Budaya Ngabuburit di Indonesia

Akhirnya bulan yang paling ditunggu oleh umat islam sudah tiba. Bulan dimana di setiap harinya terdapat keberkahan. 
Bulan dimanasegala sesuatu yang kita lakukan jika itu hal baik akan menjadi sebuah amal jariyah.


Bulan dimana seluruh umat islam bersuka cita, yups Akhirnya kita masuk di bulan Ramadhan. Alhamdulilah kita sudah melewati hari pertama puasa dengan lancar, oh ya sebelumnya Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Yang Melaksanakan :).

Apa Itu Ngabuburit ?


Berbicara tentang datangnya bulan suci Ramadhan tentunya tak lepas dari budaya yang selalu ada si setiap Ramadhan yaitu Ngabuburit. Dari suatu sumber yang aku baca Ngabuburit berasal dari kata “burit” yang artinya senja, sore, menjelang terbenamnya matahari atau menjelang azan magrib.

Sedangkan menurut kamus Bahasa sunda ngabuburit mengandung arti “ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.

Dulunya ngabuburit di habiskan dengan memperbanyak kegiatan di masjid, seperti mengaji bersama, TPQ ataupun kajian bersama.

Seiring dengan perkembangan zaman aktifitas ngabuburit dilakukan dengan beragam aktifitas, sehingga munculah beberapa budaya unik khas Indonesia yang dilakukan ketika ngabuburit.


Berikut beberapa budaya ngabuburit yang unik di Indonesia


1. Menerbangkan Layangan Hias


layangan hias
sumber : pexels


Warga Majalengka memiliki budaya unik ketika waktu ngabuburit tiba yaitu dengan menerbangkan layangan hias. Menerbangkan layangan hias ini sudah merupakan kebiasaan turun menurun masyarakat di wilayah sana, karena menurut mereka sore hari adalah waktu yang sangat pas untuk menerbangkan layangan, karena matahari sudah tidak terik lagi. 

2. Kumbohan

kumbohan
Sumber : Pexels


Kumbohan merupakan budaya masyarakat daerah Lamongan yang hidup di pinggir sungai bengawan solo. Kumbohan atau berburu ikan mabuk merupakan budaya masyarakat ketika sore tiba. Ketika sore hari volume air sungai bengawan solo surut sehingga menyebabkan ikan mabuk dan mudah ditangkap.

3. Berburu Klakson Truk

om telolet om
Sumber : tribunnews

“om, telolet om”, mungkin kata itu sudah tidak asing lagi bagi telinga kalian, karena memang beberapa tahun terakhir ini kata tersebut menjadi viral di media sosial. Berburu klakson truk juga merupakan salah satu budaya ngabuburit unik yang ada di Indonesia. 

Biasanya anak yang berburu klakson truk/bus tersebut duduk di pinggir jalan dengan membawa kertas bertuliskan “OM TELOLET OM”. Jika ada truk atau bus yang lewat mereka akan melambai lambaikan kertas tersebut berharap sopir bus/truk membunyikan klakson.

4. Panjat Tebing

panjat tebing
sumber : pexels

Olahraga yang mungkin banyak dianggap orang ekstrim ini merupakan budaya ngabuburit yang unik di Madiun. Ketika bulan puasa tiba banyak masyarakat yang mengunjungi Stadion Wilis, Madiun.

Banyak dari warga yang menggunakan fasilitas panjat tebing gratis yang disiapkan oleh pengelola stadion ini. Walaupun banyak yang menganggap olahraga panjat tebing ini merupakan ollahraga ekstrim, namun banya masyarakat madiun yang menggemari olehraga ini

5. Balap Perahu Layar Mini

balap perahu mini
Sumber Tribunnews

Pesisir Pantai di Surabaya tepatnya pantai Kanjeran terdapat tradisi unik yaitu Balap Perahu Layar mini. Jadi setiap sore hari menjelang buka puasa pantai ini akan ramai dengan perahu perahu kecil beraneka warna. Walaupun balap perahu ini tak terdapat hadiah namun pesertanya sangat senang


Diatas adalah beberapa budaya ngabuburit unik untuk menunggu buka puasa datang. Jadi sudah dapat referensi belum mau berkegiatan apa selama menunggu waktu berbuka nanti ??

Next Post Previous Post
12 Comments
  • Niklosebelas
    Niklosebelas May 07, 2019

    Mbak, tempatku loh... Anak2 abg hobi ngabuburit nongkrong dipinggir sawah/jembatan sampe sore wkwkwkw kalo gak muter2 naik motor ngabisin bensin haduuhhh

  • Niklosebelas
    Niklosebelas May 07, 2019

    Mbak, tempatku loh... Anak2 abg hobi ngabuburit nongkrong dipinggir sawah/jembatan sampe sore wkwkwkw kalo gak muter2 naik motor ngabisin bensin haduuhhh

  • Orin's Journal
    Orin's Journal May 07, 2019

    Salah satu pemandangan yang khas dibulan Ramadan tuh ya banyak jajanan disore hari dan banyak orang yang jalan buat ngabuburit, seru bangwt mashaa Allah

  • Ochix_zakiyah
    Ochix_zakiyah May 08, 2019

    Budaya ngabuburit kalo dideket rumahku ya cm jalan2 doang di alun2 sambil blanja jajanan.

  • Selvi
    Selvi May 08, 2019

    Udah macem macem aja gaya ngabuburit jaman sekarang, kalau aku mah ibu ibu yang harus nyiapin buka puasa.

  • Valentina Yosnanda
    Valentina Yosnanda May 09, 2019

    Aku tadi baru saja ngabuburit sama suami nemenin survey di es kobar solo. Ya memang seru sih walau aku tidak puasa tapi ikut meramaikan suasana ngabuburit juga biar sama

  • Luella Artistry
    Luella Artistry May 09, 2019

    Wah aku baru tau ada kumbohan.. unik jg ya ngabuburit disana..

  • Siti Rogayah Blogger
    Siti Rogayah Blogger May 09, 2019

    Baru tahu kak kumbohan kak. Oh iya, pasti Seru banget itu kak. Apalagi ikannya banyak pasti enak banget di tangkapnya deh.

  • Gita Indraswari
    Gita Indraswari May 09, 2019

    Mungkin karena umur semakin tua, qku lbh milih ngabuburitnya lebih perdalam agama hehe banyakin baca al qur'an aja

  • Rachmanita AdindaRara
    Rachmanita AdindaRara May 09, 2019

    Bener nie ngabuburit cm ada di indonesia ya

  • RNatasha
    RNatasha May 09, 2019

    ngabuburit cari makanan.. beli ini beli itu yg dimakan cuma satu wkwk

  • Jho_annisa
    Jho_annisa May 11, 2019

    Wah seru2 kegiatan ngabuburitnya kak😍 disini mah jarang bgt ada kegiatan kaya gitu

Add Comment
comment url