hastag pada komentar yang sudah tidak lagi dihitung oleh Instagram, sekarang juga sudah ada following hastag. Jadi jika kalian ingin mengikuti suatu tema kalian tinggal mencari hastagnya dan memfollownya, maka otomatis jika ada yang menggunakan hastag tersebut, akun tersebut akan muncul pada timeline kalian.

Tips dari aku : Gunakan hastag pada akun bio kalian agar mudah dicari oleh followers baru. Karena biasanya jika kita mencari suatu akun di Instagram search kita akan diarakan pada akun akun yang memuat kata kunci yang kita buat pada kolom search

Selain beberapa aturan diatas ada aturan yang mungkin sudah akrab dengan kalian misalnya


  • Panjang maksimal video pada Instagram adalah 60 detik, dan paling sedikit adalah 5 detik. Jadi bagi kalian yang sering menawarkan sesuatu di Instagram harap pahami batas waktu ini.
  • Kalian dapat mengupload foto sebanyak-banyaknya di Instagram, namun kalian hanya maksimal bisa melakukan 350 like dalam satu jam
  • Panjang maksimal caption di Instagram adalah 2200 karakter
  • Jumlah following maksimal yang bisa anda ikuti adalah 7500, sedangkan untuk jumlah followers tidak ada batasannya

Jadi Gimana semakin kesini semakin banyak aturan yang diterapkan oleh media sosial ya ??

Sehingga kalian gak bisa main main da asal jika ingin mendapat keuntungan dari penggunaan media sosial, karena tanpa perencanaan dan pengetahuan yang cukup tentang sosial media yang kalian pakai maka kalian tidak akan dapat menggunakannya secara maksimal.

Diatas merpakan tips cara Menaikkan Engagement Rate Instagram berdasarkan pengalaman. Semoga dengan mengikuti tips diatas insight instagram turun menjadi naik kembali. 


Next Post Previous Post
69 Comments
  • GitaFU
    GitaFU February 19, 2019

    Wah, terima kasih infonya ya mbak.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba :D

  • Inka Paramita
    Inka Paramita February 19, 2019

    Iya mba, berasa banget setahun terakhir likes dan engagment turun. Tapi sekalinya bagus bakal banyak terus likesnya. Yang sepi makin sepi. Haha. Emang harus kreatif bikin konten yang bagus sih ya..

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba inka instagram baru bersih bersih ini, konten yang gak menarik ya gak bakal dilirik sama instagram

  • Ratna Fa
    Ratna Fa February 20, 2019

    Wah makasih Mba.. ilmunya banyak jadi paham saya 😊😉

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba semoga bermanfaat

  • ewafebri
    ewafebri February 20, 2019

    Terima kasih ilmunya mbaak. Sejujurnya saya juga kurang begitu paham soal Algoritma. Tapi tips ini sangat membantu orang awam seperti saya ❤️❤️❤️❤️

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba evva

  • iidyanie
    iidyanie February 20, 2019

    Wah instagram ada juga situs riset statistiknya, saya baru tau nih , secara selama ini saya posting aja tanpa tau harus liat kapan jam ramenya, bagus juga sih biar instagram kita semakin bagus jauh dr followers gak jelas

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba hehehehe memang semakin berkembang sekarang mba

  • imaska
    imaska February 20, 2019

    wah informatif sekali mba, pantesan yha.. hehe.
    btw tuk gabung grup pm kmn ni mba

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      pm di medsos saya mba hihihihi

  • Ridsal
    Ridsal February 20, 2019

    Bagus juga tipsnya mas.. Cocok untuk yang ingin memulai usaha di bidang online seperti saya..

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya sama sama mas senang bisa membatu

  • darepontianak
    darepontianak February 20, 2019

    Waah keren banget mba post nya. Saya belajar banyak. Karena kebetulan saya ngadmin banyak akun instagram. Sekarang saya paham kenapa akun2 lain hashtagnya diselang seling. Terima kasih mba ilmunya 😊

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba senang bisa membantu

  • t h y a
    t h y a February 21, 2019

    Kayak blogger yaa .. ada google analytic juga untuk Instagram.. boleh kapan2 dicoba.

