PRUSyariah Asuransi Syariah Indonesia Untuk Masa Depan Keluarga

Konten [Tampil]
PRUSyariah Asuransi Syariah Indonesia Untuk Masa Depan Keluarga - Siapa sih yang membutuhkan proteksi ??
Pertanyaan inilah yang pertama kali terfikir jika memikirkan tentang Asuransi. 


Bagi seorang orang tua yang memiliki tanggungan keluarga yaitu anak tentunya proteksi Asuransi menjadi salah satu pertimbangan. Hal tersebut dikarenakan Resiko yang akan selalu ada dalam hidup ini dan memiliki Asuransi merupakan salah satu cara aman untuk tetap aman di masa depan. 

Nah membahas tentang Pentingnya Asuransi tanggal 26 Oktober 2021 kemarin terdapat Acara Blogger Gathering 2021 yang diselenggarakan Komunitas Emak Blogger dan Prudential. 

Asuransi Syariah Indonesia


Menurut Pak Bondan Margono Head of Sharia Strategic Development Prudential Indonesia Asuransi Syariah adalah Usaha saling tolong menolong diantara sejumlah orang dan pihak melalui investasi dalam bentuk asset atau dana tabbaru'.


Asuransi Syariah memiliki perbedaan yang cukup Besar daripada Asuransi Konvensional Biasa. 


Berikut beberapa perbedaan antara  Asuransi Syariah Indonesia dan Asuransi Konvensional : 


  • Prinsip dasar asuransi syariah di Indonesia adalah Risk Sharing (Sharing Resiko) jadi jika terjadi resiko terhadap peserta maka santunan yang akan dibayarkan berupa dana tabbaru' (dana tolong menolong para pengguna asuransi).
  • Akad yang digunakan adalah akad tolong menolong. Bagi seorang muslim tentunya kita sudah tau bukan bahwa akad ketika kita melakukan sesuatu adalah hal yang sangat penting.
  • Peran perusahaan dalam Asuransi Syariah adalah Pengelola operasional bukan sebagai penanggunh resiko.
  • Jika ada surplus dalam asuransi tersebut maka dana yang di hasilkan akan di kembalikan kepada peserta berupa fana tabbaru'.
  • Pengawasan pelaksanaan Asuransi Syariah Indonesia dilakukan berlapis yaitu OJK, Manajemen Internal dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Dari beberapa perbedaan diatas tentunya kita sudah mengetahui apa perbedaan signifikan antara Asuransi Syariah Indonesia dan Asuransi Konvensional Biasa.

Adanya pengawasan Dewan Pengawas Syariah merupakan jaminan bahwa Asuransi Syariah merupakan suatu layanan perbankan yang Halal.

Hal itu dapat dijamin dengan tidak adanya transaksi gharar, riba dan mansyir yang ada dalam Asuransi Syariah.


Bagaimana Memulai Asuransi Syariah ??


Sebagi orang yang masih awam dalam Asuransi Syariah kita tidak bisa nih langsung saja terjun membeli Asuransi, kita harus bisa melakukan planning Keuangan agar memilih Asuransi Syariah yang baik dan tidak memberatkan kita.

Nah Dalam Prudential Blogger Gathering 2021 kemarin juga dijelaskan tentang bagaimana Membuat Financial Planning Journey sebelum lanjut tentang memilih produk Asuransi. 


Aliyah Natasya selaku Financial Advisor menjelaskan tentang Financial Planning Journey yang harus dilakukan sebelum memilih suatu produk Asuransi. 

Yang Harus dilakukan pertama dalam Financial Planning adalah membuat Budged, berapa yang digunakan dan berapa yang disimpan. Nah setelah kita bisa mengatur berapa yang dipergunakan disimpan dan diinvestasikan barulah kita beranjak tentang bagaimana memilih suatu Asuransi.

Dalam insurance Step by Step diatas setelah tau berapa budget yang bisa di keluarkan untuk Asuransi, selanjutkan kita harus mengetahui Asuransi apa yang sekitanya kita butuhkan, asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, asuransi Kecelakaan atau yang lain.

Kenapa Harus Memilih PRUSyariah Prudential ?


Prudential merupakan Salah satu Perusahaan Asuransi yang cukup kredible di Indonesia. Merupakan bagian dari Prudential plc, Prudential Indonesia merupakan grub keuangan terkemuka.

