Tangkal Hoax, Cek Sebelum Share

Tangkal Hoax merupakan hal yang harus semua orang lakukan karena belakangan ini banyak sekali berita hoax yang beredar dimasyarakat. Berita hoax tersebut biasanya menyesatkan dan tak jarang hanya membuat kepanikan dari masyarakat.



Selama pandemi covid banyak dari masyarakat yang melakukan sebagian besar kegiatan dengan bantuan internet, sehingga tak jarang banyak sekali berita berita hoax yang kita baca diinternet. 

Tangkal Hoax, Cek Sebelum Share


Karena tingkat literasi masyarakat indonesia yang kecil tak jarang masyarakat hanya membaca judul dari artikel berita atau informasi dan langsung menyebarkannya ke orang lain. Padahal belum tentu hal tersebut benar adanya.

Berikut beberapa berita hoax yang beredar  di masyarakat tentang covid-19 :
  • Menyemprotkan Alcohol/klorin ke Seluruh tubuh akan dapat membunuh virus covid 
Penyemprotan Alcohol tidak direkomendasikan karena alcohol dan klorin dapat meningkatkan iritasi kulit dan akan menyebabkan bakteri mudah masuk
  • Pengerinh Tangan atau Sinar UV dapat membunuh virus corona
Nah berita diatas juga tidak benar ya gaes, virus corona mati dengan desinfektan alcohol atau air bersuhu 90 derajat
  • Minum air putih baik langsung maupun dicampur dengan air hangat dapat meredakan covid 
Kabar diatas juga tidak benar, minyak kayuputih hanya berfungsi melegakan tenggorokan karena kandungan mentolnya 

Nah diatas adalah beberapa berita hoax yang mungkin pernah kalian baca atau bahkan kalian share ketika pandemi sekarang ini. 

Selain hoax yang diatasmasih banyak lagi berita hoax yang bertebaran di internet. Apalagi sekarang pemerintah sedang gencar dalam melakukan vaksin, sehingga banyak juga berita hoax tentang vaksin yang bermunculan. 

Sebagai orang awam yang tidak paham tentang penyakit dan kesehatan kita akan mudah sekali terpapar berita hoax dari internet. Nah aku punya tips nih bagaimana agar tidak mudah terkena berita hoax dari orang lain.

Tips Terhindar Dari Hoax 

1. Baca Baca dan Baca

Seperti yang awal saya sampaikan bahwa kemampuan literasi orang Indonesia itu sangat rendah, sehingga ketika menerima berita dan membaca judul tanpa membaca isi orang indonesia akan langsung percaya dengan judul tersebut.

Padahal belum tentu isi dari berita tersebut seperi judul yang disampaikan. Baca baca dan baca adalah cara untuk menangkal berita bohong yang kita terima

2. Cek Sumber Berita

Sumber berita yang baik biasaya dari website resmi pemerintah maupun website resmi dinas kesehatan. Hati hati jika mendapat berita dari website "abal abal" karena bisa jadi informasi yang disampaikan belum benar.

3. Cek Artikel Tersebut di Hoax Buster 

Nah ini adalah cara paling mudah bagi kalian yang cukup mager untuk membaca maupun mencari sumber berita.

Hoax Buster merupakan website pemerintah dibawah Satuan Tugas RI. Ada 2 cara untuk mengecek berita hoax covid 19, diataranya 
  • Dengan memasukan url berita 
Kunjungi website Hoax Buster kemudian masukan link berita yang kalian dapat dimenu search. Selanjutnya website akan mendeteksi apakah artikel berita yang sedang kalian baca merupakan berita hoax atau tidak. Jika berita tersebut merupakan berita hoax maka akan muncul [SALAH] pada artikel tersebut.

  • Mengirim WhatsApp di Official Bussiness Acount Mafindo
Mafindo adalah kepanjangan dari Masyarakat Anti Hoax Indonesia. Kalian bisa melaporkan atau mengecek berita hoax tersebut melalui WA. Caranya cukup mudah kalian cukup klik akun WA pada website Hoax Buster dan kalian akan langsung diarahan ke WA Mafindo.

Nah, setelah kalian mengecek isi dan kebenaran dari berita yang kalian terima barulah kalian bisa share atau memberitahukan ke orang lain akan berita tersebut. Tangkal Hoax dengan cek sebelum share agar tidak banyak lagi orang yang dibodohi karena berita yang tidak benar. 


 
Seftinaqurnia

i'm a Mother | Blogger | Traveller | Newbie Photographer

Post a Comment

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^

Previous Post Next Post