Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Blog

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah hal baru bagi seorang newbie blogger. DA dan PA adalah suatu nilai yang digunakan untuk mengetahui kwalitas blog kita. PA dan DA mulai popular dikalangan blogger sejak google sudah tidak lagi menggunakan Google Page Rank untuk menilai kwalitas suatu blog.


domain autority and page autority
trafficradius.com.au



Pengertian DA dan PA ?



Mungkin bagi newbie blogger mendengar Domain Authority dan Page Authority adalah hal yang asing, apalagi melihat beberapa pencari job blogger membuat suatu syarat untuk mendapatkan job nya dengan menggunakan DA atau PA jumlah tertentu.

Domain Authority (DA) adalah kekuatan suatu domain yang dimiliki oleh suatu blog dimata search engine seperti google, yahoo, bing dll, atau lebih mudahnya DA digunakan untuk mengukur kekuatan domain kita di sebuah search engine.

Page Authority (PA) adalah popularitas halaman tertentu di blog kita dalam search engine.

Berbeda dengan google page rank yang nilainya tidak bisa dilihat sewaktu waktu,  nilai DA PA blog dapat kita lihat sewaktu waktu, berikut beberapa web yang biasanya aku gunakan untuk melihat DA PA


Besaran nilai DA PA biasanya digunakan sebagai pertimbangan oleh pengguna job yang menawarkan sebuah pekerjaan kepada seorang blogger.  Kisaran nilai DA dan PA blog dari 0 – 100, semakin tinggi nilai DA dan PA pada suatu blog maka semakin tinggi pula kemungkinan blognya berada pada posisi 1 search engine.

DA dan PA ini hanyalah indicator dalam SEO bukan penentu mutlak nilai blog, karena DA dan PA ini tidak resmi dikeluarkan oleh google.


Bagaimana Cara Meningkatkan DA dan PA?



meningkatkan DA PA
quora.com

Bagi seorang blogger meningkatkan Domain Authority dan Page Authority merupakan keharusan, apalagi bagi blogger baru dengan DA dan PA kecil. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi DA dan PA suatu blog :

1. Usia Domain


Usia domain merupakan salah satu penentu Domain Authority suatu blog, semakin lama domain yang kalian punya aktif dan bertahan pada search engine maka semakin tinggi juga Domain Authority kalian.

Jika kalian menggunakan Domain Gratis seperti blogspot atau wordpress maka nilai DA kalian akan stagnan dan tidak akan pernah naik Jika kalian baru saja menggunakan TLD domain, maka kalian harus bersabar dan tetap konsisten agar nilai DA kalian naik.

2. Popularitas Domain



backlink

Pepularitas domain merupakan salah satu pendongkrak naiknya nilai Domain Authority dan Page Authority sebuah blog. popularitas domain dapat didapat dengan inbound link melalui blogwalking, maka dari itu sebaiknya jika kalian melakukan bogwalking pakailah url sebagai penanda komentar tersebut.

Jika kalian menggunakan url untuk berkomentar maka url blog kalian akan tersemat dalam blog yang kalian kunjungi. Selain dengan inbound link popularitas domain juga didapatkan melalui backlink dari situs yang berkualitas.

3. Ukuran Domain


Ukuran domain di ketahui dari banyaknya konten dalam blog kalian. Ukuran yang dimaksud bukanlah value, tapi seberapa manfaatkah konten blog kalian bagi para pembaca. Jadi kalian perlu membuat artikel yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca sehingga blog kalian dapat dilirik oleh search engine.

4. Buat konten berkualitas



konten blog
melttwater.com

Konten merupakan hal yang paling penting dalam sebuah blog. buatlah artikel yang panjang, lengkap namun tidak berputar putar. Agar artikel kalian terlihat bagus tambahkan dengan gambar, video, ataupun tabel yang merhubungan dengan yang kalian tulis.

