Beauty

Beauty

Lifestyle

Lifestyle

Other

Other

Resolusi Bisnis 2019 : Kopi, Dari Petani Untuk Pembeli

by - February 11, 2019

Memulai bisnis merupakan resolusiku di tahun 2019 ini.

Karena aku seorang IRT mencari uang lewat bisnis adalah salah satu yang aku inginkan.

Karena dengan memulai bisnis maka aku dapat tetap dirumah dengan anak dan tentunya menghasilkan pundi pundi uang.

Dari beberapa jenis bisnis yang terlintas di kepalaku, aku memilih kopi sebagai bisnis di tahun 2019.

penikmat kopi
pixabay.com



Kenapa Memilih Kopi ??


Tren pertumbuhan ekspor kopi Indonesia yang meningkat tiap tahunnya merupakan peluang bagi mereka yang berkecimpung dalam usaha kopi.

Menurut Direktur Industi Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementrian Perindustrian (Kemenperin) pertumbuhan industri kopi di Indonesia tahun 2018 lalu sebesar 7,5 persen , hampir sama dengan tahun sebelumnya sebesar 7-8 persen dan diperkirakan akan naik tahun ini. (cr:liputan6.com)

Kenaikan pertumbuhan industry kopi ini dikarenakan tren konsumsi dalam negeri untuk produk kopi yang cenderung mengalami kenaikan yang signifikan, Hal tersebut didorong oleh gaya hidup masyarakat dan menjamurnya kedai kedai kopi di Indonesia.

Selain gaya hidup kopi juga memiliki mangsa pasar yang cukup luas. Kopi selalu dinikmati berbagai kalangan, baik itu pria, maupun wanita dari usia tua maupun muda.

Kopi sudah menjadi tradisi yang lekat dengan kehidupan masyarakat. Bahkan ada yang mengatakan lebih baik tidak makan daripada tidak ngopi.


Kopi, Dari Petani Untuk Pembeli


Petani kopi sama halnya dengan petani sayur, hasil panen mereka dibeli tengkulak dengan harga kecil sedangkan dari tengkulak di jual keluar dengan harga yang mahal.

Bayangkan saja kopi yang ada di tangan tengkulak dijual dengan harga 25rb sekilonya, bahkan pernah sampai menembus angka 28rb sekilonya. 

Sedangkan kopi yang dari petani hanya dibeli dengan harga 7000 rupiah saja, murah sekali bukan. 

Hal diatas terjadi karena banyak dari petani yang tidak tau bagaimana cara mengolah biji kopi menjadi kopi yang siap dijual sehingga mereka hanya menyerahkannya kepada tengkulak.


Padahal hal tersebut sangat merugikan mereka sebagai petani.

Karena beberapa alasan diatas munculah suatu ide untuk langsung mempertemukan antara petani dan pembeli. 

Berikut rencana usaha yang akan aku lakukan :

1. Mengedukasi petani



mengapa mengedukasi petani itu penting ? dalam menghasilkan suatu produk perkebunan yang baik tentunya dimuali dari bagaimana hasil perkebunan tersebut dirawat. 

Rasa kopi 100% yang dapat dikeluarkan suatu produk kopi terdiri dari 30% cara penyeduhan dan 70% perlakuaan pasca panen, karena hal inilah petani kopi harus diberikan edukasi tentang bagaimana merawat kopi pasca panen.

Kebanyakan dari petani indonesia tidak pernah memperhatikan bahwa pasca panen itu penting, merka hanya tau menanam, merawat dan akhirnya panen.

mereka tidak tahu kualitas kopi unggulan didapat dari perawatan pasca panen yang benar.

 Soal mengedukasi mungkin tidak bisa aku lakukan sendiri karena memang aku bukan pakar tentang pertanian. Tapi mengusahakan kerja sama dengan berbagai pihak seperti dinas terkait dan pihak perkebunan kopi Indonesia adalah hal yang memungkinkan untuk dijalani

2. Pemasaran

Pemasaran adalah hal penting berikutnya yang harus kita lakukan setelah kita mendapatkan produk yang berkualitas.

Jika mempunyai produk yang berkualitas bagus, namun cara pemasarannya salah maka kita akan rugi, karena menghasilkan produk yang bagus itu bukan perkara mudah.

