Beauty

Beauty

Lifestyle

Lifestyle

Other

Other

Sisternet, Bahwa Wanita Bisa Berkarya

by - November 24, 2019

Dalam beberapa tahun belakangan ini peran wanita dalam masyarakat semakin besar. Wanita yang dulunya hanya di "kungkung" dalam rumah dan hanya mengurusi masalah "domestik" rumah, sekarang sudah mulai menunjukan tajinya. Hal ini dapat kita lihat dari munculnya banyak wirausahawan yang berasal dari kaum wanita. Karena kemajuan wanita dalam bidang wirausaha ini banyak sekali kelas literasi yang muncul salah satunya adalah kelas dari "SISTERNET".

Sisternet ini adalah salah satu perkumpulan dari CSR XL Axiata yang biasanya mengadakan kelas untuk mencerdaskan wanita Indonesia, salah satu kelas yang diadakan oleh Sisternet ini adalah "Kelas Literasi Digital, UKM Go Online".



Kelas literasi digital ini kemarin diadakan Hari Sabtu, 16 November 2019 di  Ruang Pertemuan Balai Diklat Denpasar. Dalam kelas digital ini terdapat 3 narasumber hebat yaitu, Mba Agnes merupakan perwakilan dari XL Axiata, kemudian Mba Tyas Windarti merupakan CEO dari Bayi Hijab Banget, dan yang terakhir adalah Adhelia Panjaitan yang merupakan perwakilan dari Sisternet.

Peran Wanita Dalam Revolusi Industri 4.0



sebagian orang apalagi para pembaca blogku ini pasti sudah banyak menyadari bahwa perkembangan industi semakin lama semakin pesat. Sekitar 2 tahun yang lalu kita baru mengenal istilah revolusi industri 3.0 namun sekarang kita sudah dihadapkan dengan revolusi industri 4.0, sehingga sebagai pelaku UKM kita harus memanfaatkan hal tersebut dengan membuat usaha kita di kenal di dunia internet.

Financial Planning Untuk Memajukan UKM 



Ilmu kedua yang didapat adalah dari Mba Tyas selaku CEO Bayi Hijab Banget. Mba Tyas ini memaparkan bagaimana financial planning itu sangat penting bagi keberlangsungan UKM yang kita punya.

Beberapa hal yang penting yang disampaikan oleh mba Tyas :

  • Perencanaan suatu Produk
perencanaan disini bukan berarti bagaimana atau seberapa besar kita akan mendapatkan untung dari suatu produk tapi lebih dari itu. Kita harus memikirkan bagaimana mendapatkan barang tersebut, kemana menjualnya dan kepada siapa menjualnya dan mencatat setiap detail barang dan uang yang keluar masuk.
  • Konsisten
Menjadi konsisten melakukan pada point pertama adalah hal yang sangat penting, karena semakin berkembangnya usaha kita kegiatan mencacat adalah hal yang sangat penting agar kita tahu bagaimana kondisi keuangan dan cash flow usaha yang kita buat.
  • Buat Catatan Dengan Detail dan Jelas
kegiatan mencatat ini bukan hanya sekedar mencatat, detail adalah yang utama. Jangan pernah melewatkan setiap detail pengeluaran dan pemasukan yang kita pergunakan dan kita dapat.
  • Buat Tim Yang Jelas
Buat tim dengan jobdesk yang jelas agar tidak ada pekerjaan yang tumpang tindih

Sisternet Sebagai Wadah Wanita Untuk Berkarya


dalam pemaparannya Mba Adelia menegaskan bahwa kita sebagai wanita harus memiliki peranan yang lebih dalam dunia UKM, salah satunya dengan Go Online. Dan Sisternet merupakan wadah yang disediakan oleh XL Axiata untuk sarana berkumpul dan belajar untuk wanita indonesia.

Selain dengan adanya sisternet XL sendiri juga ikut memberikan andil dengan mempermudah dalam kegiatan online dengan memberikan paketnya Komunikasi Tanpa Batas.

You May Also Like

1 Comments

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^