Artikel yang baik biasanya memiliki 500-800 kata, namun ingat juga bahwa artikel yang kalian tulis haruslah mempunyai manfaat bagi pembaca. Karena dengan memberikan benefit yang lebih banyak maka nilai bounce rate blog kalian akan menurun dan akan membuat page rank blog kalian naik.

5. Terapkan Strategi Sosmed



sosial media share
stock.adobe.com


Siapa sih sekarang yang tidak punya sosmed ? pasti hampir semua dari kalian mempunyainya. Untuk kalian yang hobi posting di sosmed, tidak ada salahnya jika kalian juga mempromosikan blog kalian didalam sosmed tersebut.

Blog kalian akan semakin dikenal jika sering kalian promosikan di sosmed. Selain itu kalian juga dapat menambah relasi dan branding blog kalian melalui media sosial tersebut.

6. Kelola Internal Link dan Buang Toxic Link


Internal link adalah link yang mnghubungkan konten konten dalam blog kalian, biasanya internal link di tulis menggunakan anchor text. Internal link menunjukan hubungan antara satu konten dengan konten yang lain. Dalam satu artikel biasanya terdapat 2-3 internal link.

Toxic link adalah link yang akan membuat ranking blog kalian turun. Toxic link biasanya didapat karena blog kalian mendapatkan lebih banyak backlink dari situs yang tidak berkualitas daripada situs yang berkualitas. Karena itu menghapus toxic link sangat penting bagi blog kalian.

5. Menerapkan SEO On Page



seo solution

Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan SEO dalam blog, berikut beberapa cara yang biasanya aku lakukan

  • Buat URL Singkat

Url biasanya mengacu pada judul yang kalian buat, sebaiknya perpendek url yang kalian punya dengan mengambil inti dari judul tulisan kalian
  • Kaitkan Keyword Dalam URL

Misalkan judul arikel kalian “travelling keluarga ke pantai pandawa bali”. Ambil keyword yang kalian gunakan dalam artikel tersebut yang merupakan inti dari artikel kalian yaitu “travelling” dan “pantai pandawa bali”.

  • Gunakan Keyword pada 100 kata pertama artikel

100 kata pertama artikel biasaya paling awal dibaca oleh pembaca, jadi jika kalian harus menempatkan keyword kalian pada 100 kata pertama tersebut agar pembaca kalian mau meneruskan membaca artikel kalian.

  • Buatlah Konten Yang Panjang

Google sangat menyukai konten yang panjang, panjang artikel yang di sukai oleh SEO google adalah lebih dari 1000 kata.

  • Gunakan External link

External yang dimaksud adalah tautan yang menuju website lain selain halaman di website anda. Saran dariku buatlah external link yang mengarah pada website dengan domain authority yang bagus atau website yang berkualitas sehingga dapat menunjang DA kalian.

  • Memaksimalkan Kecepatan Blog

Untuk mengetahui kecepatan blog kalian, kalian dapat menggunakan google pagespeed insight atau GT Matrix. Jika kecepatan blog kalian rendah kalian perlu menerapkan beberapa cara seperti tidak memasukan gambar yang beresolusi tinggi pada artikel blog. selain itu kecepatan blog dapat dimaksimalkan dengan menggunakan template blog yang SEO friendly atau tidak menggunakan widget secara berlebihan pada blog.

  • Gunakan Konten Multimedia Yang Beragam

Konten multimedia di sini bisa berupa gambar, video, tabel, grafik maupun animasi yang dapat menunjang suatu blog. menggunakan konten multimedia yang beragam juga dapat mengidentifikasikan bahwa konten yang kalian buat berkualitas.

Keberhasilan dalam menerapkan beberapa cara menaikan Domain Authority dan Page Authority diatas sebenarnya sangat bergantung pada konsistensi dan kesabaran kalian dalam mengeola situs, karena memang tidak ad acara yang dapat membuat DA dan PA kalian dapat meningkat dengan cepat, semuanya membutuhkan proses.

Selamat berusaha dan tetap semangat J !!

