Mengisi Waktu Selama Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Bulan ini menjadi bulan yang paling tepat untuk mendapatkan banyak pahala. Karena di bulan ini Allah akan melipatgandakan pahala orang-orang yang beramal sholeh. Karena itulah, sangat sayang jika bulan Ramadhan dilewatkan dengan cara bermalas-malasan.

Namun, saat puasa, tubuh biasanya akan lemas sehingga malas melakukan hal apapun. Di saat seperti ini, Ibu harus punya cara cerdas agar Ibu dan keluarga tetap ceria dan memiliki kegiatan positif selama Ramadhan. Nah, bagi Ibu yang bingung bagaimana cara menciptakan kegiatan positif selama Ramadhan bersama si Kecil, berikut beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu saat Ramadhan agar puasa lebih bermakna.
  1. Membaca buku
Selain menonton televisi atau bermain game bersama, akan lebih bermanfaat jika Ibu mengajak si Kecil saat quality time untuk membaca buku islami. Tak perlu membaca buku dengan tema terlalu berat, untuk menambah kegiatan Ramadhan, cukup ajak mereka membaca kisah islami seperti kisah Nabi dan Rasul seta para sahabat. Ciptakan juga suasana menyenangkan agar si Kecil betah berlama-lama membaca cerita tersebut.
  1. Berzikir dan Membaca Alquran
Mengajarkan si Kecil berzikir sejak usia dini sangatlah penting. Mengajarkan si Kecil mengingat penciptanya sejak dini akan menjadikannya tumbuh menjadi manusia lebih baik. Tapi, Ibu harus ingat untuk tak memaksa si Kecil jika ia memang sudah tak mau berzikir.

Selain itu, membaca Al Qur’an bisa menjadi kegiatan Ramadhan yang bermanfaat bagi Ibu dan si Kecil. Tak hanya mampu mendapatkan pahala, kegiatan yang satu ini juga akan lebih mendekatkan Ibu dan si Kecil.
  1. Bersedekah
Daripada hanya bersantai, lebih baik melakukan kegiatan positif sambil menunggu waktu berbuka. Salah satunya adalah mengajak si Kecil belajar membantu menolong sesama dengan mengunjungi panti asuhan untuk bersedekah. Tidak hanya uang, Ibu dan si Kecil juga dapat memilih baju layak pakai untuk disumbangkan.
  1. Menyiapkan buka puasa
Kegiatan Ramadhan lain yang mungkin bisa Ibu lakukan bersama si Kecil adalah menyiapkan menu berbuka. Tidak hanya menu untuk berbuka keluarga, Ibu dan si Kecil juga dapat membuat menu untuk dibagikan kepada kaum dhuafa. Selain menyenangkan, menyiapkan menu berbuka juga bisa membuat si Kecil lebih bersemangat menjalankan puasanya.
Nah, sekarang Ibu dan si Kecil bisa melewati Ramadhan dengan semakin bermakna, bukan?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url