Untungnya sekarang ini kita hidup di zaman modern yang dimana segalanya mudah dengan koneksi internet, tak terkecuali untuk memasarkan suatu produk.

Apalagi ada Ralali.com website yang menjadi solusi bagi mereka yang baru memulai bisnis. 

tampilan web ralali.com


Ralali.com merupakan tempat belanja online, grosir online maupun pelaku usaha dalam mensuplai beragam kebutuhan usaha secara mudah.

Terdapat 2 vitur register dalam ralali, sebagai seller atau sebagai buyer.

Jika kalian ingin memulai suatu bisnis tentunya harus mendaftar sebagai seller.

Memulai berjualan di ralali sangat mudah begini caranya

memulai ralali



Kenapa Harus di Ralali bukan market place yang lain ?


kenapa harus ralali.com


1. Ralali merupakan B2B Marketplace Terbesar di Indonesia dengan lebih dari 15000 pembeli aktif yang terdiri dari korporasi dan para pelaku usaha dengan volume pembelian yang tinggi (grosir)

2. Program Pembinaan Gratis
Ralali mempunyai program pembinaan serta edukasi gratis dari para trainer dan praktisi bisnis yang berpengalaman

3. Ralali membantu kalian mempromosikan produk yang dijual melalui kampanye pemasaran, baik itu dilakukan melalui online (situs ralali.com, email, medsos) maupun offline (pameran, pesta rakyat dll)

4. Jaminan keamanan bertransaksi melalui fasilitas rekening bersama

5. Ralali mampu menjangkau jutaan pelanggan dari seluruh pelosok Indonesia melalui beragam jasa pengiriman terpercaya

6. Pantau performa dan data transasi toko online anda secara rinci melalui laporan penjualan ralali yang konperhensif

7. Kirim barang banyak ongkir murah lewat ralali kargo
Barang banyak dan besar sehingga membuat ongkos kirim menjadi tinggi merupakan momok bagi pebisnis baru, karena kemungkinan di tinggal pelanggan karena ongkos kirim yang besar akan semakin besar. 

Namun beda halnya jika kalian menggunakan ralali karena mereka punya ralali kargo.

Dengan ralali kargo barang yang kalian kirim dapat diambil langsung oleh kurir, serta ongkos kirim yang lumayan murah 

skema tarif ralali kargo

Selain beberapa keunggulan diatas partner ralali ini pasti akan meyakinkan kalian untuk bergabung bersama 16000 seller terpercaya ralali

partner ralali
company profile ralali.com



#IniSaatnyaTauRalali.com yang membuat bisnis itu gampang. Ralali.com mempermudah pengusaha menyuplai berbagai kebutuhan usaha secara online, untuk membantu Resolusi Bisnis 2019.

Jadi masih gak yakin untuk memulai bisnis di 2019 ini ?




.





You May Also Like

42 Comments

  1. Saya bukan penggemar kopi namun masih suka minum kopi walaupun jarang sekali, buat saya yang awam ini memang gak begitu paham tentang jenis kopi tapi buat saya kopi adalah salah satu minuman enak patut di lestarikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, kopi memang salah satu hasil perkebunan yang mempunyai masa depan

      Delete
  2. Bagus mba ide bisnisnya, ada misi ke petaninya juga soalnya 👏

    ReplyDelete
  3. kopi sepertinya biusnis yang tak pernah mati. dan dengan adany ralali.com bisnis akan berkembang insya Allah. semoga sukses dengan ide bisnisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mba kopi memang bisnis yang tak pernah mati.. terimakasih mba :D

      Delete
  4. Ide bagus ni buat resolusi bisnis kopi dari petani.. Mana tahu kopi lokal go international, bisa gunakan jasa pemasaran Ralali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas siapa tahu dengan ralali akan semakin berkembang bisnisnya

      Delete
  5. Kopi adalah produk yang terus dibutuhkan dan diminum setiap saat oleh seluruh manusia di dunia. Good job mbak

    ReplyDelete
  6. yakin dong! abis baca tulisan ini semakin yakin berbisnis di tahun 2019. tapi kalo saya sepertinya lebih bisnis ke jasa sih ya, hehe. jasa renovasi blog heheh. makasih sharingnya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama bun, apapun bisnisnya yang penting tetap semangat untuk 2019 ya bun hehehehe