Next Post Previous Post
63 Comments
  • MRENEYOO
    MRENEYOO February 23, 2019

    Nyimak mba... Biar nambah wawasan buat blog aku yg cupu ini...mudah2 an bs lbh baik

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      iya mba semoga bisa membantu

  • Rohyati Sofjan
    Rohyati Sofjan February 23, 2019

    Hai Mbak, paparannya sangat bermanfaat bagi saya yang lagi lesu di sore berhujan sambil menyesap kopi Good Day. Blog saya usianya masih seumur jagung dan ilmu SEO saya harus sering ditingkatkan. Baca artikel gini sarat manfaatnya. Berkat kopi dan artikel di atas saya jadi cenghar alias fresh lagi, he he.
    Soal toxic link itu mohon dibikin penjelasan lebih panjang dalam artikel terpisah, ya. Nuhun.
    Oh ya, apa ada cara untuk memperpendek URL? Saya sudah coba tautan URL khusus dalam link di dasbor sebelum tayangkan artikel, namun kerap terganggu sinyal jadi gagal dan terpaksa beralih lagi ke otomatis untuk judul URL-nya.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      siap mba hehehehe nanti akan saya jabarkan draft dulu ya mba hehehehehe ... bisa mba dibawah yang otomatis itu biasanya bisa ketik sendiri, selain itu saya gak tau sih hehehe .
      kalo gak coba pake judul dengan keywordnya di depan soalnya kalo pake otomatis kan dia ambil dari judul kalo judul kepanjangan biasanya kepotong, kalo keywordnya didepan kan gak bakal kepotong itu

  • Dyah
    Dyah February 23, 2019

    Wah, penting juga DA PA ini. Berdasarkan pengalaman, semakin rajin mengisi blog, ratingnya juga meningkat dengan baik. Tapi untuk rajin menulis itu, kadang memang PR banget sih.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      saya pun gitu mba hahahaha ... coba targetin aja mba biar ada semangat terus tulis list tema buat ngeblog jadi bisa dijakikan patokan

  • Thessa R
    Thessa R February 23, 2019

    Kak serius kalau domain kita masi ada blogspot atau worpress nya DA PA nya bakal stagnan? Soalnya ada fashion blogger yg masih .blogspot , tapu DA PA nya 55. Seberapa pengaruh sebenrnya sih kak?

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      setauku sih kalo domainnya gak TDL itu DA PA ngikutin dari pembawa blognya misal .blogspot atau .wordpreess jadi gak mesti sih, dan ngitungnya gimana juga gak jelas menurutku. kalau uda pake TDL itu sudah pasti misal DA 20 itu emang dilihat bener2 dari kwalitas dan interaksi website kamu sendiri. sebaiknya kalau memang mau serius ngeblog apalagi mau ngasilin duit lewat blog mending pake TDL,

  • Riawani Elyta
    Riawani Elyta February 23, 2019

    Bagus banget artikelnya. Iya nih aku males banget buang toxic link

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      punyaku pun belum aku sortir mba hahaha malas sekali

  • Enny Ratnawati
    Enny Ratnawati February 23, 2019

    makasih ya kk tipsnya.DA aku msh rendah niii..hehehe..tapi emang msh baru si.smg ntar meningkat.tengkyu saran2nya yaaa..semoga aku bisa

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      semangat mba hehehe ... kalau diseriusin insyaallah DA nya akan bagus

  • Sumayyah Tsabitah
    Sumayyah Tsabitah February 24, 2019

    Makasih artikelnya mbakk.. Detail dna mencerahkan... Bookmark untuk diterapkannn

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      sama sama mba semoga bisa membantu :)

  • moch fadhil
    moch fadhil February 24, 2019

    DA dan PA merupakan salah satu indikator buat perangkingan di mesin pencari meski itu bukan indikator resmi dari google, namun layak untuk dipelajari

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      iyup bener banget mas DA PA cuma ngebantu SEO aja

