Beauty

Beauty

Lifestyle

Lifestyle

Other

Other

Cara Menggunakan Panci Presto Yang Aman

by - May 16, 2019

Bagi kalian yang sangat mencintai memasak menggunakan panci presto tentunya bukanlah hal yang awam. Namun bagi kalian yang tidak pernah memasak dengan alat alat yang baru panci presto merupakan suatu alat yang baru.

panci presto

Panci Presto merupakan alat masak yang berbentuk panci yang dapat memasak makanan secara cepat, dan kandungan gizinya masih terjaga. Panci Presto disebut juga dengan press cooker karena menggunakan uap tekanan tinggi untuk membantu proses memasak.

Banyak dari kita yang masih takut dalam menggunakan panci presto untuk pertama kalinya. Karena memang panci ini agak berbahaya jika tidak digunakan dengan baik

Beberapa Manfaat Panci Presto :
  • Kandungan Gizi dan rasa makanan terjaga
  • Merupakan Alat Multifungsi
  • Perawatan SImple
  • Hemat Energi
Cara Kerja Panci Presto :

Panci presto berbeda dengan panci pada umumya. Panci Presto merupakan panci dengan tutup sangat rapat, sehingga uap air hasil pemanasan makanan tidak bocor keluar melainkan berkumpul pada panci. Hal tersebut yang membuat suhu dalam panci presto ini menjadi sangat panas.

Karena dimasak pada suhu yang sangat panas maka memasak makanan menggunakan panci presto akan menghemat waktu pemasakan dan makanan akan menjadi cepat matang. Hasilnya makanan yang dimasak lebih sehat karena kandungan gizi pada makanan yang dimasak sedikit yang hilang atau rusak.

Berikut Beberapa Cara Menggunakan Panci Presto Dengan Aman :


1. Persiapan Sebelum Memasak

Sebelum memasak dengan menggunakan panci presto periksa dulu kebersihan panci jangan sampai ada sisa makanan yang masih menempel. Periksa  pula keadaan panci jangan gunakan panci jika panci sudah penyok. Periksa katup udara tempat keluar uap dan karet pengaman pada Panci Presto, dan pastikan bahwa setiap bagian yang ada pada panci presto dapat bekerja dengan baik.

2. Memasukan bahan makanan

sebelum measukan bahan makanan ke panci presto, masukan dulu air. Takaran air yang digunakan biasanya 1/2 - 1 gelas tergantung jenis panci presto yang digunakan. Namun akan lebih baik jika kalian melakukan trial eror dulu untuk mengetahui seberapa banyak air yang digunakan dalam panci presto tersebut.

3.Waktu Memasak

waktu yang digunakan untuk memasak menggunakan panci presto tidakla sama dengan memasak menggunakan panci biasa. Sehingga kita harus jeli dan mencatat berapa waktu yang sibutuhkan. 
Waktu memasak sangat penting karena jika terlewat sedikit saja makan makanan yang dibuat akan menjadi terlalu matang.

Bagaimana ? cukup mudah bukan menggunakan panci presto ? apakah kalian tertarik mencoba ? 



You May Also Like

1 Comments

  1. Aku juga punya panci presto dirumah lumayan buat masak ayam atau bandeng biar lebih empuk

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^