      Delete
  7. Semoga para petani kopi semakin mudah memasarkan produknya dengan kehadiran ralali, ya, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .. semoga mereka semakin sukses dengan ralali

      Delete
  8. Apalagi kopi begitu hits ya mbak. Semoga industri kopi di Indonesia makin maju dan makin berkualitas. Juga ralali semoga dapat mendorong pendapatan ekonomi para pegiat bisnis. Semoga berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba .. apalagi di zaman milenial gini, kayaknya minum kopi udah kayak kebutuhan

      Delete
  9. Mantap ide bisnisnya mbak. Selamat memasuki dunia bisnis kopi. Kopi dari Indonesia memang sudah lama bertengger jadi juara dunia di beberapa perlombaan varietas biji kopi bertaraf Internasional. Dengan ide bisnis mbak Seftina, semoga dapat memajukan petani kopi di Indonesia.
    Btw saya baru tahu ada ralali.com, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mba semoga aja menjadikan petani indonesia semakin maju

      Delete
  10. Simpel elegan idenya "mengedukasi petani" betul memang..apalagi kopi indonesia sering diekspor mentahan bukan setelah dikemas

    Btw blog ini dilombakan ya...semangat semoga beruntung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bener sekali jadi mengedukasi petani adalah hal yang penting, iya mba terimakasih

      Delete
  11. Semoga resolusi tahun ini tercapai mbak. Ide bagus ini, karena kopi tak akan mati...sudah menjadi gaya hidup orang-orang masa kini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba ... memang kopi sudah menjadi primadona bagi para milenial

      Delete
  12. Wah keren mb, semakin banyak yang mau membuka usaha, semakin bagus untuk penyerapan tenaga kerja dan semakin bagus untuk perekonomian kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semoga saja bisa membantu para petani

      Delete
  13. Di sekitar rumah saya yang masih termasuk wilayah pedesaan di Yogya saja sudah mulai banyak berjamur coffee shop baik modern maupun tradisional. Luar biasa perkembangan kopi sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak makanya usaha kopi semakin lama akan semakin banyak mendapatkan omset tinggi

      Delete
  14. Kopi sepertinya akan sepanjang masa ya, Mbak. Warkop juga bisa ditemui di mana saja. Semoga lancar berbisnis kopinya, Mbak.

    ReplyDelete
  15. Wahh di Malang skrg bisnis kafe buat ngupi2 berkembang banget mb. Cucok ni bisnis sepanjang masa dan diyakini kopi adalah pemersatu semua kalangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba benar sekali kopi sekarang memang lagi naik daun

      Delete
  16. waaah, idenya menarik Bun. buat yang di daerah pegunungan mungkin bisa berbisnis ini ya .. kalau saya deket laut bisakah berbisnis kopi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bun bikin coffee shop aja di deket pantai, saya pernah liat yang bikin coffee shop di pinggir pantai di Aceh. jadi ngopi sekaligus liat pantai

      Delete
  17. Rencana bisnis yang menarik mbak. Saya suka salah satu planningnya yaitu mengedukasi petani. Kerja yg cerdas untuk menghasilkan produk dan SDM berkualitas. Semoga suksess ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. kalau sudah membina SDM insyaallah kedepannya akan lebih mudah

      Delete
  18. Bisnis kopi sepertinya emang prospeknya cerah, Mbak. Apalagi kalo pake marketplace B2B seperti ralali dot com ini. Moga sukses berkah, ya :)

    ReplyDelete
  19. Yap apalagi sekarang warung kopi dan cafe kopi makin berkembang. Menjamur dan selalu ramai. peluang besar banget nih, asal pemasarannya sudah tepat. Di ralall.com salah satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mba ralali pasti akan membuat bisnis lebih baik :)

      Delete
  20. ini mah ide bisnis super keren mbak, nggak cuman buat keuntungan pribadi tapi juga melibatkan orang orang macam petani Aku sebagai penikmat kopi jelas mendukung rencana bisnis ini. Semangat ya mbak

    ReplyDelete
  21. aku juga mau mulak bisnis di tahun 2019 ini. semoga sukses mbak

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Mampir Silahkan tinggalkan pesan agar saya bisa mengunjungi balik. Komentar dengan link hidup akan saya hapus Terimakasih ^.^