  • Yuni Siti Nuraeni
    Yuni Siti Nuraeni February 25, 2019

    Ba, sy langsung coba link yg diberikan untuk cek DA dan PA hasilnya sy kecil bgt b,. .mgkn krn msh be juga kali y blog sya. Thanks ba, sangat bermanfaat buat sy newbie. Sy ijin share y ba, untuk paksu saya yg jga sama2 newbie

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Iya mba silahkan share semoga bermanfaat

  • lithaetr
    lithaetr February 25, 2019

    Wah noted banget nih. Bisa buat review saya juga yang masih newbie. Terima kasih ya mba

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Sama sama mba :)

  • Haeriah Syamsuddin
    Haeriah Syamsuddin February 25, 2019

    Urusan membuang toxic link itu yang menyebalkan karena harus dilakukan satu persatu. Btw, udah lama nih gak periksa blog-ku apakah ada toxic link atau tidak.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Bener mba harus ati2 lagi jangan sampe salah takutnya yang kebuang malah link yang bagus heheheh

  • Nadella | Taruih Baraja
    Nadella | Taruih Baraja February 25, 2019

    "Toxic link adalah link yang akan membuat ranking blog kalian turun. Toxic link biasanya didapat karena blog kalian mendapatkan lebih banyak backlink dari situs yang tidak berkualitas daripada situs yang berkualitas. Karena itu menghapus toxic link sangat penting bagi blog kalian."

    Jadi toxic link ini ada di situs orang atau situs kita sendiri mbak? Terus gimana cara menghapus toxic link kalau yang bikin itu orang lain (yang memberi link ke situs kita)?

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Biasanya dari situs orang lain mba yang ngebacklinj kita, bisa dilihat kok situsnya apa saja di google search console, nanti hapus ya lewat google disavow link, agak ribet sih soalnya harus hati hati biar gak salah. Jadi gampangannya sih kayak ngubah do follow link jadi no follow link mba

  • Mega Rachma
    Mega Rachma February 25, 2019

    Kecepatan blog nih yang belum maksimal. Masih lola. Semenjak rajin post sama BW emang langsung ada peningkatan loh mba sama DA padahal TLD baru 2 bulan

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 25, 2019

      Iya mba 2 hal itu juga yang bikin DA PA ku naiknya cepet, btw aku juga baru 2 bulan pake TDL mba Ayuk mba semangat naikin DA PA

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana February 26, 2019

    aku nggak ngerti caranya buang toxic link mbaaak.. itu apa juga nggak ngerti akutuh,

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 26, 2019

      Toxic link itu kayak backlink spam mba, bukanya bikin webnya bagus tapi malah bikin jelek. Cara buangnya pake google disavow link mba, nanti saya bikinin artikelnya hehehehe

  • Novya Ekawati
    Novya Ekawati February 26, 2019

    cara kita tahu bahwa blog kita mendapatkan toxic link gimana mbak caranya?

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 26, 2019

      Bisa diliat di google web master tools nya mba backlink apa aja yang kita dapat, biasnya yang ada keterangan n/f itu adalah backlink yang gak bagus, tinggal dihapus ada nanti pake google disavow link

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati February 26, 2019

    Artikelnya bermanfaat banget. DA/PA blog saya baru 13/17 udah mau setahun umurnya.
    Btw tips untuk no 3 dan 4 masih agak susah buat saya, kadang bingung dan malah bikin blockwriter. no 6, siap akan dilaksanakan. no 7 (ditulis no 5 tho mbak, habis 6 ya 7...hehehehe) udah di bikin pakai plugin di blog.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 26, 2019

      Wah mba teliti banget terimakasih hahahaha ternyata salah nulis nomor, mari kita sama sama belajar mba :)

  • Kholifah Hariyani
    Kholifah Hariyani February 26, 2019

    wah, saya masih pakai blog gratisan nih mbak, tak apalah, saya latihan menulis saja dulu.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia February 26, 2019

      Saya dulu juga gitu mba awal ngeblog takutnya Uda bayar akunya Ndak serius nulisnya

  • Wahyu indah
    Wahyu indah February 26, 2019

    Huhuhu.... saya gak tahu apa apa soal ini. Maklum baru saya di dunia blogging. Baca artikel ini jadi baru ngerti aku. Tapi gimana cara tahu DA PA kita. Ajarin dong. Hehe....

