Covid-19 atau yang sering kita sebut corona merupakan suatu pademi yang terjadi di seluruh dunia. Dalam data yang terhimpun pada media online, terdapat 210 negara yang terjangkit pandemi ini dan menyerang lebih dari 2 juta jiwa. Dari 210 negara tersebut indonesia berada pada peringkat ke 35, cukup memprihatinkan. Sehingga sebagai warga negara yang baik kita perlu melakukan langkah tertentu agar terhindar dari covid-19. 


Apa Itu Covid-19 ??

Virus corona disebut COVID-19 adalah virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada Desember 2019 lalu. Dalam waktu beberapa bulan saja virus ini menyebar dan menular hampir ke seluruh negara di dunia.


Severe acute respiration syndrome coronavirus 2 (SARS-COV-2) atau yang lebih sering dikenal dengan nama corona virus adalah virus corona jenis baru yang menular ke manusia. Virus ini menyerang seluruh kalangan baik itu anak anak, dewasa maupun lansia. 

Corona virus adalah kumpulan virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Virus ini dapat menyebabkan infeksi ringan maupun infeksi berat, tergantung kepada siapa virus ini menyerang. Bagi yang memiliki imunitas kuat virus ini hanya akan menyebabkan infeksi ringan pernafasan seperti flu, namun bagi yang memiliki imunitas buruk virus ini akan menyebabkan infeksi paru paru (pneumonia).

Seberapa Berbahayanya-kah Covid-19 ini ??

Bahaya virus corona atau Covid-19 ini adalah penyebarannya yang cepat dan mudah dibandingkan dengan SARS yang pernah melanda dunia. Penyebarannya yang cepat ini dapat dilihat dari kasus positif virus corona di dunia yang mencapat 2,2 juta jiwa dalam kurun waktu 5 bulan sejak virus ini ditemukan. 

Penyakit ini menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut jatuh ke benda sekitar orang yang terinfeksi dan jika ada orang lain yang menyentuh benda tersebut maka orang itu sudah terkontaminasi droplet, dan jika ia menyentuh mulut, hidung atau tangan maka orang itu dapat terinfeksi Covid-19.

Bahkan yang lebih berbahaya lagi seseorang bisa saja terinfeksi Covid-19 ini ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Virus ini memiliki gejala awal seperti demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan, letih, dan lesu, Namun dalam permeriksaan lebih lanjut terdapat pula pasien yang memiliki gejala paru akut dan bahkan merujuk ke resiko kematian.

Yang membuat virus ini lebih berbahaya karena tidak semua yang terinfeksi menunjukan gejala serius. Bahkan ada yang mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala yang sering disebut dengan silent carier. Silent carier sulit dideteksi karena virus covid-19 ini hanya bisa diketahui melalui oemeriksaan, sementara orang dengan silent carier biasanya akan menganggap dirinya sehat dan enggan oergi ke pusat pemeriksaan.

Padahal orang dengan silent carier ini berpotensi menularkan covid-19 kepada orang lain yang memiliki imunitas lebih rendah dari pada dia. Selain adanya orang tanpa gejala virus covid-19 ini juga belum memiliki obat dan imunisasi sehingga jika terinfeksi tidak akan langsung sembuh, walaupun virus covid 19 ini merupakan virus dengan tingkat kesembuhan yang tinggi. 

Berikut 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Terhindar Dari Covid-19 

🌸 Tetap #DirumahAja 


Kampanye #DirumahAja sudah digaungkan pemerintah sejak lebih dari sebulan yang lalu. Diharapkan dengan #dirumahaja masyarakat akan tidak tertular maupun menularkan ke orang lain mengingat virus covid-19 ini menular dengan sangat mudah dan sangat cepat.

🌸 Selalu Gunakan Masker Saat Keluar Rumah


Virus corona ini tidak menyebar melalui udara, namun dengan pemakaian masker dapat meminimalisir penularan virus corona. Karena virus ini dapat menyebar melalui droplets dan masuk ke dalam tubuh. Dalam pemakaian masker hindari menggunakan masker secara berulang ulang karena masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, virus dan bakteri setelah dipakai.

🌸 Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri dimulai dari rajin mencuci tangan setelah bepergian atau setelah melakukan suatu kegiatan. Cuci tangan disini bukan hanya sekedar mencuci tangan namun mencuci tangan dengan sabun dengan cara yang benar.


Cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir, setelah itu keringkan dengan kain bersih atau tisu. Tindakan mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan tindakan efektif untuk membunuh kuman dan bakteri termasuk dari virus corona.

Selain dengan mencuci tangan secara rutin, hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan. Karena tangan merupakan sumber penyakit karena merupakan organ yang sering kontak dengan benda dan orang lain. 

🌸 Hindari Kontak Langsung dan Terapkan Physical Distancing

hindari interaksi secara langsung dengan orang lain seperti bergerombol atau berkumpul dengan banyak orang, berpelukan, maupun berjabat tangan. Karena dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain maka kita dapat mengurangi penyebaran virus corona.


Jika dengan terpaksa harus berinteraksi secara langsung dengan orang lain maka selalu perhatikan jarak fisik dengan orang lain dengan membuat jarak minimal 1 meter. Menjaga jarak ini dipercaya akan mengurangi resiko penyebaran virus corona. 

🌸 Meningkatkan Sistem Imun 

Pola hidup yang sehat merupakan kunci utama dari imunitas tubuh yang baik, dengan imunitas tubuh yang baik maka tubuh kita tidak akan mudah sakit dan mampu melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.


Berikut beberapa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun :
  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Beberapa penelitian menunjukan orang yang banyak mengkonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah sakit. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral alami yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.
  • Cukup Istirahat
kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Mencukupi kebutuhan tidur setiap harinya merupakan hal yang penting. Umumnya waktu tidur orang dewasa berkisar 7-8 jam dan remaja sekitar 9-10 jam 
  • Hindari Stres
Stres merupakan salah satu faktor timbulnya penyakit, karena stres yang tidak terkendali meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol akan mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh dan membuat tubuh jadi gampang sakit.
  • Rutin Berolahraga
Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dipercaya meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi bakteri. Selain itu olahraga juga mudah dilakukan.
  • Hindari Rokok dan Alkohol 
paparan asap rokok dan alkohol secara berlebihan dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok juga memiliki resiko tinggi untuk mengalami infeksi paru.
  • Konsumsi Suplemen Jika Dibutuhkan
Mengkonsumsi suplemen dipercaya oleh sebagian orang dapat meningkatkan imunitas tubuh, karena suplemen dipercaya dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Dengan mengkonsumsi suplemen kekurangan vitamin mineral yang diperlukan oleh tubuh akan tercukupi.

5 Hal diatas merupakan upaya yang dapat kita lakukan untuk memerangi covid-19 dari diri kita masing-masing, walaupun dengan 5 hal diatas tidak menjadikan kita menjadi "tidak terpapar" namun dengan upaya mencegah virus Corona dengan tepat kita akan mengurangi resiko terinfeksi. 










1 Comments

  1. semoga kita senantiasa terlindungi dari virus berbahaya ini ya, Mbak.. di Bali tempatmu aman kan mbak?

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^