    Aku kalo post di IG, asal post aja. Gak pernah kepikiran kpn wkt terbaik itu ngepost.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba saya juga baru tau setelah liat2 para influencer yang lain

  • lithaetr
    lithaetr February 21, 2019

    Wow keren informasinya. Iya nih ig saya masih kurang kece. Boleh dicoba sepertinya. Terima kasih ya mba

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba :D

  • Siti Mutmainah
    Siti Mutmainah February 21, 2019

    Waahh aku baru tau kalo Instagram sekarang ga semua org bisa liat postingan yg kita upload, makasih juga nih aku jadi tau bisa liat follower yg lagi aktif lewat minter

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba , sama sama

  • Hermansyah
    Hermansyah February 21, 2019

    Jadi sedikit mengerti tentang aturan baru di Instagram..

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      :) semoga bisa membantu ya artikelnya

  • keposeru
    keposeru February 22, 2019

    aku masih katrok gunain ig. dapat info gini brasa bgt kudetnya. makaaih infonya mbak

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya sama sama mba :)

  • Artha Amalia
    Artha Amalia February 22, 2019

    Kudu makin banyak followers biar makin banyak yg liat post kita. Sedih sih like cuma dikit. Tapi tak apalah...daripada tidak ada sama sekali. Hihi

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      bukan banyak followers sih mba tapi banyakin interaksi biasanya semakin sering interaksi like juga banyak

  • herva yulyanti
    herva yulyanti February 22, 2019

    duh aku lagi males update di IG baca ini jadi ngeri juga hahahaha kudu bangkit lagi nih rajin nyampah di IG wkwkwk

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      ahahahahha iya mba aku pun gitu

  • Mega Rachma
    Mega Rachma February 22, 2019

    Setuju mbak. Emang jadi menurun nih likesnya karena memang belum tentu yg kita post langsung dilihat karna algoritma instagram udah ga kaya dulu. Makanya ak jd jarang nambah feed mending instor aja sekarang mah

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      bener mba aku yang gak pernah instastory sekarang tiap hari pasang hahahahahha

  • Yuliana
    Yuliana February 22, 2019

    Terimakasih mak, saya baru tahu mengenai ER ini,. padahal saya punya 3 akun IG dan masih setor foto-foto aja ..hehe

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mak semoga bisa membantu

  • Yuliana
    Yuliana February 22, 2019

    Terimakasih mak, saya jadi tau mengenai ER ini. padahal saya udah punya 3 akun IG, isinya masih setor-setor foto doang sih..hehe

  • Haeriah Syamsuddin
    Haeriah Syamsuddin February 22, 2019

    Keren banget nih, infonya. Ternyata, kalau diseriusi bisa menghasilkan, ya, Mba.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya pokonya serius aja lakuinnya entah itu main blog atau instagram nanti rezeki akan mengikuti

  • Sukmadiarti.com
    Sukmadiarti.com February 22, 2019

    Banyak banget ilmunya yang belum diamalin. Makasi ya mba..coba belajar lagi 🤗

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba senang bisa membantu

  • Sukmadiarti.com
    Sukmadiarti.com February 22, 2019

    Banyak banget ilmunya yang belum diaplikasikan.,. Makasi ya mba sharingnya jadi belajar lagi nih

  • Novya Ekawati
    Novya Ekawati February 22, 2019

    asyik mbak, aku dapat ilmu baru dari mbak. secara selama ini ke instagram hanya upload foto doang..eh..ternyata bisa mendatangkan uang juga ya, duh kemana aja siy eike ini hehehe

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mba :D

  • Ida Nurfitriana Minsanis
    Ida Nurfitriana Minsanis February 22, 2019

    Info yang sangat bermanfaat. Thanks for sharing😊

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      sama sama mbak

  • Nila Sarvani
    Nila Sarvani February 23, 2019

    makasih infonya mbak, sangat bermanfaat.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba sama sama

  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati February 23, 2019

    Wah...info yang sangat bermanfaat...pantesan, sekarang dapat like di ig tu ga segampang dulu...tfs mb...

