4 Kursus Menulis Jakarta Untuk Pemula

Kursus Menulis Jakarta - Penulis dimata orang mungkin pekerjaan yang cukup mudah karena kita tinggal merangkai kata dan menjadikannya sebuah paragraf. 



Padahal sebenarnya menulis itu sulit karena harus memiliki pengetahuan luas tentang materi yang ditulis. Selain berpengetahua luas oenulis juga harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik. 

Berikut beberapa Kursus Menulis Jakarta Yang bisa kalian ikuti sebagai penulis


1. Tempo Institute


Tempo institute merupakan program dari tempo inti media grub yang memberikan tidak hanya kelas online menulis untuk pemula namun juga kelas lain untuk mengebangkan jurnalistik. 

Pelatihan pada Tempo Institute  menggunakan metode Pendidikan Orang Dewasa, yaitu metode belajar dengan mempertemukan pengalaman peserta dengan ilmu yang hendak dipelajari. 

Beberapa Pelatihan Yang Diadakan Oleh Tempo Institute

  • Pelatihan di Dapur Tempo
Pelatihan ini berupa pelatihan menulis jurnalistik, komunikasi dan media. Jadi pelatihan dapur tempo ini kita bukan hanya diajarkan bagaimana belajar menulis buku online maupun menulis gaya hidup namun merambah ke bagaimana membentuk komunikasi dan pengetahuan tentang media. 

Pelatihan Dapur Tempo di Tempo Institute ini terbuka bagi siapa saja, namun dibatasi hanya 25 orang saja. 

  • Kelas Online 

Tempo Institute juga memberikan kelas online menulis untuk pemula. Dalam kelas online ini peserta dapat belajar menulis buku online, atau belajar cara menulis cerpen online dengan waktu fleksible dan bisa ditentukan sendiri. 

  • Kelas Griyaan
Kelas Geriyaan merupakan kelas tempo institute yang diperuntukan untuk perusahaan perusahaanyang ingin mengembangkan pengetahuan tentang materi pelatihan menulis. 

Daftar kelas Yang bisa diikuti di Tempo Institute juga lumayan banyak seperti
Kursus Menulis Viksi
Kelas menulis cerita untuk anak
Belajar menulis buku online
Cara menulis cerpen online 
Dll

Biaya di Tempo Institute


Untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam mengikuti kelas di Tempo Institute sangatlah beragam tergantung dengan kelas mana yang dipilih. Rata rata biaya yang di keluarkan dalam mengikuti 1 kelas adalah sekitar 200an ribu.

Selain kelas berbayar ada juga beberaoa materi kelas menulis online yang gratis dan dapat didapatkan cuma cuma di Tempo Institute.

Contact Tempo Institute


Gedung Tempo Jalan Palmerah Barat no 8, Jakarta Barat
Email info@tempo-institute.com


2. Institute Menulis Id


Institute menulis merupakan bagian dari institute penulis indonesia dalam rintisan teknologi bidang edukasi. Didirikan oleh Bambanh Trim sejak 2016, institute menulis Id menjadi salah satu kelas menulis online yang cukup kredible.

Beberapa Kursus Menulis Online Yang diadakan oleh Institute Menulis id

  • Writerpreneurship

Merupakan kelas online menulis bagi mereka yang ingin belajar tentang self publishing, literary agen, ghost writer, maupun co writer.

Pada institute menulis Id ini peserta dapat menentukan pelatihan dengan mentor siapa dan memilih kelas yang mana antara kelas menulis online gratis atau yang berbayar.

  • Penyuntingan 

Dalam kursus menulis online ini akan diajarkan bagaimana penyuntingan naskah, penyuntingan berdasarkan PEUBI dan tatabahasa, penyutingan substansi dll. 

  • Penulisan 


Institute menulis id juga memberikan pelatihan dalam hal penulisan yaitu berupa esai ilmiah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, buku ajar dll

Biaya kursus menulis online Institute Menulis id


Biaya yang dikeluarkan saat kursus di Institute Menulis id beebeda beda tergantung dengan materi yang diambil. Ada kursus yang free ada pula yang berbayar. 

Untuk yang berbayar biasa nya juga tidak terlalu mahal hanya sekitar 100rban saja 

Contact Institute Menulis Id


Kompleks Ruko Maya Indah, Jalan Kramat Raya no 5-H, Senen, Jakarta Pusat
Telp 021 3909236
Email admin@institutepenulis.id

3. Sekolah Menulis Kreatif Indonesia


Sekolah menulis kreatif indonesia (SMKI) merupakan salah satu kursus menulis Jakarta pertama yang membuka kelas semi permanen. Berdiri sejak 2009 sekolah menulis kreatif indonesia menjadi pelopor kelas online menulis untuk pemula.

Sekolah Menulis Kreatif Indonesia menyediakan beberapa kelas menulis antara lain :

  • Kursus menulis novel
  • Kursus menulis fiksi
  • Kelas menulis cerita untuk anak
  • Inhouse trainning 
  • Kelas menulis blog

Di mentori oleh beberapa penulis kawakan dengan banyak karya yang best seller membuat sekolah menulis kreatif indonesia menjadi salah satu pilihan kursus menulis untuk pemula

Lokasi dan contact SMKI


Kawasan Sekolah Alam Cikeas
Puri cikeas Indah, Cibubur cileungsi
Telp 0812 8587 4272
Email sekolahmenulis@gmail.com

4. Kompas Institute


Kompas Institute memiliki konsep yang hampir sama dengan tempo institute, memberikan pelatihan jurnalistik yang baik bagi mereka para penulis agar menghasilkan karya yang bagus.

Kompas Institute menawarkan kelas menulis untuk pemula tanpa adanya batasan usia.

 Kelas yang tersedia dalam kompas Institute sangatlah banyak diantaranya adalah :
  • Kelas Seni Infographic
  • Kelas Copywriting
  • Kelas jurnalistik
  • Kelas penulisan cerpen dll

Pengajar yang menjadi pengajar pada kompas Institute merupakan penulis oenulis hebat yang tidak perlu kita risaukan pengalaman dan jam terbangnya.

Biaya kursus menulis kompas Institute


Seperti yang aku jabarkan diatas bahwa kompaa institute memiliki kelaa yang beragam dengan beeagam biaya sehingga tidak pasti berapa harga untuk mengikuti pelatihan di Kompaa Institute.

Namun untuk setiap course yang diadakan biasanya memiliki biaya sekitar 300ribuan.

Contact Kompas institute


Kompas Kring 021 2567 6000
Whatsapp 0812 900 50 800
Email hotline @kompas.com

Kelas menulis jakarta merupakan hal yang dicari oleh mereka para penulis pemula yang ingin belajar menulis. Semoga dengan adanya daftar kelas menulis diatas bisa menjadikan gambaran memilih kursus menulis untuk pemula. 




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url