Dalam perjalanannya Prudential Indonesia melebarkan jasanya melalui Produk Asuransi Syariah. 

 


Beberapa Produk PRUSyariah Yang Bisa Kalian Pilih 
1. PRUCerah
2. PRUSolusi Sehat
3. PRUPersonal Accident Death
4. PRUProtection Syariah
5. PRULink Syariah
6. PRUCrisis Cover Benefit
7. PRUAman Syariah

Dan masih banyak lagi

Pilihan Asuransi Syariah Indonesia diatas bisa kalian pilih berdasarkan kebutuhan kalian untuk masa depan. Dengan adanya Asuransi kita tidak perlu risau tentang resiko yang akan terjadi, karena tertanggung akan mendapatkan benefit dari Asuransi yang kita dapatkan.







Seftinaqurnia

i'm a Mother | Blogger | Traveller | Newbie Photographer

16 Comments

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^

  1. Alhamdulillah, sekarang ada PRUSyariah. Pilihannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna ya, mbak.

    Apalagi ada Risk Sharing, yang nggak bikin was-was.

    ReplyDelete
  2. Kalau dilihat dari kebutuhan aku sih, sebenarnya aku butuh semua asuransi ini, wkwkkw
    Cuma yaa balik lagi ke budget yang pas-pasan.
    Alhamdulillah ya sekarang sudah ada yang syariah, jadi nggak perlu takut lagi sama permainan dibalik sistem konvesional hehehe
    Makasih kak infonya

    ReplyDelete
  3. Memilih PRUsyariah bikin kita tenang ya, karena lebih terjamin syar'inya.
    Asuransi memang penting buat jaga-jaga, sebagai bukti cinta kita buat orang-orang tersayang.
    Apalagi di masa pandemi yang serba tidak pasti ini.

    Btw banyak juga ya produk PRUsyariah ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar ya Kak, jadi gak perlu khawatir sih ya dengan akad yang di depannya biasa gak dijelaskan secara rinci. Kalau PruSyariah ini semua harus jelas di awal ya, bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan kita pula ya.

      Delete
  4. wah kini udah ada pilihan asurasni yang syariah jadi gak perlu khawatir lagi ya memberikan yang terbaik untuk keluarga :)

    ReplyDelete
  5. PRUsyariah ini membantu untuk orang2 yang masih ragu untuk membuat asuransi ya, karena ternayta ada asuransi syariah juga.. Perlu banget orang2 tahu bahwa proteksi dengan asuransi itu perlu diutamakan sebelum investasi yaa

    ReplyDelete
  6. Asuransi syariah itu bikin hati lebih tenang ya kk

    ReplyDelete
  7. buat umat muslim yang pengen punya suransi kini gak perlu cemas yaa karena sudah ada prusyariah ini

    ReplyDelete
  8. Banyak orang mulai semuanya serba syariah ya, Mba, dan kalau ada asuransi yang syariah pasti jadi pilihan biar tambah nyaman

    ReplyDelete
  9. Kalau sudah punya asuransi lebih tenamg ya Mak ngadepin hidup.

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah ya sudah marak sekarang Asuransi Syariah agar semakin tenang dan nyaman untuk menyiapkan dana pendidikan dan kesehatan juga lainnya.

    ReplyDelete
  11. kebetulan banget mba saya sedang belajar tentang finansial, termasuk belajar asuransi dan asuransi yang saya pelajari juga termasuk asuransi syariah wah ini ngebantu banget buat saya mba

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu kalau PRUSyariah banyak juga produknya, insyaallah aman ya kalau ada jaminan syarinya biar nggak was-was jugaaa dalam mengambil asuransi yang sering jadi polemik ini.

    ReplyDelete
  13. ulasannya menarik mba sef, kebetulan aku juga lagi belajar nih tentang asuransi pas banget dari pruden juga. semoga ada rejeki bisa buka polis untuk dana pendidikan anak. aamiin

    ReplyDelete
  14. Nah ini kalau akadnya gini sih oke yaa mba. Lebih sreg asuransi jiwa syariah lah aku jadinya hihii. Edukatif bangettt. Makasii yaa kak

    ReplyDelete
  15. Sempat juga ikut webinar ini dan dapat pencerahan mengenai asuransi syariah. Jadi sekarang udah tahu dong beda asuransi syariah dan konvensional. Setidaknya memilih PruSyariah bisa bikin kita lebih tenang ya :)

    ReplyDelete
Previous Post Next Post