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba sama sama

  • Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah February 24, 2019

    Berfaedah banget mbaaa ilmunyaa, bener2 pengetahuan baru buat aku pribadi yg awam banget seputar algoritma medsos kayak gini. Dan, ini highlight banget buat aku biar sekalian belajar hihii. Terima kasih banget ya mbaa

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba sama sama :)

  • innaistantina
    innaistantina February 24, 2019

    gak di instagram, gak di youtube, berbenah diri semua, terutama untuk ngatasin aneka spam dan bot yang banyak muncul. kmaren beberapa teman di IG juga meributkan kehilangan puluhan hingga ratusan followers, kebetulan IG saya anteng, gak ilang dan belum nambah secara signifikan, hehe

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 24, 2019

      iya mba ini semua bebenah biar gak gampang dicurangi

  • Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti February 24, 2019

    Nice info nih, Mbak.
    Saya mulai rajin isi feed IG plus instastory juga. Tapi jawab komen IG nya nih yg kadang kelamaan. Ternyata ngaruh ke engagement rate, ya. Oke deh nanti cuzz jawab kalau ada komen yg masuk :)

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      iya mba hehehe emang salah satu strategi instagram sih biar sering2 di buka aplikasinya hahahaha

  • Erny Note
    Erny Note February 24, 2019

    Lagi musim pembenahan ya mb instagram. Mksh atas masukn dan info serta sharingnya. Sungguh bermnfaat bnget mb...

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      iya mba semoga bisa membantu

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta February 25, 2019

    Thanks sharingnya mbak. Saya baru tahu nih aturan2 seperti itu. Kayaknya makin ke sini media sosial makin banyak aturannya deh hehe. Btw sebelumnya saya suka banget gonta-ganti caption sesaat setelah post ternyata itu ada efeknya ya.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Aku dulu juga sering Gonta ganti caption mba lama lama Uda enggak sekarang takut nanti nggak kesebar postingannya hehehehe

  • Suryani Palamui
    Suryani Palamui February 25, 2019

    Ya ampun kak, aku sering gonta ganti caption. Soalnya kadang udah ngepost captionku jadinya berantakan. Makanya akhirnya aku ganti deh captionnya. Haha. Untung banget nemu artikel ini jadi aku udah tau regulasi di Instagram sekarang kayak gimana. Terimakasih.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Sama sama mba, aku pun sekarang kalo nulis caption hati hati banget

  • Nur Widyastuti
    Nur Widyastuti February 26, 2019

    Dapat ilmu ttg IG lagi..secara saya punya IG hanya untuk upload foto..jarang juga makainya seh..
    Makasih ya mb

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 14, 2019

      sama sama mba senang bisa membantu

  • Jane Reggievia
    Jane Reggievia February 27, 2019

    Yaampun mak makasih banget yah infonya! Waktu Instagram mengganti algoritmanya mereka tuh agak kzl sih, apa kabar user rakyat jelata seperti aku gini yang berusaha untuk menaikkan performa feed? Hahaha

    Pernah deh ada satu masa postinganku sepi likes, aneh aja ke mana orang-orang yang follow IG aku. Ternyata memang post-nya nggak di best time dan kontennya kurang berkualitas. Akhirnya aku suka delete postingan tersebut, kemudian posting ulang di best time yang tepat. Tapi setauku trik kayak gini juga kurang oke ya?

  • Melina Sekarsari
    Melina Sekarsari February 27, 2019

    Owh, jadi seperti itu ya, Mak. Baru tahu juga dan memang merasakan juga sih perubahan itu. Jadi ada insight baru, nih. Baiklah, mari mulai kita perhatikan apa kata Makmak satu ini, ya. Tengkyuuu ...

  • nitalanaf
    nitalanaf March 02, 2019

    Kalau targetnya untuk di-liked dan komen teman2 followers, ya mesti rajin2 juga silaturahminya. Kecuali artis ya yang postingannya dicari fansnya, haha... Untuk target umum, plus peluang nambah teman2 followers, iya mainkan hestek yang relevan.

  • fadilah sarning
    fadilah sarning March 27, 2019

    wah informatif banget mba.. makasi ya mba.

  • Diah Alsa
    Diah Alsa April 13, 2022

    noted nih semua tipsnya, nanti mau coba Later itu juga deh biar bisa konsisten juga ngInstagramnya, secara sekarang kan semua paketan ya.
    makasih ya Mak :)

  • Lita
    Lita April 14, 2022

    Makasih tipsnya mbak. Bener2 bermanfaat banget nih. Mulai sekarang mau posting IG yg menarik.

  • Karimah Iffia Rahman
    Karimah Iffia Rahman April 15, 2022

    sangat membantu, artikelnya aku baca sampai habis, ternyata ada aplikasi minte, mau aku coba cek ah

Add Comment
comment url