Mudah dan Murah! Berikut Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Konten [Tampil]
Jika kamu mengira perawatan wajah hanya dapat dilakukan dengan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam skincare, maka kamu salah. Ada banyak bahan alami yang bisa meredakan jerawat yang meradang. Bahan-bahan ini bahkan bisa sangat mudah ditemui atau tersedia di rumah kamu.

Bahan alami untuk jerawat



Cara alami menghilangkan jerawat ini sering dilakukan oleh mereka yang enggan menggunakan produk kimia terlalu banyak, terutama produk-produk dari klinik kecantikan.

Bahan-bahan alami juga minim alergi dan iritasi sehingga aman untuk kulit sensitive. 

Gunakan bahan-bahan alami berikut untuk menghilangkan jerawat pada wajah kamu.


  • Lidah Buaya


Beberapa tahun belakangan, kamu pasti tak lagi asing dengan gel liday buaya yang tersedia di pasaran. Seperti diketahui, bahan ini dapat membantu meredakan peradanan di kulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya sendiri memiliki kandungan sulfur dan asam salisilat yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit.

Kamu bisa menggunakan gel lidah biaya dan oleskan secara langsung ke wajah sebagai pelembab. Cara ini bisa digunakan sebanyak 1-2 kali. Jika mengalami rasa gatal atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaannya, ya.

  • Putih Telur


Tak hanya mampu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit kamu. Selain itu, bahan alami ini juga bisa mengontril minyak pada kulit wajah.

Kamu bisa menggunakan putih telur sebagai masker. Oleskan bahan ini di area yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan tanpa tersisa. 

  • Cuka Apel


Sempat booming beberapa tahun yang lalu. Cuka apel memang dipercaya dapat membunuh banteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air.

 Oleskan bahan ini ke kulit yang telah bersih dengan kapas steril. Biarkan selama 5-20 detik, bilas wajah dan keringkan. Ulangi lagi langkah tersebut sebanyak 1-2 kali sehari. 

Untuk kulit wajah sensitive sebaiknya menghindari bahan ini atau gunakan secara tidak berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit wajah kamu.

  • Jeruk Lemon


Air jeruk lemon sudah sejak lama diklaim mampu menghilangkan jerawat karena kandungan asam sitrat di dalamnya. Kamu bisa menggunakan air lemon dengan kapas steril lalu usapkan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat dan diamkan selama satu malam. 

Sama seperti bahan sebelumnya, bahan yang satu ini juga tinggi resiko iritasi. Jika kulit amu terasa perih setelah menggunakan perasan jeruk lemon ini, maka kamu perlu menghentikan penggunaannya dan konsultasikan ke dokter kulit yang tepat. 

  • Minyak Tamanu Oil 


Minyak yang satu ini dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara efektif. Kandungan anti-inflamasi dan antibakterinya memungkinkan bakteri penyebab jerawat hancur. Kemerahan yang timbul karena jerawat juga dapat diatasi dengan minyak tamanu oil ini.

Kerap disapa Tamanu Oil Falabelle, minyak ini dapat dioleskan ke kulit yang berjerawat.

Perhatikan Jenis dan Kondisi Wajah
Sebelum menggunakan bahan-bahan alami, kamu perlu mengetahui jenis dan kondisi kulit wajah. Pada kulit wajah yang sensitive, beberapa bahan alami justru bisa memperburuk kondisi kulit dan jerawat. 

Lagi dan lagi, kamu perlu mencari banyak informasi terlebih dahulu terkait bahan-bahan yang akan digunakan atau konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit yang tepat.

Berbeda kondisi kulit wajah juga berbeda penanganan yang harus dilakukan. Jadi, jangan sembarangan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, ya. 


Post a Comment

0 Comments