Cuapmakmak Beauty and Lifestyle

Manfaat Mengurangi Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Konten [Tampil]
Manfaat Mengurangi Sampah Plastik - Sampah menjadi salah satu masalah lingkungan di Indonesia yang tidak pernah ada habisnya. 



Berdasarkan data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2020 kemarin jumlah produksi sampah nasional sudah mencapai 67,8juta ton. Nilai ini berarti setiap harinya ada total 185 ribu kg sampah yang dihasilkan. 


Angka tersebut meningkat dari tahun tahun sebelumnya yang hanya berkisar 64juta ton pertahunnya. Meningkatnya jumlah sampah sampai 3 juta ton ini mengakibatkan menggunungnya sampah sampah di Tempat pembuangan Akhir (TPA).

Dilihat dari komposisinya sampah sisa makanan menduduki prosentase pertama sebesar 28.9%, dan dilihat dari sumber sampah 40.9% nya merupakan sampah rumah tangga. Dari prosentase tersebut kita ikut andil dalam menambah sampah rumah tangga tersebut. 

Manfaat Mengurangi Sampah Plastik


Sebagai seseorang yang ikut andil dalam bertambahnya sampah di Indonesia kita juga harus memiliki cara untuk mengurangi sampah tersebut. 

Berikut Beberapa Manfaat Mengurangi Sampah Plastik


1. Membantu Menyelamatkan Dunia

Manfaat pertama ini mungkin belum langsung kita lihat hasilnya, namun akan kita lihat hasilnya nanti beberapa tahun kedepan. Dengan melakukan pengelolaan sampah salah satunya denhan mengurangi sampah plastik kita akan membantu mengurangi sampah Plastik walaupun hanya sedikit saja. 


2. Menjadi Lebih Hemat

Dengan menghemat penggunaan plastik maka kita akan  menghemat pengeluaran, seperti kita tidak perlu membeli Plastik ketika membawa barang pembelanjaan namun bisa kita masukan totebag.

Kita tidak perlu membeli minuman di mini market dengan membawa sendiri tumbler minuman. Walaupun hanya merupakan hal kecil namun akan banyak menghemat pengeluaran jika dilakukan setiap hari. 

3. Salah Satu Cara Menjaga Ekosistem
Kalian pastinya tahu bukan jika sampah plastik sulit sekali terurai. Dengan mengurangi sampah plastik yang kita gunakan maka kita akan membantu menjaga ekosistem agar tetap lestari.

Nah Dalam rangka hari bumi 22 April kemarin demfarm.id mengadakan ig live Demfarm Sayang Bumi, untuk meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya mengelolan sampah. Dalam ig live tersebut kita diperlihatkan tentang bagaimana Pusat Pengolahan Sampah Terpadu Bontang.

Saat IG Live tersebut kita diperlihatkan bagaimana pengolahan sampah terpusat di Kota Bontang tersebut. Dalam PTST tersebut tidak hanya mengolah sampah kertas dan plastik namun juga mengolah sampah organik rumah tangga sehingga bisa memiliki nilai ekonomis. 

Selain mengadakan IG Live tentang bagaimana pengelolaan sampah, demfarm.id juga mengadakan sosial movement tentang bagaimana cara kita mengurangi sampah dalam kehidupan sehari hari. Campaign Demfarm Sayang Bumi ini ditujukan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut serta menjaga kesehatan bumi dengan mengurangi sampah.


Dari berbagai macam kegiatan untuk mengurangi sampah di Bumi membawa tumbler menjadi salah satu kegiatan Sayang Bumi ala saya. Dengan rutin membawa tumbler maka akan mengurangi kegiatan "jajan" diluar sehingga membuat saya cukup hemat. 

Kalian juga bisa ikut nih campaign Demfarm Sayang Bumi dengan mengupload kegiatan kalian dalam mengurangi sampah. Yuk gerakan kecil kita sangat bermanfaat bagi kesehatan bumi :)


 

Post a Comment

0 Comments