Ingat Cacingan Ingat Konvermex

 Menurut WHO, penyakit cacingan adalah infeksi cacing parasite pada usus yang biasanya ditularkan melalui tanah. Telur atau larva cacing biasanya tertelan melalui kulit kemudian masuk ke tubuh. Penyakit cacingan memiliki dampak yang sangat buruk bagi pencernaan, karena dapat mempengaruhi pencernaan.




Berikut 3 Kelompok Cacing Yang Dapat Menginfeksi Manusia :

  •          Platyhelminthes atau Cacing Pipih
Cacing jenis ini biasanya hidup di daerah panas dan tropis
  • Acanthocephalins

·   

Cacing ini biasanya menyerang pencernaan manusia.

  •        Nematoda

Cacing jenis ini biasanya menyerang saluran percernaan, limfatik dan jaringan subkutan manusia. Cacing jenis ini sering ditemukan pada hewan peliharaan. Penularan cacing jenis ini biasanya terjadi melalui kontak antara hewan peliharaan dan manusia

 

Penyakit cacingan memiliki gejala yang sulit dikenali karena biasanya gejala yang terjadi sangatlah umum terjadi. Penyait cacingan biasanya diketahui jika sudah memiliki dampak serius pada tubuh.

 

Ciri Orang Yang Menderita Cacingan
 

  • ·         Ditemukannya cacing dalam feses saat buang air besar
  • ·         Terdapat ruam kemerahan, gatal dan berbentuk seperti cacing
  • ·         Mengalami diare lebih dari 2 minggu
  • ·         Tidak jarang pula yang mengeluh adanya sembelit
  • ·         Perut terlihat bengak atau mengalami perut kembung
  • ·         Mengalami penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas
  • ·         Gatal hebat pada area anus
  • ·         Nyeri sendi dan otot
  • ·         Merasa Lelah dan kurang bertenaga

 

Menurut survei di Indonesia terdapat 60-80% anak sekolah yang menderita cacingan. Prosentase tersebut terbilang cukup mengkhawatirkan, penyakit cacingan pada anak yang tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan pertumbuhan anak yang tidak sempurna (stunting).

 

Stunting ini dapat terjadi karena nutrisi yang harusnya diserap oleh anak untuk proses pertumbuhan diserap oleh cacing yang masuk ke dalam tubuh. Penyebab cacingan pada anak biasanya terjadi karena kebersihan yang kurang dijaga seperti halnya, tidak mencuci tangan sebelum makan, jajan sembarangan, bermain tanah tanpa menggunakan alas kaki, memakan makanan yang belum matang sempurna dan bermain di air yang kotor.

 

Jika sudah terkena cacingan pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat cacing selama satu hingga tiga hari. Salah satu obat cacing yang cukup ampuh dalam mengobati cacingan adalah Konvermex.

 

Kenapa Harus Konvermex ??

 

Konvermex merupakan obat cacing yang mengandung Piratel Pamoat yang dapat membasmi cacing yang berada di dalam tubuh. Konvermex ampuh dalam membunuh Cacing Kremi (Enterobius vermicularis), Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides), cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus).

 

Jenis Obat Cacing Konvermex Yang Dijual Dipasaran
 

  • .       Konvermex Tablet

Obat cacing ini termasuk kedalam obat bebas terbatas. Konvermex tablet dijual dengan 2 kandungan Piratel Pamoat 250mg dan Piratel Pamoat 125mg. Konvermex tablet biasanya dijual dalam bentuk Kaplet dengan kemasan strip. 

  •      Konvermex 125 mg sirup

Obat cacing ini termasuk dalam golongan obat bebas terbatas. Kandungan obat cacing ini yang dijual dipasaran adalah Piratel Pamoat 150mg dan Piratel Pamoat 250mg.

 

Dosis dan Cara Penggunaan Konvermex
 

Konvermex merupakan obat bebas sehingga untuk pembelian tidak memerlukan resep dari dokter

·         Anak 2-6 tahun : 2,5 ml – 5 ml

·         Anak 6-12 tahun : 5 – 7,5 ml

·         Anak lebih dari 12 tahun : 7,5 – 10 ml

·         Dewasa atau lebih dari 12 tahun : 1,5 kaplet – 2 kaplet.  

    Ayo Saling Jaga agar tidak ada yang terkena penyakit cacingan 


Post a Comment

0 Comments