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      hayuk mba kita sama sama belajar :)

  • t h y a
    t h y a February 27, 2019

    Manteb artikel nya mbaa..
    ku lagi belajar seo, tapi kok syusah yaaa.. hihi..

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      iya mba memang seo itu susah susah gampang hehehehe

  • Hastin
    Hastin February 27, 2019

    Artikel bagus banget utk saya yg gaptek heuuu....
    Ternyata klo ganti TLD memang DA/PA dari 0 lagi ya *nangiss :)

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      iya mba semangat terus pokoknya DAku juga turun drastis ini

  • Ida Nurfitriana Minsanis
    Ida Nurfitriana Minsanis February 27, 2019

    Info yang sangat bermanfaat mbak. Saya masih pemula, banyak yang belum diketahui. Trims ya mbak. Salam sukses

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      sama sama mba :)

  • Mas Prim
    Mas Prim February 27, 2019

    "Artikel yang baik biasanya memiliki 500-800 karakter"

    Apa yg dimaksud 500-800 kata?
    CMIIW

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      iyes mas, makasih koreksinya sudah saya edit hehehehehe

  • Meykke Santoso
    Meykke Santoso February 27, 2019

    NOTED mbak, beberapa udah saya aplikasikan dan tinggallengkapi langkah yang belum aja. Doakan semoga DA dan PA aku bisa 30 ya tahun inii...masih jauh soalnya.Hehehe

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      aku juga masih jauh sekali mba hahahahaha ini aja turun

  • Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti February 27, 2019

    Bermanfaat banget ini, Mbak. Hampir semua berusaha saya laksanakan. Walaupun bertahap juga, sih.
    Toxic link ini sama dengan broken link gak ya? PR saya tuh

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      iya mba sama kok .. memang harus sring hapus hapus itu hehehehe

  • www.nanikkristiyaningsih.com
    www.nanikkristiyaningsih.com February 28, 2019

    Mantep mbak. Artikelnya bermanfaat banget.
    Save dulu biar jadi rujukan kalau mau naikin DA/PA

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      sipp mba ,,, sama sama :)

  • Erny Note
    Erny Note February 28, 2019

    Makasih bnyk mb ulasannya gamblang dan berdaging. Saya newbie jdi tahu bgmn meningkatkn DA PA. Keren mb...

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      terimakasih mba

  • Elly Almayra
    Elly Almayra February 28, 2019

    Saya belum beli domain. Rencana kalau usia blog saya udah 6 bulan baru saya beli. Dan udah dapet referensi dari mbaknya ... Makasiih yo mbak infonya ...

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      sama sama mba

  • Ridsal
    Ridsal February 28, 2019

    Agak sulitnya juga ni naikkan DA blog, soalnya blog saya masih subdomain..

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      iya mas kalau memang masih sub domain agak susah hehehehe

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com March 01, 2019

    Yang nomer 6 tuh masih PR banget di saya mba.
    Beneran deh banyak banget toxic link di blog, tapi gak sempat mulu buangnya.
    Kadang juga pas ngecek eh ada blog orang yang lagi down, jadinya muncul eror banyak, bikin bingung ngapusnya.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      sayapun gitu mba, saking banyaknya bikin males hehehehehe

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri March 01, 2019

    Wah lengkap bener penjelasannya 😊 memang harus bagus tulisan kita dan akurat ya jadi pembaca juga senang berkunjung ke blog kita.

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      iya mba bener sekali

  • iidYanie
    iidYanie March 05, 2019

    Wah tugas naikin DA/PA saya ternyata masih banyak, SEO onpage masih amburadul, toxic link pun masih ada, tfs ya mba :)

    • Seftinaqurnia
      Seftinaqurnia March 12, 2019

      sama sama mba

Add Comment
comment url